Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Agama

Adab Ketika Melihat Kakbah Beserta Doa yang Harus Dipanjatkan

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

19 - May - 2024, 06:32

Placeholder
Ka'bah. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Pada saat menjalani ibadah haji dan umrah, para jemaah akan melihat bangunan Kakbah yang berada di tengah-tengah Masjidil Haram Kota Mekkah.

Di momen tersebut para jemaah dianjurkan untuk membaca doa melihat Kakbah sebagai bentuk rasa syukur atas keagungan Allah SWT.

Baca Juga : Mahanani Book and Art Festival, Menyulut Api Literasi di Tengah Gelombang Digitalisasi

Kakbah merupakan bangunan suci dan rumah ibadah pertama yang dibangun untuk manusia sekaligus kiblat bagi seluruh umat Islam dunia.

Berdasarkan sejarahnya, Kakbah pertama kali dibangun oleh Nabi Ibrahim AS bersama putranya Nabi Ismail AS, sebagaimana hal itu ada dalam Al Quran Surat Al-Baqarah ayat 127.

وَإِذْ يَرْفَعُ إِبْرَٰهِۦمُ ٱلْقَوَاعِدَ مِنَ ٱلْبَيْتِ وَإِسْمَٰعِيلُ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Wa iz yarfa'u ibrahimul qawa'ida minal-baiti wa isma'il, rabbana taqabbal minna, innaka antas-sami'ul alim.

Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa): 'Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui'"

Doa Melihat Kakbah

Dikutip dari buku Tuntunan Manasik Haji dan Umroh yang diterbitkan Kementerian Agama, berikut bacaan doa melihat Ka'bah yang dapat dipanjatkan umat Muslim.

اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْبَيْتَ تَشْرِيفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيمًا وَمَهَابَةً، وَزِدْ مَنْ شَرّفَهُ وَكَرّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوِاعْتَمَرَهُ تَشْرِيفًا وَتَكْرِيمًا وَتَعْظِيمًا وَبِرًّا

Allahumma zid hadzal bayta tasyrifan wa ta'zhiman wa takriman wa mahabatan, wa zid man syarrafahu wa karramahu min man hajjahu aw i'tamarahu tasyrifan wa takriman wa ta'zhiman wa birran.

Artinya: Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan dan wibawa pada Bait (Ka'bah) ini. Dan tambahkan pula pada orang-orang yang memuliakan, mengagungkan dan menghormatinya di antara mereka yang berhaji atau yang berumrah dengan kemuliaan, keagungan, kehormatan dan kebaikan.

Adab saat Melihat Ka'bah

Baca Juga : Wisuda Semester Ganjil 2023/2024, Rektor Unikama Sampaikan 5 Bekal dalam Pengembangan Karir

Ka'bah telah menjadi tempat ziarah dan ibadah haji selama ribuan tahun. Kiblat ibadah umat Muslim ini dibangun oleh Nabi Ibrahim bersama putranya, Nabi Ismail.

Tak hanya mengetahui doa melihat Ka'bah, umat Muslim juga harus mengetahui adab-adab saat melihat atau berada di depan Ka'bah. Berikut beberapa adab yang sebaiknya dilakukan saat melihat Ka'bah:

- Thawaf atau mengelilingi kakbah sambil membaca talbiyah (rukun ibadah haji).

- Memanjatkan doa sambil mengangkat kedua tangan untuk memohon ampunan dan meminta anugerah Allah SWT.

- Mencium atau menyentuh Hajar Aswad.

- Apabila tidak dapat mencium Hajar Aswad, umat islam dapat melambaikan tangan dari jauh ke arah Hajar Aswad. Hal ini sebagai tanda telah menyentuhnya

- Dianjurkan memperbanyak doa dan berzikir.

- Memohon ampun dan memanjatkan doa di Al-multazam dengan khusyuk.


Topik

Agama Kakbah Masjidil haram doa lihat Kakbah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya