Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Air Terjun Jurug Bening: Keajaiban Alam di Pelosok Kabupaten Blitar

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - May - 2024, 19:31

Placeholder
Air terjun Jurug Bening. (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Kabupaten Blitar, yang terletak di Provinsi Jawa Timur, adalah daerah yang kaya akan pesona alam luar biasa yang menunggu untuk dijelajahi.

Dengan lanskap yang beragam dan keindahan alam yang masih alami, Blitar menjadi destinasi yang menarik bagi para pecinta wisata alam. Salah satu permata tersembunyi yang dimiliki oleh Kabupaten Blitar adalah Air Terjun Jurug Bening.

Baca Juga : Resmi Mendaftar sebagai Calon Bupati di PDIP, Rijanto Siap Ubah Wajah Kabupaten Blitar

Air Terjun Jurug Bening terletak di Dusun Sumberdadi, Desa Purworejo, Kecamatan Wates, dan merupakan salah satu objek wisata yang menawarkan pengalaman luar biasa bagi setiap pengunjung yang datang. 

Lokasi ini tidak hanya menawarkan pemandangan indah tetapi juga menghadirkan suasana yang asri dan menenangkan. Dengan ketinggian sekitar 25 meter, air terjun ini memancarkan keindahan alami yang memikat, di mana aliran air yang jernih dan bening mengalir dengan tenang, menciptakan suasana yang damai dan menyegarkan.

Untuk mencapai Air Terjun Jurug Bening, traveller harus menempuh perjalanan sekitar 40 km dari pusat Kota Blitar. Meskipun jaraknya cukup jauh, perjalanan menuju lokasi ini sangat sepadan dengan keindahan yang akan ditemui. Akses rute menuju Air Terjun Jurug Bening sudah cukup baik, sehingga dapat dilewati oleh kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Jalan menuju air terjun ini relatif lancar, namun tetap terdapat beberapa tantangan yang perlu diperhatikan. Kondisi jalan yang sedikit curam dan naik turun memerlukan kehati-hatian ekstra dari para pengemudi. 

Pengunjung dihimbau untuk tetap waspada dan mengemudi dengan hati-hati, terutama di bagian jalan yang berliku dan menanjak. Persiapan yang matang, seperti memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik, membawa perbekalan yang cukup, dan memeriksa kondisi cuaca sebelum berangkat, sangat disarankan agar perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.

Untuk mempermudah perjalanan, Anda bisa memanfaatkan teknologi seperti Google Maps. Aplikasi ini sangat membantu dalam memberikan petunjuk arah yang tepat dan akurat menuju lokasi Air Terjun Jurug Bening. 

Dengan Google Maps, Anda bisa mendapatkan informasi detail mengenai rute tercepat, kondisi lalu lintas terkini, serta estimasi waktu tempuh. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu menemukan tempat-tempat penting di sepanjang perjalanan, seperti pom bensin, warung makan, dan tempat istirahat, sehingga perjalanan Anda menjadi lebih lancar dan menyenangkan.

Menggunakan Google Maps juga memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi jalur alternatif yang mungkin lebih menarik atau lebih nyaman dilalui. Jika Anda tidak terburu-buru, mengambil rute yang berbeda bisa menjadi petualangan tersendiri, memberikan kesempatan untuk menikmati pemandangan alam sekitar Blitar yang juga tidak kalah indahnya.

Setelah tiba di area parkir yang disediakan, Anda masih perlu berjalan kaki sedikit untuk mencapai lokasi air terjun. Perjalanan kaki ini tidak hanya memberikan waktu untuk menikmati suasana alam yang asri, tetapi juga memperkaya pengalaman wisata Anda dengan nuansa petualangan yang menantang. 

Jalan setapak menuju air terjun dikelilingi oleh vegetasi hijau yang lebat dan udara segar, menjadikan setiap langkah sebagai bagian dari kenikmatan perjalanan itu sendiri.

Bagi para wisatawan yang mungkin belum familiar dengan daerah ini, disarankan untuk bertanya kepada penduduk lokal atau petugas di sekitar kawasan wisata mengenai rute terbaik dan tips keamanan. Masyarakat setempat biasanya sangat ramah dan siap membantu memberikan informasi yang dibutuhkan.

Dengan persiapan yang baik dan panduan yang tepat, perjalanan menuju Air Terjun Jurug Bening akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan. 

Keindahan alam yang menanti di akhir perjalanan adalah hadiah terbaik setelah menempuh rute yang menantang. Jadi, pastikan Anda merencanakan perjalanan dengan baik dan memanfaatkan teknologi yang ada untuk menikmati keindahan alam Air Terjun Jurug Bening dengan aman dan nyaman.

Air Terjun Jurug Bening merupakan destinasi wisata alam yang menawarkan pemandangan indah serta suasana yang asri. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter, dengan aliran air yang tidak terlalu deras namun sangat bening dan jernih. 

Keindahan aliran air terjun ini diperkuat dengan keberadaan bebatuan hitam yang cantik di sekitarnya, menciptakan pemandangan yang memanjakan mata dan menenangkan jiwa. Suara gemericik air yang jatuh serta udara segar yang mengelilingi area ini membuat para pengunjung betah berlama-lama menikmati keindahan alam tersebut.

Baca Juga : Satlantas Polresta Malang Kota Kirim Personel Terbaik ke Bali Sukseskan WWF ke-10

Selain menawarkan keindahan alam, Air Terjun Jurug Bening juga dikenal sebagai destinasi wisata yang terjangkau. Harga tiket masuk ke kawasan wisata ini hanya Rp5.000, menjadikannya pilihan wisata yang ramah di kantong. Namun, perlu diingat bahwa tarif tersebut bisa saja berubah tergantung kebijakan pengelola kawasan wisata.

Tidak hanya itu, fasilitas yang tersedia di area wisata ini pun cukup lengkap untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Terdapat lahan parkir yang memadai untuk kendaraan, mushola untuk beribadah, warung makan yang menyajikan berbagai kuliner lokal, serta kamar mandi yang bersih. Semua fasilitas ini bertujuan untuk memberikan pengalaman wisata yang nyaman dan menyenangkan bagi setiap pengunjung.

Bagi para pecinta fotografi, Air Terjun Jurug Bening adalah surga yang menawarkan banyak spot menarik untuk diabadikan. Pemandangan alam yang indah dengan latar belakang air terjun yang menawan membuat setiap jepretan foto terlihat memukau. Selain itu, suasana yang tenang dan jauh dari hiruk-pikuk perkotaan menjadikan tempat ini ideal untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Air Terjun Jurug Bening juga menjadi daya tarik bagi mereka yang menyukai petualangan dan aktivitas outdoor. Jalur menuju air terjun yang sedikit menantang memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung yang ingin merasakan petualangan alam. Selain itu, aliran air yang jernih dan segar sangat menggoda untuk dijadikan tempat bermain air atau sekadar merendam kaki.

Keberadaan Air Terjun Jurug Bening ini memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Banyak warga lokal yang turut berpartisipasi dalam pengelolaan dan pemeliharaan kawasan wisata ini, serta menyediakan berbagai layanan dan fasilitas bagi pengunjung. Hal ini tidak hanya membantu meningkatkan perekonomian lokal tetapi juga mempererat ikatan sosial di antara warga desa.

Di tengah perkembangan zaman dan meningkatnya minat masyarakat terhadap wisata alam, Air Terjun Jurug Bening memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu destinasi unggulan di Kabupaten Blitar. 

Dengan pengelolaan yang baik dan promosi yang tepat, air terjun ini bisa menarik lebih banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah. Selain itu, adanya potensi untuk mengembangkan berbagai aktivitas wisata tambahan seperti trekking, camping, dan edukasi lingkungan juga bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Kabupaten Blitar, dengan segala keindahan alam yang dimilikinya, memang layak menjadi salah satu tujuan utama wisata alam di Jawa Timur. Keberadaan Air Terjun Jurug Bening adalah salah satu bukti nyata bahwa potensi wisata alam di daerah ini sangat luar biasa. 

Dengan pengelolaan yang tepat dan dukungan dari berbagai pihak, tidak diragukan lagi bahwa Kabupaten Blitar bisa semakin dikenal dan menjadi destinasi wisata alam yang populer di Indonesia. Air Terjun Jurug Bening adalah simbol keindahan dan potensi alam Kabupaten Blitar yang menunggu untuk dieksplorasi lebih lanjut. 

