Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

Masih Muda Tapi Ngeluh Badan Jompo, Begini Tips dari Dokter

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

10 - Jun - 2024, 12:16

Placeholder
Ilustrasi pemuda yang sakit pada sendi. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Banyak anak muda saat ini yang sering mengeluh seperti memiliki badan "jompo" meski usia mereka masih terbilang muda. Kelelahan, nyeri sendi, dan kurangnya energi biasanya dikeluhkan oleh mereka. Apa yang sebenarnya terjadi? Bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Dokter Umum dan Konsultan Gaya Hidup Sehat dr. Prama Aditya, B.Med. Sc., MKes., Aifo melalui akun Instagramnya @drpramaaditya, memberikan penjelasan dan tips penting mengenai fenomena ini.

Baca Juga : PTSD: Gangguan Jiwa Akibat Traumatis, Pahami Gejala dan Solusinya

"Masih muda tapi ngerasa jompo? Jujur ini pembahasan yang paling menyedihkan buatku, karena kan harusnya kalian itu masih segar, sehat, dan bisa kesana kemari dengan stamina kuat. Tapi sekarang banyak yang mengeluh seperti jompo di usia 20-an bahkan 15-an. Kenapa?" ungkapnya.

Menurut Prama, penyebab utama dari keluhan "jompo" di usia muda adalah gaya hidup yang tidak sehat. Keluhan seperti nyeri sendi, otot pegal yang tidak kunjung sembuh, dan kelelahan biasanya berhubungan dengan gaya hidup yang kurang baik.

Berikut adalah beberapa poin penyebab dan solusi yang dijelaskan Prama untuk mengatasi masalah ini:

1. Stres

- Stres Badan

Ini bisa dimulai dari kebiasaan begadang, pola makan yang buruk, dan olahraga yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh. "Tidur begadang dan pola makan yang nggak bagus bisa membuat badan stres," kata Prama.

- Stres Pikiran

Pikiran yang stres bisa menyebabkan peradangan dalam tubuh. "Pikiran apapun yang mengganggu tubuh kalian bisa bikin peradangan," tambahnya.

Solusi dari permasalahan ini, kata Prama yakni mulailah dengan merubah pola hidup yang tidak baik. "Jujur, ini susah apalagi kalau soal makanan. Karena makanan-makanan yang enak dan nggak sehat bikin addict atau sakau," jelasnya. 

2. Identifikasi Stres

Baca Juga : Jelang Iduladha, Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan 249.920 Tabung LPG 3 Kilogram untuk Malang Raya

- Cari tahu sumber stres Anda, baik itu dari fisik atau pikiran. "Masalahnya karena apa? Stres karena apa? Butuh dirasakan dan disadari supaya (stres) bisa lepas dari badan," ungkap Prima. 

3. Tidur Nyenyak Sebelum Jam 10 Malam

- "Sesederhana bisa tidur di bawah jam 10 malam dan nyenyak, itu akan sangat bantu banget untuk badan Anda bisa healing," kata Prama. Karena pada dasarnya tidur yang berkualitas sangat penting untuk pemulihan tubuh.

 - Jika Anda sering terbangun di malam hari, terutama sekitar jam 2 pagi, itu berarti Anda sedang tidur dalam keadaan stres. "Itu artinya tidur kamu dalam keadaan stres," jelasnya.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat, tidur cukup, dan mengelola stres, kata Prama keluhan "jompo" di usia muda akan dapat teratasi. Dia juga menekankan pentingnya kesadaran dan perubahan pola hidup untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Mengadopsi gaya hidup sehat mungkin tidak mudah, terutama ketika harus menghindari makanan yang tidak sehat tetapi menggoda. Namun, perubahan kecil seperti tidur lebih awal dan mengidentifikasi penyebab stres bisa menjadi langkah awal yang signifikan. 


Topik

Kesehatan Gaya Hidup Sehat kelola stres rahasia anti jompo jompo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni