Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

KPK Gelar Evaluasi Pencegahan Korupsi di Jember, Bupati Hendy: Kinerja Pemkab Terus Meningkat

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Yunan Helmy

30 - May - 2024, 14:51

Placeholder
Bupati Jember Hendy Siswanto saat memberikan sambutan pada acara rapat kerja dan evaluasi pencegahan korupsi bersama KPK di pendapa Pemkab Jember.

JATIMTIMES - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar sosialisasi sekaligus evaluasi pencegahan korupsi di Kabupaten Jember pada Kamis (30/5/2024). Kegiatan berlangsung secara terpisah di dua lokasi. Yakni, di Pendapa Wahyawibawagraha dan di gedung DPRD Jember.

Dalam sesi wawancara, Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto ST IPU mengungkapkan bahwa kegiatan ini berisi tentang paparan hasil kinerja dan kendala pada 2023. "Sedangkan untuk 2024, berisi tentang program-program per OPD," lanjutnya.

Baca Juga : Netizen Trendingkan Putra Gibran Rakabuming Raka usai MA Ubah Aturan Batas Usia Calon Kepala Daerah

Dari tahun ke tahun, bupati menyebut bahwa kinerja birokrasi Pemkab Jember mengalami perubahan yang signifikan. Hal tersebut ditandai dengan bertambahnya nilai MCP (Monitoring Center for Prevention), hasil SPI (Survei Penilaian Integritas), dan opini audit BPK (Badan Pemeriksa Keuangan).

Tercatat, berdasar hasil MCP 2023, Jember memperoleh nilai sejumlah 90 poin. Naik jika  dibandingkan dengan 2022, yakni pada 84 poin. Sementara itu, pada 2021, Jember mendapatkan nilai sebanyak 88 poin, bahkan pada 2020 hanya mendapat 28 poin.

 “Alhamdulillah kinerja Pemkab Jember, dari tahun ke tahun terus membaik, hal seiring dengan bertambahnya nilai MCP dan opini audit BPK,” jelasnya.

 Bukti performa Jember naik juga ditunjukkan pada hasil audit BPK. Kabupaten Jember mendapatkan disclaimer pada Laporan Keuangan Daerah LKPD TA. 2020, Wajar Dengan Pengecualian pada Laporan Keuangan Daerah LKPD TA. 2021, dan naik status WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) secara berturut-turut pada Laporan Keuangan Daerah LKPD TA. 2022-2023.

Baca Juga : Direksi Bank Jatim Borong Saham Bersama

"Kami mengukurnya mulai 2020 sampai tahun berikutnya. Bisa dilihat, trennya naik positif dan ada peningkatan-peningkatan," kata Hendy.

 Selain itu, dia meyakini bahwa birokrasi Pemkab Jember akan terus membaik. Mengingat, terus dilakukan upaya pencegahan korupsi dari berbagai aspek. Khususnya, perbaikan kinerja dan transparansi anggaran.


Topik

Pemerintahan KPK Evaluasi Pencegahan Korupsi Jember Bupati Hendy



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Yunan Helmy