Setiap tetes air yang jatuh, setiap batu hitam yang kokoh, dan setiap desiran angin yang berhembus di sekitar air terjun ini adalah anugerah alam yang patut dijaga dan dinikmati oleh kita semua. Bagi yang ingin merasakan kedamaian dan keindahan alam, Air Terjun Jurug Bening adalah destinasi yang wajib dikunjungi.

Tips Berwisata ke Air Terjun Jurug Bening

Air Terjun Jurug Bening di Kabupaten Blitar adalah destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan dan kedamaian yang luar biasa. Untuk memastikan perjalanan Anda ke air terjun ini berjalan lancar dan menyenangkan, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

1.    Persiapkan Kendaraan dengan Baik
•    Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima sebelum memulai perjalanan. Periksa rem, ban, dan bahan bakar untuk menghindari masalah di jalan.
•    Kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat, dapat digunakan untuk mencapai lokasi. Namun, pastikan kendaraan Anda mampu melewati jalan yang sedikit curam dan berliku.
2.    Gunakan Pemandu Navigasi
•    Manfaatkan aplikasi navigasi seperti Google Maps untuk mendapatkan petunjuk arah yang akurat dan informasi lalu lintas terkini.
•    Simpan peta offline atau cetak peta rute jika sinyal internet mungkin bermasalah di beberapa area.
3.    Berangkat Lebih Awal
•    Usahakan untuk berangkat lebih awal agar Anda memiliki cukup waktu untuk menikmati perjalanan dan menghindari kemacetan.
•    Pagi hari biasanya lebih sejuk dan memberikan pencahayaan alami yang bagus untuk fotografi.
4.    Bawa Perbekalan yang Cukup
•    Bawa air minum yang cukup dan beberapa camilan untuk menjaga energi selama perjalanan.
•    Jangan lupa membawa kantong sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan.
5.    Kenakan Pakaian dan Sepatu yang Tepat
•    Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk aktivitas luar ruangan.
•    Pilih sepatu yang anti slip dan nyaman untuk berjalan di medan yang mungkin licin dan berbatu.
6.    Siapkan Peralatan Tambahan
•    Bawa kamera atau smartphone dengan baterai penuh untuk mengabadikan momen-momen indah.
•    Bawa tas waterproof untuk melindungi barang-barang berharga dari air dan kelembapan.
7.    Perhatikan Kondisi Cuaca
•    Periksa prakiraan cuaca sebelum berangkat. Hindari berkunjung saat hujan lebat untuk mengurangi risiko jalan licin dan aliran air yang deras.
•    Gunakan topi atau payung untuk melindungi diri dari terik matahari jika cuaca panas.
8.    Jaga Keselamatan di Jalan
•    Berkendara dengan hati-hati, terutama di jalan yang curam dan berliku. Gunakan gigi rendah saat menuruni jalan curam.
•    Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan jangan terburu-buru.
9.    Ikuti Aturan dan Etika Wisata
•    Patuhi aturan yang berlaku di kawasan wisata dan ikuti petunjuk dari petugas.
•    Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan bawa kembali sampah Anda.
10.    Manfaatkan Fasilitas yang Tersedia
•    Gunakan fasilitas yang disediakan seperti lahan parkir, mushola, warung makan, dan kamar mandi untuk kenyamanan Anda.
•    Berinteraksilah dengan penduduk setempat untuk mendapatkan informasi tambahan dan rekomendasi tempat menarik di sekitar area.
11.    Bersiap untuk Trekking Ringan
•    Setelah tiba di area parkir, Anda akan berjalan kaki sedikit untuk mencapai lokasi air terjun. Nikmati perjalanan ini sebagai bagian dari petualangan Anda.
•    Jalur trekking biasanya dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah dan udara segar.
12.    Hormati Alam dan Budaya Lokal
•    Jaga kelestarian alam dengan tidak merusak tanaman atau mengambil batu dan benda lainnya sebagai kenang-kenangan.
•    Hormati budaya dan adat istiadat setempat selama kunjungan Anda.
Dengan mengikuti tips-tips di atas, perjalanan Anda ke Air Terjun Jurug Bening akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan penuh kenangan indah. Nikmati setiap momen dan keindahan yang ditawarkan oleh salah satu permata tersembunyi di Kabupaten Blitar ini.


Topik

Wisata Air Terjun Jurug Bening Air Terjun Blitar Wisata Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni