Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Gaya Hidup

Tak Banyak yang Tahu, Fungsi Facial Wash dan Facial Foam itu Berbeda! 

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

25 - May - 2024, 08:18

Placeholder
Ilustrasi saat mencuci wajah. (Foto dari internet)

 JATIMTIMES - Membersihkan wajah merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan setiap hari. Baik setelah bepergian maupun hanya seharian berada di rumah. 

Umumnya, orang akan membersihkan wajah mereka menggunakan sabun pencuci wajah atau yang kerap disebut dengan facial wash. 

Baca Juga : Perpanjangan Masa Jabatan: 197 Kepala Desa di Kabupaten Blitar Akan Menjabat Hingga 2026-2027

Namun ternyata, selama ini banyak yang salah kaprah dengan menyebut semua sabun pencuci wajah adalah facial wash. 

Sebab, sabun pencuci wajah ada dua yakni facial wash dan facial foam. Tentu dari kedua sabun pencuci wajah ini berbeda. 

Meski sama-sama dikenal sebagai produk pembersih wajah, nyatanya masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan facial wash dan facial foam. Padahal mengetahui perbedaan produk perawatan wajah sangat penting untuk menyesuaikan produk yang dipakai dengan kebutuhan jenis kulit yang dimiliki.

Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam yang Belum Banyak Orang Tahu

Dilansir dari laman halodoc, berikut perbedaan yang bisa kamu perhatikan antara kedua produk perawatan wajah tersebut, mulai dari tekstur, fungsi dan jenis kulit. Berikut beberapa di antaranya:

1. Tekstur

Salah satu perbedaan yang paling mendasar antara facial foam dan facial wash adalah teksturnya. Bahkan, kamu pasti sudah bisa membedakan hanya melalui penamaannya.

Facial foam sendiri bertekstur busa (foam) sehingga cenderung lebih lembut. Karena lebih lembut, sabun muka bertekstur busa aman untuk sehari-hari dan cukup efektif mengangkat sisa-sisa kotoran pada wajah.

Selain itu, busa juga bisa menyerap kelebihan minyak dan sebum tanpa membuat kulit wajah terasa kering. 

Sementara itu, facial wash teksturnya bisa berupa gel, susu, krim bahkan ada yang dalam bentuk padat alias batangan.

Masing-masing punya keunggulan, contohnya tekstur krim biasanya mengandung pelembap yang cocok untuk tipe kulit kering.

Sementara itu, tekstur gel lebih cocok untuk tipe kulit yang sensitif karena lebih ringan dan lembut.

2. Fungsi facial foam dan facial wash

Baca Juga : Pesona Alam Coban Sriti, Air Terjun Eksotis di Pronojiwo Lumajang

Facial foam memiliki formula yang cenderung untuk kulit berminyak karena berfungsi mengangkat lemak berlebih. Produk ini juga bisa menarik sel-sel kulit mati sekaligus mencerahkan kulit. 

Berbeda dengan facial wash, fungsinya lebih untuk menyegarkan wajah, melembapkan dan mencegah iritasi kulit. Karena sifat melembapkan, produk perawatan kulit ini lebih cocok untuk pemilik kulit sensitif dan kulit kering.

3. Jenis kulit

Tekstur berbusa dan lembut membuat facial foam ampuh mengangkat minyak berlebih tanpa membuat kulit kering. Jadi, produk ini lebih cocok untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat.

Sementara itu, facial wash bersifat melembapkan dan menghidrasi sehingga cocok untuk kulit wajah normal, kering atau sensitif. Produk perawatan kulit ini akan menjaga kelembapan wajah dan mencegah potensi iritasi. 

4. Cara penggunaan

Cara pemakaian antara kedua produk ini pun berbeda. Kamu perlu mengusap facial foam dengan telapak tangan terlebih dahulu sampai berbusa.

Setelah menghasilkan busa yang cukup banyak, baru usapkan ke wajah secara menyeluruh. 

Jika kamu menggunakan facial wash, kamu tidak perlu menggosoknya sampai berbusa. Cukup usap sebentar dengan telapak tangan lalu usapkan ke wajah secara menyeluruh. 


Topik

Gaya Hidup facial wash facial foam



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri