Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Keberangkatan 932 Jemaah Haji Asal Kabupaten Blitar Dibagi dalam Dua Sesi

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

16 - May - 2024, 12:18

Placeholder
Ilustrasi.(Foto : Ist)

JATIMTIMES – Sebanyak 932 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Blitar akan segera diberangkatkan menuju Tanah Suci. Keberangkatan yang dibagi dalam dua sesi ini akan dimulai dari Pendopo Pemerintah Kabupaten Blitar di Kanigoro.

Khayatul Mahki, yang menjabat sebagai Jabatan Fungsional Umum (JFU) Penyelenggaraan Haji & Umrah di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar, menyampaikan bahwa pemberangkatan jemaah haji tersebut sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. "932 Jemaah Calon Haji asal Kabupaten Blitar akan diberangkatkan pada hari Rabu, 29 Mei 2024," ujarnya pada Kamis (16/5/2024). 

Baca Juga : Pemkab Blitar Targetkan 40 Ribu Warga Aktivasi Identitas Kependudukan Digital Tahun Ini

Menurut Mahki, pembagian keberangkatan menjadi dua sesi dilakukan untuk menyesuaikan dengan jadwal rombongan kloter yang harus masuk ke Asrama Haji Sukolilo di Surabaya. "Keberangkatan dibagi dalam dua sesi sesuai dengan jadwal masuk asrama haji," jelasnya.

JCH yang tergabung dalam kloter 68 akan diberangkatkan lebih awal, yaitu pada pukul 03.00 dini hari dari Pendopo Kanigoro. Hal ini dikarenakan mereka harus sudah tiba di Asrama Haji Sukolilo pada pukul 08.00 pagi. Sedangkan, jemaah yang tergabung dalam kloter 69 dan kloter 70 akan diberangkatkan pada pukul 16.00 WIB dari tempat yang sama, dengan jadwal masuk Asrama Haji Sukolilo pada pukul 20.00 WIB.

"Untuk kloter 68, kita jadwalkan berangkat pukul 03.00 pagi karena mereka harus masuk Asrama Haji Sukolilo pukul 08.00. Sedangkan kloter 69 dan 70 akan berangkat pukul 16.00 WIB dan tiba di asrama pukul 20.00 WIB," papar Mahki lebih lanjut.

Mahki juga menambahkan bahwa seluruh jemaah akan diberangkatkan menggunakan belasan bus yang telah disiapkan oleh Kantor Kemenag Kabupaten Blitar. "Kami telah menyiapkan belasan bus untuk mengangkut para JCH dari Pendopo Kanigoro ke Asrama Haji Sukolilo," tambahnya.

Hingga saat ini, persiapan keberangkatan jemaah haji sudah mencapai 95 persen. "Persiapan kami sudah mencapai 95 persen. Sekarang tinggal distribusi koper kepada para JCH," kata Mahki.

Baca Juga : Berangkatkan CJH, Pj Wali Kota Wahyu Hidayat Titip Doa agar Kota Malang Lebih Baik

Pihak Kemenag Kabupaten Blitar juga memastikan bahwa seluruh persiapan telah dilakukan dengan seksama untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran keberangkatan para jemaah. Mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga pembekalan manasik haji telah diberikan kepada para JCH untuk memastikan mereka siap secara fisik dan mental dalam menjalankan ibadah haji.

"Semuanya sudah kami persiapkan dengan matang. Pemeriksaan kesehatan dan pembekalan manasik haji sudah kami berikan. Kami pastikan para jemaah siap secara fisik dan mental," ungkap Mahki.

Keberangkatan jemaah haji dari Kabupaten Blitar ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para calon haji. Dengan persiapan yang matang dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan para jemaah dapat menunaikan ibadah haji dengan khusyuk dan kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dan selamat.


Topik

Peristiwa jch kabupaten blitar kabupaten blitar khayatul mahki



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya