Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Polda Jatim Gelar Tour De Panderman: 23 Cyclist Cidera, 2 Dirujuk ke RS

Penulis : Irsya Richa - Editor : Dede Nana

08 - Jun - 2024, 19:59

Placeholder
Salah satu dokter tengah melakukan penanganan kepada cyclist saat di Kota Malang, Sabtu (8/6/2024). (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - 1.850 cyclist berkompetisi dalam Tour De Panderman 2024 yang digelar Polda Jatim. Tour ini melintas 6 kota/kabupaten mulai dari Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Malang, Kota Malang dan Kota Batu, Sabtu (8/6/2024). 

Selama kompetisi, Tim Sie Dokkes (Dokter Kesehatan) Polresta Malang Kota mendapati 23 cyclist mengalami cidera serta 2 bikers terpaksa harus dirujuk ke rumah sakit terdekat. Dua bikers dirujuk ke RS Panti Waluya Sawahan Kota Malang dan RS Bhayangkara  Hasta Brata Kota Batu. 

Baca Juga : Panitia Anulir Juara Ceramah Agama, 10 Pelajar TK dan SD di Kota Batu Jadi Korban 

 

Ketua Tim Sie Dokkes Polresta Malang Kota, drg Akhmadi Prabowo mengatakan, satu cyclist dari anggota Polres Kabupaten Mojokerto mengalami patah tulang pada bagian bawah tulang radius tangan kanan, saat melintas di sekitar Jalan Basuki Rahmad (menjelang heritage Kota Malang).

“Saat ini untuk satu cyclist ini  menjalani rawat inap di RS Panti Wuluya Sawahan Kota Malang. Sementara salah satu cyclist asal Surabaya mengalami luka robek pada jari telunjuk dan jari manis kanan, serta lutut kanan saat melintas di sekitar TRS wilayah Polsek Dau,” ujar Akhmadi.

Akhmadi menambahkan, ada beberapa jenis cidera yang dialami para cyclist selama ada di Kota Malang. Diantaranya hamstring atau cedera yang terjadi pada otot paha bagian belakang dan menyebabkan munculnya sensasi seperti tertarik. Kondisi ini dialami  4 orang cyclist.

Lalu cidera muscle spasme atau kram otot ada 5 orang, muscle strain atau cidera otot ada 12 orang, vulnus laceratum atau luka robek merupakan luka tidak beraturan pada tubuh terdapat 1 orang, serta Close Fr Radius atau patah tulang ada 1 orang.

“Rata-rata peserta mengalami cidera dan kram otot yang bisa mengakibatkan ketidaknyamanan dan menganggu konsentrasi peserta. Penanganan cukup dengan menyemprotkan Ethylcloride Spray,” imbuh  Akhmadi.

Baca Juga : Tak Sekadar Usung Konsep, KONI Kota Malang Selalu Evaluasi Hasil Sport Tourism 

 

Cara penanganan muscle spasme yang terjadi akibat otot tegang mengakibatkan kram dan rasa sakit yang mengganggu konsentrasi peserta, penanganannya sama dengan muscle strain.

Sementara itu, tim medis semula ditempatkan di Pitstop 3 dekat tugu perbatasan Kota Malang sisi utara (Perum Graha Kencana), namun juga bergerak ke lokasi saat dibutuhkan jika peserta mengalami cidera.

Tour De Panderman memperebutkan piala Kapolda Cup untuk memeriahkan Hari Bhayangkara ke-78. Sekaligus mengenalkan daerah-daerah yang dilintasi kepada peserta mulai dari UMKM hingga wisata.


Topik

Peristiwa tour de panderman polda jatim



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Dede Nana