Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Good Job, Unikama Lolos Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2024

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

05 - Jun - 2024, 17:34

Placeholder
Kampus Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) (ist)

JATIMTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) berhasil meraih pendanaan untuk beberapa program unggulan dalam bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pemberdayaan kewirausahaan serta kewilayahan untuk tahun anggaran 2024. 

Hal menggembirakan ini berdasarkan Surat Edaran dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Direktorat Jenderal Riset dan Teknologi Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi dengan nomor 0667/E5/AL.04/2024 dan nomor 0193/E5/AL.04/2024.

Baca Juga : Tepati Janji Datang ke DPC PDI-P, Krisdayanti Sebut Siap Maju Pilkada Kota Batu Karena Dorongan Masyarakat

Lolosanya Unikama memperoleh pendanaan menunjukkan, bahwa sumberdaya dosen yang ada di Unikama ini memiliki kompetensi yang unggul dan mampu bersaing dikancah nasional dengan berbagai perguruan tinggi lainnya.

Dalam program-program pendanaan tersebut meliputi, 10 tim untuk Pendanaan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), 12 tim untuk Pendanaan Program Penelitian, serta 1 tim untuk Program Pengabdian kepada Masyarakat Skema Pemberdayaan Berbasis Kewirausahaan dan Kewilayahan.

Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Unikama Dr Ir Enike Dwi Kusumawati SPt MP IPM, menyampaikan apresiasi atas kelolosan tim dosen yang terlibat dalam pengusulan litabmas DRTPM (Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Kemdikbudristek 2024. 

Kelolosan ini, tentunya tak diraih dengan mudah. Diperlukan kerja keras yang dibarengi
dengan ketelitian maupun kecerdasan yang harus dimiliki oleh anggota setiap tim.
Selain itu, kejelian dalam memahami dan mematuhi panduan litabmas 2024, menjadi satu faktor yang membuahkan hasil positif.

"Selamat kepada para dosen Unikama, khususnya para pengusul Litabmas DRTPM Kemdikbudristek 2024. Kerja keras, cerdas, dan cermat para dosen dalam mencermati dan mentaati panduan Litabmas 2024 telah berbuah manis," katanya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan motivasi kepada tim yang masih belum lolos. Pihaknya berharap, tim ini terus melakukan perbaikan dan peningkatan kemampuannya dan tak putus asa untuk kembali mengusulkan proposal di tahun berikutnya.

"Bagi yang belum diterima tahun ini, proposal tersebut adalah modal untuk bisa diperbaiki dan diusulkan tahun depan," paparnya.

Pihaknya menekankan, agar ke depan dalam menyiapkan proposal dapat dilakukan lebih awal. Termasuk juga dalam kunjungan dalam menilai situasi dengan calon mitra. Selain itu, memperhatikan bersama akan pedoman yang ada, dan mengambil ide-ide strategis dalam presentasi serta membuat sebuah program multi-tahun yang lebih efektif dan intensif.

"Apresiasi juga sebesar-besarnya kepada lara mitra litabmas dan semua pihak yang telah membantu. Kerjasama yang baik ini harus dipupuk, dikembangkan agar program litabmas yang didanai dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang diharapkan," katanya.

Baca Juga : Kian Maju, Fakultas Ilmu Sosial UM Buka Dua Prodi Baru: S1 Hukum dan S1 Pariwisata

Dengan dukungan pendanaan dan komitmen dari para dosen serta pihak terkait, pihaknya berharap, Unikama berharap dapat terus berkontribusi dalam pengembangan masyarakat dan pemberdayaan ekonomi lokal melalui program-program yang inovatif. 

Sementara itu, salah satu program unggulan yang didanai adalah program yang dipimpin oleh Dr Rosita Dwi Ferdiani ST MPd dari Fakultas Sains dan Teknologi. Program yang diusungnya adalah dalam upaya mendongkrak kapasitas dan omset pengrajin mebel di Randusari, Pasuruan. Upaya ini dilakukan dengan upaya memperluas pasar mebel tersebut, tidak hanya dalam kancah  lokal dan nasional, namun juga menuju pasar ekspor. 

Menurutnya, pendanaan ini akan sangat memberikan dampak positif bagi para mitra. Kapasitas produksi yang sebelumnya terbatas akan jauh lebih meningkat dengan penambahan alat produksi berupa mesin CNC. 

Terlebih lagi, dalam operasinya juga semakin memudahkan mitra. Sebab, mesin tersebut dapat dioperasikan melalui smartphone berbasis Android. 

"Mesin CNC ini akan memudahkan pengrajin mebel untuk mengontrol produksinya dan mengurangi adanya human error karena bisa diakses melalui HP Android," jelas Dr Rosita.

Bukan hanya dari sisi teknis produksi. Dari sisi manajemen keuangan dan strategi pemasaran juga menjadi fokus dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Pembuatan e-katalog produk, pemasaran melalui e-commerce, dan pembuatan sistem cloud computing untuk memudahkan pengaturan keuangan. 

"Kami harapkan kapasitas produksi kedepan dapat meningkat sampai dengan 70 persen. Termasuk juga dalam hal kemampuan pemasaran produk maupun dalam hal pengelolaan keuangan dapat meningkat sampai 80 persen," pungkasnya.


Topik

Pendidikan Unikama enike Dwi Kusumawati dosen unikama



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya