Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ruang Mahasiswa

Rekomendasi Website Jurnal Internasional Gratis, Buruan Cek!

Penulis : Kristian Armando Purnama Sama - Editor : Dede Nana

27 - May - 2024, 17:00

Placeholder
Ilustrasi mencari Jurnal (sumber foto: google.com

JATIMTIMES - Jurnal internasional menjadi bahan penting yang digunakan mahasiswa untuk mengerjakan tugas perkuliahan. Jurnal internasional ini biasanya digunakan untuk mencari dan menambahkan materi dari tugas yang dikerjakan. 

Mencari referensi dari hasil penelitian sekarang jauh lebih mudah karena bisa diakses secara online. Banyak website penyedia jurnal internasional gratis yang bisa diakses banyak orang dengan berbagai tema lengkap. Sehingga, mahasiswa bisa dengan mudah mengerjakan karya ilmiah atau tugas yang membutuhkan referensi jurnal internasional. 

Apa Itu Jurnal Inter Nasional? 

Baca Juga : PKS Kota Batu: Pilkada 2024 Kita Usung Ludi Tanarto 

 

Jurnal internasional merupakan jurnal yang dibuat untuk memudahkan mahasiswa dalam mencari materi untuk tugas yang dikerjakan. Jurnal internasional adalah karya ilmiah yang ditulis dan dipublikasikan dalam skala internasional dan bisa dipertanggungjawabkan. 

Maka dari itu, jurnal internasional lebih banyak digunakan sebagai tulisan ilmiah oleh para dosen dan peneliti. Para dosen kini juga menganjurkan mahasiswanya untuk mencari referensi di jurnal internasional. Berikut ini website jurnal internasional yang bisa kamu gunakan secara gratis!

Dilansir dari Cakrawala University berikut rekomendasi jurnal internasional yang bisa kamu gunakan:

1. Google scholar 

Website jurnal internasional satu ini milik perusahaan terkenal yaitu Google, dalam website ini disediakan ratusan ribu jurnal internasional yang bisa diakses secara gratis. Jurnal yang tersedia pun beragam mulai dari jurnal Indonesia sampai dengan jurnal Internasional. Jenis karya ilmiah yang tersedia mulai dari tesis, jurnal,d dan e-book. 

2. Directory of open access journals (DOAJ)

Directory of Open Access Journals (DOAJ) merupakan situs yang berisi direktori jurnal dan juga artikel ilmiah dengan akses terbuka serta free. Situs ini sudah dirilis sejak tahun 2003 dan menyediakan 11.000 jurnal dari 127 negara. Tak hanya itu, lebih dari 4 juta artikel pun telah tersimpan dalam situs ini.

3. ScienceDirect

ScienceDirect juga menyajikan berbagai jurnal penelitian internasional gratis yang bisa diakses. Jika kamu menginginkan jurnal internasional dengan halaman lengkap, website ini sangat cocok untuk kamu gunakan. Walaupun begitu, jurnal ini memiliki halaman lengkap di ScienceDirect yang diberi batasan harga. Website ini, menjadi rekomendasi untuk mencari bahan penelitian yang lengkap karena menyajikan juga referensi dalam bentuk buku dan artikel ilmiah. 

4. Academia.edu

Baca Juga : Tutup Pendaftaran, PDIP Kota Batu Godok 8 Nama Bakal Calon 

 

Website sangat populer di kalangan mahasiswa yang akan melakukan suatu penelitian dan membuat karya ilmiah. Dalam website ini kamu bisa melakukan interaksi dengan mahasiswa dan dosen lain, dan bisa diakses secara gratis. Guna untuk melakukan pengunduhan jurnal di situs ini mahasiswa hanya membutuhkan akun Google atau akun Facebook lalu, langkah selanjutnya digunakan untuk mendaftar website ini. 

5. Cambridge journal 

Jurnal internasional bisa kamu dapatkan di website ini, yang mana sama seperti situs lain yang hanya dengan mengunduh dan mengetikkan keyword dari jurnal yang kamu cari, nanti kamu akan mendapatkan jurnal sesuai yang kamu inginkan dengan mudah. 

6. ResearchGate

Website ResearchGate adalah platform media sosial khusus untuk para peneliti yang mana dalam website ini, terdapat forum diskusi yang bisa diakses oleh para peneliti di seluruh dunia. Website ini bisa diakses oleh mahasiswa S1 dan S2 guna untuk mencari referensi jurnal untuk membuat karya ilmiah. Namun, beberapa jurnal juga membutuhkan izin akses request langsung ke penulisnya. 

7. Microsoft academic 

Microsoft academic academic juga menyediakan referensi jurnal ilmiah dengan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kamu juga bisa mengakses situs ini dengan mengetik kata kunci yang ingin kamu cari, sistem pencarian pada website ini bisa digunakan dengan filter sesuai dengan keinginanmu. Contohnya, kamu mencari jurnal berdasarkan penulis, maka kamu bisa klik “author” dan “date range” untuk mengerucutkan tahun terbit jurnal.

Website di atas merupakan situs yang bisa kamu gunakan untuk mengakses dan mendapatkan materi dari jurnal internasional. Jurnal internasional ini juga sangat penting dan dibutuhkan mahasiswa dalam melengkapi materi saat mengerjakan karya ilmiah atau tugas lainnya. Maka dari itu Universitas Cakrawala, cocok untuk kamu yang ingin melakukan eksplor lebih jauh untuk mendapatkan materi dari jurnal internasional. 


Topik

Ruang Mahasiswa jurnal internasional website jurnal internasional gratis



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Kristian Armando Purnama Sama

Editor

Dede Nana