Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Ngilu! Pekerja Bandara Terjatuh dari Airbus A320 Saat Pintu Pesawat Terbuka

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

16 - May - 2024, 12:21

Placeholder
Momen petugas Bandara terjatuh saat tangga digeser. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - Sebuah video memperlihatkan seorang pegawai bandara terjatuh dari pintu pesawat Transnusa tipe Airbus A320 viral di media sosial. 

Dalam video berdurasi 7 detik yang dibagikan akun Instagram @piloteyes737, terlihat dua pegawai mendorong tangga menjauh dari pintu pesawat.

Baca Juga : Menelusuri Jejak Wisata di Yogyakarta: Pesona yang Memikat Dunia Sejak 1890

Disaat yang bersamaan, ada pegawai bandara lainnya yang ke luar dari pintu sambil melihat ke arah dalam pesawat.

Tanpa disadari, pegawai tersebut menapakkan kaki kiri ke area tangga yang ia kira masih berada di posisi yang sama. Alhasil, pegawai tersebut langsung terjatuh dari pintu pesawat.

"Ground incident in Indonesia, a ground handling staff member fell from the L1 passenger door area of a TransNusa Airbus A320-214 aircraft (PK-TLB). The mishap occurred when the step ladder was removed from the aircraft without proper coordination," tulis narasi pada unggahan video akun @piloteyes737 seperti dikutip, Kamis (16/5).

Dari informasi yang dihimpun, korban mengalami luka cukup parah akibat kejadian ini. Korban mengalami patah tulang.

Sementara itu, pihak bandara dikabarkan telah memulai penyelidikan atas kecelakaan yang menimpa pekerja maskapai itu.

Video itu pun tak lepas dari sorotan netizen. Tak sedikit yang mengecam rekan kerja pegawai tersebut. 

"Partner kerjanya biadab mesti dituntut tuh. Baji*** bener sama temannya sendiri," Komen @jetd***

"Kelalaian kru darat. Kurangnya koordinasi yang tepat. Semoga dia dalam keadaan sehat." Ujar @just****.

Baca Juga : Pesulap Merah dan Kades Kondang Tulungagung Bertemu, DGY: Dia Idola

"Itu bisa menjadi cedera seumur hidup. Mari berharap dia pulih dengan baik," Kata @am***.

Mengutip dari hse-gov-uk, ketika pintu pesawat dibuka, operasi ini sebaiknya dilakukan dengan platform lebar yang memungkinkan pintu terbuka dalam batas-batas area yang dilindungi oleh pagar pembatas.

Pintu pesawat hanya boleh dioperasikan oleh personel terlatih seperti staf darat terlatih, awak kabin, insinyur, atau pekerja kompeten lainnya. 

Pintu pesawat yang terbuka harus dilindungi dengan penghalang pencegahan jatuh yang efektif, peralatan pendukung di darat atau sarana lainnya. Pintu tidak boleh dibiarkan tanpa perlindungan setelah terbuka.

Saat tangga digunakan, risiko jatuh dari pesawat dapat diminimalkan. Setelah tangga pesawat diposisikan, komunikasi antara awak kabin dan petugas darat adalah yang terpenting.

Sinyal harus dipahami dengan jelas oleh semua pihak dan harus ada konfirmasi melalui sinyal yang telah disepakati sebelumnya bahwa tangga pesawat telah sepenuhnya berada pada posisinya dan pintu dapat dibuka.


Topik

Peristiwa berita viral laka pesawat transnusa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana