Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Transportasi

Begini Cara yang Efektif Mengatasi Kemacetan Parah

Penulis : Redaksi - Editor : Redaksi

27 - May - 2024, 12:34

Placeholder
Ilustrasi (Pexels)

JATIMTIMES - Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kemacetan dapat meningkatkan kondisi stress dan perilaku agresif terhadap para pengguna kendaraan. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena kondisi jalanan yang macet parah bisa membuat seseorang merasa jengkel, terlebih bagi mereka yang benar-benar dikejar waktu. 

Baca Juga : Tim Dosen FTI Unisba Blitar Berikan Pelatihan Problem Solving untuk Guru MI Miftahul Huda 02 Papungan

Kemacetan parah pun kerap kita temui dibeberapa kota besar Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Makassar, Surabaya, dan sebagainya. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah kemacetan? Nah, biar kamu gak penasaran, yuk simak langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Manfaatkan Kereta Listrik

Kereta api listrik alias KRL menjadi salah satu moda transportasi umum yang paling tepat untuk mengatasi masalah kemacetan. 

Pasalnya, kereta api listrik mampu menampung banyak penumpang sehingga dapat mengurangi volume kendaraan. 

Dengan rute KRL yang tersedia, tentu saja kamu bisa sampai ke tempat tujuan dengan lebih cepat, praktis, dan ekonomis. 

Selain kerat api listrik, kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum lainnya seperti bus dan angkot. 

2. Buat Rencana Perjalanan

Penting bagi kamu untuk mempersiapkan rencana perjalanan dalam merancang akses yang hendak dilewati. 

Melalui cara yang satu ini, nantinya kamu bisa memperkirakan rute mana saja yang kerap mengalami kemacetan parah sehingga dapat mencari jalan alternatif lainnya. 

3. Terapkan Carpooling

Apa yang dimaksud dengan Carpooling? Perlu kamu ketahui, Carpooling merupakan budaya untuk bergantian mengemudi dengan menggunakan mobil pribadi.

Itu artinya, kamu bisa bergantian dengan seseorang yang dikenal untuk melakukan perjalanan bersama menggunakan satu mobil. 

4. Usahakan Berangkat Lebih Awal

Ini dia salah satu cara klasik yang memang cukup efektif untuk menghindari kemacetan parah. Oleh karena itu, disarankan bagi kamu untuk melakukan perjalanan lebih awal mendahului dari waktu kendaraan yang mulai padat. 

Nantinya, cara ini bisa kamu terapkan untuk kebutuhan berangkat ke kantor maupun menganta anak sekolah. 

5. Mengikuti Arus Lalu Lintas

Baca Juga : Aturan dan cara membuat tanda tangan digital yang sah

Menurut informasi yang didapat, biasanya orang yang terjebak dalam kemacetan parah cenderung ingin keluar dari jalur jalan yang diikutinya saat itu. 

Namun, sebaiknya keinginan tersebut ditunda dulu. Pasalnya, justru mengambil jalur lain akan membuat kondisi jalanan semakin kacau sehingga kemacetan lebih sulit terurai. 

6. Memahami Waktu Puncak Terjadinya Kemacetan Parah

Sebenarnya kepadatan lalu lintas bisa besifat reguler maupun musiman, seperti halnya ketika mudik hari raya. 

Oleh karena itu, kamu harus memantau informasi lalu lintas dari berbagai media untuk memahami jam-jam sibuk di jalan raya. 

7. Gunakan Kendaraan Motor

Untuk kamu yang tinggal di perkotaan besar, maka penggunaan kendaraan roda dua alias motor merupakan pilihan yang paling tepat agar terhindar dari kemacetan panjang. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena ukuran dimensi motor lebih kecil ketimbang mobil. 

Seandainya terjadi kemacetan parah, kamu pun masih bisa menyelinap diantara celah-celah kendaraan lain agar isa sampai ke tmpat tujuan tepat waktu. 

Tak hanya efisien, bahkan penggunaan motor juga dinilai lebih hemat ongkos ketimbang menggunakan kendaraan umum maupun mobil pribadi. 

8. Cek CCTV Jalanan Melalui Aplikasi

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, tentu saja ada banyak sekali aplikasi-aplikasi atau website yang khusus menampilkan kondisi jalan tertentu melalui kamera CCTV. 

Tentu saja tayangan real-time tersebut sangat membantumu agar terhindar dari daerah-daerah yang rawan mengalami kemacetan parah. 

Itu dia beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah kemacetan panjang.


Topik

Transportasi rute KRL kemacetan parah menghindari macet



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Redaksi

Editor

Redaksi