Komisi IV DPRD Bondowoso (Foto: Muhlis/JatimTIMES)
Komisi IV DPRD Bondowoso (Foto: Muhlis/JatimTIMES)

Dewan Minta Bupati Dahulukan Upaya Pencegahan Bencana

Bondowoso, Ketua Komisi IV DPRD Bondowoso, Ady Krisna,SH bersama anggotanya melakukan junjungan kerja ke lokasi bencana banjir di Kecamatan Ijen.

Dalam keterangannya, ia mengungkapkan bahwa DPRD melalui Komisi IV akan memperhatikan dan mengupayakan aspirasi warga dapat terpenuhi oleh Pemda. Ia juga mengapresiasi kesigapan aparat pemerintah mulai dari Pemda, Puskesmas, Tagana, Kecamatan dan Desa yang tanggap dan cepat dalam mengatasi bencana ini. Bahkan pihaknya berterimakasih kepada seluruh Ormas, relawan baik dalam daerah maupun luar daerah yang telah memberikan bantuan kepada korban banjir bandang.

“Kami mengapresiasi langkah-langkah cepat dan tepat Pemda beserta seluruh jajaran, Kepolisian, TNI dan stakeholders lainnya dalam menangani bencana ini. Tetapi kami juga meminta agar penyebab dari bencana ini diidentifikasi agar dapat mencegah bencana lanjutan,” tegas Kriesna.

Ia juga meminta agar pemerintah daerah segera memberikan bantuan rehab terhadap rumah yang rusak parah serta memperbaiki sarana dan prasarana lainnya.

Warga yang mengetahui adanya wakil rakyat  langsung menunjukkan rumah-rumah yang terdampak banjir. Selain itu,  warga juga menunjukkan aliran sungai yang sempit, disinyalir penyebab meluapnya lumpur ke rumah-rumah warga. 

Dengan didampingi oleh Pak Hendri (Kasun), Pak Adnan serta Ibu Wiwik (Tomas), semua anggota Komisi IV masuk ke dalam masing-masing rumah untuk melihat tingkat kerusakan dan berdialog langsung dengan pemilik rumah.

“Kami berharap , rehab aliran sungai ini juga disertai dengan rehab jembatan agar lebih besar , sehingga jika ada banjir tidak menghalangi laju air,” ujar  Hendrik,  Pak Kasun sambil menunjukkan jembatan yang dimaksud.

Sementara Ibu Wiwik meminta, agar bantuan rehab rumah segera diberikan oleh Pemda mengingat warga terdampak tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari akibat rumah yang belum diperbaiki.

“Mereka yang rumahnya rusak berat sementara ini ngampung tempat tinggal ke saudaranya di sekitar sini juga”. katanya.

Diakhir kunjungan tersebut, komisi IV sempat memberikan tali asih atau bantuan langsung pada korban yang rumahnya rusak parah. Selain itu,  pihaknya juga berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Taruna Siaga Bencana (Tagana) serta Palang Merah Indonesia (PMI) setempat. 

Mustofa,  salah satu warga dusun Sumber Baru RT 13,  menyampaikan rasa terimakasihnya pada para wakil rakyat tersebut. 

“Terimakasih bapak-bapak dewan yang telah memperhatikan kami,” kata Pak Mustofa, warga RT 13 dusun Sumber Baru.