Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Menyingkap Keindahan Desa Wisata Argosari, Desa di Atas Awan Lumajang

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

20 - May - 2024, 09:20

Placeholder
Seorang wisatawan menikmati panorama alam Gunung Bromo dari Desa Wisata Argosari.(Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Di tengah gemerlap pariwisata Indonesia yang semakin berkembang, Desa Wisata Argosari di Lumajang, Jawa Timur, muncul sebagai salah satu destinasi unggulan yang memikat hati para pelancong. 

Terletak pada ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut, desa ini sering diselimuti oleh awan, memberikan nuansa magis yang memukau siapa saja yang datang berkunjung. Tidak heran jika Argosari dikenal sebagai "desa di atas awan".

Baca Juga : Terinspirasi Little Venice Bogor, Soehat Malang Ingin Dijadikan Wisata Milenial

Argosari bukanlah sekadar desa wisata biasa yang sering dijumpai. Dengan puncak tertinggi di Jawa Timur yang dikenal luas sebagai Puncak B29, desa ini menawarkan pengalaman wisata yang unik dan luar biasa, yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Dihuni oleh Suku Tengger, yang dikenal kaya akan budaya dan adat istiadat yang beraneka ragam, Argosari menjelma menjadi destinasi wisata yang memikat hati para pengunjung.

Desa ini tidak hanya menyajikan keindahan alam yang menakjubkan dengan pemandangan alam yang spektakuler, tetapi juga menghadirkan kekayaan budaya yang sangat edukatif dan mendalam. Keberadaan suku Tengger dengan tradisi dan adat mereka memberikan sentuhan khas yang memperkaya pengalaman wisata, menjadikan kunjungan ke Argosari sebagai perjalanan yang penuh makna dan wawasan budaya.

Terletak di sisi tenggara Gunung Bromo, Argosari menyuguhkan pemandangan spektakuler yang tak terlupakan. Udaranya yang sejuk dan dikelilingi oleh hamparan vegetasi hijau membuat suasana di desa ini begitu menyegarkan. 

Penduduk desa, selain menggantungkan hidup pada pariwisata Gunung Bromo, juga memanfaatkan lahan subur mereka untuk berkebun sayur-mayur.

Saat menuruni Gunung Bromo, Anda akan disuguhi pemandangan terasering yang memukau, dihiasi tanaman khas dataran tinggi seperti bawang pre, kubis, kentang, wortel, dan buah strawberry. Pemandangan ini menjadikan kawasan wisata ini semakin menawan.

Selain keindahan alam yang menakjubkan, Desa Argosari juga menawarkan berbagai spot menarik yang patut dikunjungi oleh para wisatawan. Traveller bisa menikmati pemandangan matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) yang memukau dari berbagai sudut desa, yang masing-masing menawarkan perspektif keindahan yang berbeda. 

Di desa ini juga terdapat masjid tertinggi di Pulau Jawa, yang tidak hanya menjadi tempat ibadah tetapi juga menawarkan pemandangan menakjubkan dari ketinggian.

Selain itu, ada Kampung Nirwana yang penuh pesona dengan suasana yang tenang dan asri, serta Bukit Danyangan yang memikat hati dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Tidak ketinggalan, beberapa tempat lain seperti Mahameru dan Tri Padma Mandala juga menawarkan keindahan yang tak kalah memukau, menjadikan Argosari sebagai destinasi yang kaya akan spot-spot menarik dan penuh daya tarik.

Namun, kunjungan ke Argosari bukan hanya soal menikmati pemandangan indah. Desa ini juga menawarkan kesempatan untuk lebih mengenal masyarakat suku Tengger dan adat istiadat mereka. Misalnya, pemakaian kain sarung dan udeng khas Suku Tengger yang merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari mereka, serta tradisi atau ritual Ojung yang unik dan sarat makna. Interaksi dengan masyarakat setempat memberikan pengalaman edukatif yang berharga, memperkaya pengetahuan dan pemahaman tentang keberagaman budaya di Indonesia.

Argosari terletak di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Untuk mencapai desa ini, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Alun-Alun Lumajang. Meski perjalanan ini mungkin terasa cukup panjang, keindahan dan ketenangan yang ditawarkan oleh Argosari pasti akan sepadan dengan usaha yang Anda lakukan.

Untuk mencapai lokasi Desa Wisata Argosari, para traveler memiliki beberapa pilihan yang memudahkan perjalanan. Salah satu cara yang sangat efektif adalah dengan bertanya kepada penduduk lokal. Masyarakat di sekitar Lumajang dikenal ramah dan sangat terbuka terhadap para wisatawan. Mereka tidak hanya akan memberikan petunjuk arah yang jelas tetapi juga sering kali menawarkan saran berharga mengenai rute terbaik serta tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi sepanjang perjalanan.

Selain itu, memanfaatkan teknologi modern seperti aplikasi Google Maps juga merupakan pilihan yang sangat praktis. Aplikasi ini dapat membantu Anda menavigasi jalan menuju Desa Argosari dengan akurasi yang tinggi. Dengan Google Maps, Anda bisa mendapatkan petunjuk arah secara real-time, memperkirakan waktu tempuh, dan menemukan rute tercepat serta paling efisien untuk sampai ke tujuan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan seperti ulasan pengguna dan foto lokasi, yang dapat memberikan gambaran lebih jelas mengenai perjalanan yang akan ditempuh.

Menggabungkan informasi dari penduduk lokal dengan panduan dari Google Maps akan memastikan perjalanan Anda menuju Desa Wisata Argosari menjadi lebih lancar dan menyenangkan. Dengan demikian, Anda bisa menikmati setiap momen perjalanan tanpa khawatir tersesat, dan siap untuk disambut oleh keindahan serta pesona desa di atas awan ini.

Desa Wisata Argosari tidak hanya menjadi tempat pelarian dari hiruk-pikuk kota, tetapi juga destinasi yang menawarkan kedamaian jiwa. Keindahan alam yang luar biasa dipadukan dengan kekayaan budaya suku Tengger membuat setiap pengunjung merasakan pengalaman yang berbeda dan mendalam. Bagi mereka yang mencari ketenangan sekaligus ingin menambah pengetahuan tentang kebudayaan lokal, Argosari adalah pilihan yang sempurna.

Dengan berbagai potensi wisata yang dimilikinya, tidak heran jika Argosari semakin populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindahan alam yang menakjubkan, kekayaan budaya yang unik, serta keramahan masyarakat setempat menjadi daya tarik utama desa ini. Argosari, desa di atas awan, adalah salah satu permata tersembunyi di Jawa Timur yang siap memanjakan setiap mata yang memandang dan hati yang merasakannya.

Tips Berwisata ke Desa Wisata Argosari

Baca Juga : Festival Kresnayana Memukau di Gedung Cak Durasim Surabaya: Pemkab Blitar Dongkrak Ekonomi Lewat Seni

Desa Wisata Argosari di Lumajang, Jawa Timur, menawarkan pengalaman wisata yang unik dan mempesona. Agar perjalanan Anda ke desa di atas awan ini berjalan lancar dan menyenangkan, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

1.    Persiapkan Fisik dan Mental:
•    Karena Desa Argosari terletak di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut, pastikan Anda dalam kondisi fisik yang prima. Udara di ketinggian bisa sangat dingin dan tipis, jadi siapkan diri Anda untuk menghadapi kondisi tersebut.

2.    Pakai Pakaian Hangat:
•    Udara di Argosari cukup dingin, terutama saat pagi dan malam hari. Bawa jaket tebal, sarung tangan, dan topi untuk menjaga tubuh tetap hangat. Selain itu, kenakan sepatu yang nyaman untuk berjalan di medan berbatu dan licin.

3.    Bawa Perlengkapan Fotografi:
•    Pemandangan di Desa Argosari sangat spektakuler, terutama saat matahari terbit dan terbenam. Jangan lupa membawa kamera atau smartphone dengan kualitas kamera yang baik untuk mengabadikan momen indah ini.

4.    Gunakan Panduan Lokal:
•    Penduduk lokal sangat ramah dan bersedia membantu para wisatawan. Selain itu, mereka juga mengetahui tempat-tempat terbaik yang mungkin tidak tercantum di peta wisata. Menggunakan jasa pemandu lokal bisa memberikan Anda pengalaman yang lebih kaya dan mendalam.

5.    Manfaatkan Teknologi:
•    Gunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps untuk membantu Anda menemukan rute terbaik menuju Desa Argosari. Aplikasi ini bisa memberikan petunjuk arah yang akurat dan memperkirakan waktu tempuh perjalanan Anda.

6.    Rencanakan Kunjungan dengan Baik:
•    Argosari adalah destinasi yang sangat populer, terutama saat musim liburan. Rencanakan kunjungan Anda di luar waktu-waktu ramai jika memungkinkan untuk menikmati suasana yang lebih tenang dan damai.

7.    Bawa Bekal Makanan dan Minuman:
•    Meskipun ada beberapa warung makan di sekitar desa, membawa bekal makanan dan minuman sendiri bisa menjadi pilihan yang lebih praktis, terutama jika Anda memiliki preferensi makanan khusus atau membutuhkan camilan selama perjalanan.

8.    Hormati Budaya Lokal:
•    Desa Argosari dihuni oleh suku Tengger yang kaya akan budaya dan adat istiadat. Hormatilah tradisi lokal, seperti cara berpakaian dan aturan adat yang berlaku. Berinteraksi dengan masyarakat setempat dengan sopan dan menghargai kebiasaan mereka.

9.    Nikmati Setiap Momen:
•    Perjalanan ke Desa Argosari bukan hanya tentang mencapai tujuan, tetapi juga menikmati setiap momen perjalanan. Berhentilah sejenak untuk menikmati pemandangan alam sekitar, dan jangan ragu untuk mengeksplorasi spot-spot menarik di sepanjang rute Anda.

10.    Siapkan Dana Cadangan:
•    Selalu siapkan dana cadangan untuk kebutuhan tak terduga, seperti biaya tambahan untuk pemandu lokal, transportasi, atau pembelian oleh-oleh khas daerah setempat.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, perjalanan Anda ke Desa Wisata Argosari akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Nikmati keindahan alam dan kekayaan budaya yang ditawarkan oleh desa di atas awan ini, dan pastikan Anda membawa pulang kenangan indah yang akan dikenang sepanjang masa.


Topik

Wisata Desa Wisata Argosari Bromo Lumajang Argosari Bromo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy