Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Hanya Bermodal 1 Sampah Dapur, Gunting Bisa Kembali Tajam Seperti Baru: Begini Caranya

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

28 - May - 2024, 05:59

Placeholder
Gunting tajam dan bebas karat usai pakai cara ini. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - Gunting memang bukan peralatan dapur yang utama. Gunting biasanya hanya dibutuhkan saat kita akan membuka kemasan saja. 

Namun, tak jarang gunting juga dipakai untuk memotong bahan dapur, salah satunya seperti cabai. 

Baca Juga : Masih Polemik, Iuran Sampah Pasar Induk Among Tani Kota Batu Dihentikan

Setelah dipakai, gunting biasanya langsung dicuci agar kotoran yang ada di gunting hilang. Seringnya gunting terkena air dan jarangnya pemakaian terhadap gunting akan membuatnya menjadi tumpul. 

Tak hanya tumpul, tapi juga karat akan muncul pada gunting. Oleh karena itu, diperlukan cara menajamkan gunting seperti baru beli.

Biasanya, orang akan menggosokkan gunting yang tumpul pada kardus, dengan harapan gunting tersebut bisa kembali tajam dan karatannya hilang. 

Alih-alih bersih dan kembali tajam, gunting tersebut hanya bersih saja sebab digosokkan jadi kotoran yang ada di permukaannya menjadi hilang.

Selain digosokkan ke kardus, ternyata ada cara yang lebih mudah dan dijamin gunting akan kembali tajam seperti baru lagi.

Cara tersebut pernah ditunjukkan oleh pengguna Instagram @ulfah.rahmawati. Dilansir pada Selasa (28/5/2024), pemilik akun rupanya menggunakan sampah dapur sebagai alat pengasah gunting. Sampah tersebut adalah botol bekas kemasan sirup berbahan kaca.

Cara mengasah gunting yang karat

Selain bahannya yang mudah ditemukan, cara mengasahnya pun terbilang mudah untuk ditiru. Arahkan dua mata pisau gunting ke bagian mulut botol sirup. Tekan perlahan seperti kamu menggunting benda biasanya. Lakukan cara ini secara berulang-ulang sampai mata pisau gunting kembali tajam.

Jika dirasa sudah tajam, sisihkan botol bekas sirup. Lalu tekan dua mata pisau gunting pakai jari tangan. Tujuannya, untuk memastikan mata pisau gunting tetap kuat saat dipakai nantinya.

Gunting bisa dicuci bersih terlebih dahulu sebelum digunakan. Lalu keringkan sampai tidak ada kandungan air yang menempel. Jika sudah, gunting bisa dipakai lagi seperti biasa. 

Cara mudah menghilangkan karat di gunting.

Menghilangkan karat di gunting bisa dilakukan dengan beberapa metode yang mudah dan bahan-bahan yang sering tersedia di rumah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba:

1. Menggunakan cuka putih.

Bahan dan alat:

- Cuka putih

- Wadah (cukup besar untuk merendam gunting)

- Kain bersih atau sikat gigi bekas

Langkah-langkah:

1. Rendam gunting:

Letakkan gunting yang berkarat dalam wadah dan tuangkan cuka putih hingga gunting terendam sepenuhnya.

2. Biarkan semalaman:

Baca Juga : Viral, Sekelompok Peziarah ke Goa Pamijahan Baca Talbiyah Seakan-akan Haji di Mekah

Biarkan gunting terendam dalam cuka selama beberapa jam atau semalaman agar karat larut.

3. Bersihkan karat:

Setelah direndam, gunakan kain bersih atau sikat gigi bekas untuk menggosok sisa-sisa karat.

4. Bilas dan keringkan:

Bilas gunting dengan air bersih dan keringkan dengan kain bersih. Pastikan gunting benar-benar kering untuk mencegah karat muncul kembali.


Topik

Serba Serbi asahan gunting gunting tajam



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri