Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

Puncak HUT ke-35 FIFGROUP:  Tingkatkan Pemahaman Keselamatan Berkendara Lewat Cara Asyik

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Nurlayla Ratri

28 - May - 2024, 12:10

Placeholder
Director in Charge (DIC) Environment, Health, Safety, and Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Management Department Head FIFGROUP, Esther Sri Harjati, sedang menjajal dart games yang ada di booth FIFGROUP Aman Berlalu Lintas (FABL).

JATIMTIMES - Mencegah lebih baik daripada mengobati merupakan sebuah peribahasa yang tepat untuk menggambarkan pentingnya pemahaman keamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas. Ironisnya, hal itu sering kali kurang dihiraukan oleh sejumlah pengendara. Akibatnya, kecelakaan yang terjadi di jalan raya banyak disebabkan oleh kurangnya perhatian dan pemahaman terhadap keselamatan diri saat berkendara.

Sebagai perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor merek Honda, PT Federal International Finance (FIFGROUP) turut memberikan perhatian khusus terhadap peningkatan pemahaman berkendara bagi masyarakat. Perusahaan yang bernaung di  bawah Grup Astra ini menghadirkan aktivitas seru dan menarik melalui aktivasi booth FIFGROUP Aman Berlalu Lintas (FABL). Kegiatan ini diselenggarakan pada acara FIFGROUP 35TH LOCALICIOUS pada 23-26 Mei 2024 lalu.

Baca Juga : Touring Pakai Moge Harley Tidak Pakai Pelat Nomor, Raffi Ahmad dan The Dudas Diduga Langgar Aturan Ini

Environment, Health, Safety, and Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Management Department Head FIFGROUP, Charles DW Simaremare, menyebutkan perusahaan memberikan perhatian khusus bagi keselamatan berkendara mengingat angka tren kecelakaan terus naik. Data Pusat Informasi Kriminal Nasional (Pusiknas) Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrimtercatat terjadi 155 ribu kecelakaan pada tahun 2023.

"Terjadi tren peningkatan angka kecelakaan, di mana hingga akhir 2023 telah mencapai 155 ribu kasus menurut Pusat Informasi Kriminal Nasional (Pusiknas) Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrim), dan 94,7% di antaranya disebabkan oleh human error dengan 73% terjadi pada pengguna sepeda motor,” kata Charles. 

Lebih lanjut, Charles menyebutkan kegiatan ini kami hadirkan sebagai dukungan perusahaan untuk dapat meningkatkan pemahaman masyarakat, sehingga diharapkan dapat mengurangi kecelakaan.

Untuk meningkatkan pemahaman tersebut, di booth FABL, masyarakat akan diedukasi dengan cara yang asyik dan menyenangkan melalui program kuis berhadiah. Sebelum mengikuti program tersebut, peserta akan diminta untuk mengisi pre-test yang ditujukan untuk menguji pemahaman awal peserta. 

Selanjutnya, sebelum memasuki program kuis, peserta akan diminta untuk menyaksikan dan mempelajari konten dari sebuah video edukasi yang ditampilkan kepada peserta. Mengacu kepada materi yang ditampilkan di dalam video tersebut, pengetahuan peserta akan kembali diuji dengan permainan kuis berhadiah. 

Pada setiap pertanyaan, peserta akan mendapatkan penjelasan mengenai informasi Aman Berlalu Lintas dari setiap pertanyaan dan jawaban yang ada pada kuis tersebut. Dengan demikian, peserta mendapatkan edukasi yang lebih mudah untuk dipahami dan menyenangkan melalui aktivitas tersebut.

Charles menuturkan bahwa kegiatan ini mendapatkan respon dan antusiasme positif dari masyarakat, total sebanyak 1.193 visitors berhasil terkumpul selama 4 hari penyelenggaraan program FABL tersebut serta terjadi peningkatan awareness yang dibuktikan dari adanya peningkatan nilai pre-test dengan rata-rata sebesar 74 menjadi 85 pada program kuis yang dilakukan. 

Baca Juga : Hanya Bermodal 1 Sampah Dapur, Gunting Bisa Kembali Tajam Seperti Baru: Begini Caranya

”Saya berharap kegiatan ini dapat menginspirasi semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan pemahaman aman berlalu lintas dengan cara yang lebih menyenangkan serta dapat menekan angka kecelakaan," tutur Charles.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini juga berkesempatan mendapatkan merchandise menarik, seperti helm, jaket, jas hujan, dan beragam hadiah menarik lainnya.

"Permainannya seru, saya juga lebih mudah memahami materi yang disampaikan karena proses penyampaiannya dengan cara yang lebih menyenangkan dan sederhana. Menurut saya, kegiatan seperti ini bisa menjadi inspirasi untuk memberikan pembelajaran dengan cara yang lebih menarik dibandingkan dengan sosialisasi melalui webinar yang menurut saya terlalu membosankan," tutur Siagian, salah satu peserta kegiatan di booth FABL.

Selain kuis, dalam kegiatan di booth tersebut masyarakat juga bisa menjajal permainan dart games dan puzzle.

Kegiatan ini juga menawarkan beragam hadiah menarik, sehingga kegiatan ini menjadi cara asyik dan seru untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya keamanan dan keselamatan dalam berkendara.


Topik

Ekonomi FIFGROUP FIFASTRA SPEKTRA LOCALICIOUS



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Nurlayla Ratri