Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Setelah Viral Lulusan UI Tolak Gaji Rp 8 Juta, Kini Muncul Lulusan SD Luar Negeri Tolak Gaji Rp 100 Juta

Penulis : Dede Nana - Editor : Yunan Helmy

25 - Jul - 2019, 08:27

Placeholder
Screenshot @ceritanation

Beberapa hari lalu, jagad dunia maya digoyang dengan sebuah unggahan yang membuat warganet tersulut emosinya. Bukan topik politik yang membuat sekitar 13 ribu warganet riuh berkicau di lini masa, tapi unggahan terkait keluhan seorang alumni Universitas Indonesia (UI) yang baru lulus saat ditawari gaji Rp 8 juta dalam suatu wawancara kerja.

Dicuitkan oleh @askmenfess, keluhan pencari kerja yang baru lulus kuliah dari UI ini ternyata luar biasa mendapat perhatian warganet. Bahkan tagar #LulusanUI sampai berita ini ditulis masih menjadi trending topic Twitter dengan cuitan sebanyak 13 ribu.

"Jadi tadi gue diundang interview kerja perusahaan lokal dan nawarin gaji kisaran 8 juta doang. Hello, meskipun gue fresh graduate gue lulusan UI, pak! Universitas Indonesia. Jangan disamain sama fresh graduate kampus lain dong ah. Level UI mah sudah perusahaan luar negeri. Kalau lokal mah oke saja asal harga cucok," begitulah curhat lulusan baru dari UI ini.

Belum selesai ramainya persoalan yang menurut warganet @zdahsyatt: "Kalo semua punya mindset kaya gini, mungkin maudy ayunda ga mau kerja di bumi... Karena #LulusanHarvard jauh diatas #LulusanUI", muncul lagi tandingan yang tak kalah mencengangkan dari warganet lainnya.

Kalau sang alumni UI yang baru saja lulus menolak dan kaget ditawari gaji Rp 8 juta per bulan, maka akun ceritanation lebih menggigit lagi menyampaikan kekecewaannya. 

"Jadi guys...tadi siang gua diundang wawancara perusahaan multinasional. Cuma nawarin gaji 100 JT. HELLO !!! Meskipun gua FRESH PENGANGGURAN tapi gua lulusan SD LUAR NEGERI ! Jangan samain dengan lulusan SD Negeri yang pakai zonasi sekolah !
Gua bukan milih-milih perusahan tapi mana cukup gaji 100 JT sebulan buat beli mulut netizen yang maha benar dan buat pamer kemewahan di media sosial," tulisnya.

Postingan tersebut tentunya tidak sama dengan vitalnya unggahan dari lulusan UI yang fresh graduated itu. Pasalnya @ceritanation mencuitkan hal tersebut sebagai sebuah satir.
Satir atas kenyataan bahwa semakin tinggi pendidikan yang ditempuh anak bangsa di berbagai perguruan tinggi, kerap tidak membuatnya semakin rendah hati. 

Lepas dari viral atau benar tidaknya postingan yang terus naik dan menyita perhatian warganet, dengan #LulusanUI dan kini #gaji8juta yang juga jadi trending topic, ada persoalan sensitivitas kelas yang terkadang tidak begitu saja diobral di media sosial.

@heriper66686492 menuliskan: "Bersyukur aja mau gaji berapa juga, saya cuma lulusan SMA mulai bekerja dari gaji Rp 20.000 /hari Alhamdulillah sekarang sudah 5.000.000 /bulan" cuitnya.
 

 


Topik

Serba Serbi lulusan-ui-tolak-gaji-8-juta universitas-indonesia viral-lulusan-ui lulusan-sd-luar-negeri



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Yunan Helmy