Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

Jangan Minum Kopi Setelah Bangun Tidur, Begini Penjelasan Dokter

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : A Yahya

15 - May - 2024, 17:24

Placeholder
Ilustrasi konsumsi kafein di pagi hari. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Bagi banyak orang, menikmati secangkir kopi setelah bangun tidur adalah ritual yang sulit dilewatkan. Namun, apakah kebiasaan ini benar-benar baik untuk kesehatan? 

Menurut Dokter Umum GWS Husada dr. Bandoro, ada alasan kuat untuk mempertimbangkan perubahan dalam rutinitas pagi kamu. Sebab minum kopi terlalu dekat dengan waktu bangun tidur, justru akan membuat kamu lebih ngantuk saat siang. 

Baca Juga : PDIP Kota Malang Buka Pendaftaran Cakada, 3 Orang ini Turut Incar Rekom

"Energi level kamu juga akan lebih rendah seharian. Ini yang baru saya sadari baru-baru ini. Saking seringnya ini terjadi (minum kopi mepet dengan bangun pagi) sampai ada istilahnya, Caffein Crash namanya," jelas 

Lantas apa solusinya? Kata Bandoro, prinsip kafein itu bekerja dengan menghambat molekul bernama adenosin. Adenosin ini berperan membuat seseorang capek dan ngantuk. "Adenosin naik seiring kita beraktivitas dan memuncak saat malam. Makanya malam kita seringkali merasa capek dan ngantuk, karena adenosin ini," jelasnya.

Lantas saat seseorang tidur, kata Bandoro, adenosin ini akan didaurulang atau direcycle. Di sebagian besar orang, proses recycle adenosin belum selesai hingga beberapa saat setelah bangun tidur. "Makanya saat pagi, kita agak ngantuk-ngantuk dikit kan, karena adenosin masih ada," ungkapnya.

Lantas permasalahannya, jika kafein masuk sebelum adenosin habis didaurulang, maka adenosin akan tertahan. Di mana saat kafein mulai memudar, adenosin yang tertahan akan mulai berdampak. Seperti capek dan ngantuk berlebih saat siang hari. "Karena si kafein ini kan kerjanya ngeblok adenosin. Kafein ngeblok rasa capek dan ngantuk," ujarnya. 

Baca Juga : Owner Klinik Estetika di Malang ini Sebut Bisnis Skincare Rawan Money Loundry

Alhasil jika mengonsumsi kafein mepet dengan waktu bangun tidur maka terjadilah Caffein Crash. Jadi pastikan untuk memberi jeda waktu saat hendak mengonsumsi kopi pagi. 

"Nah, makanya penting untuk membiarkan adenosin ini turun secara penuh dulu di recycle sampai habis dulu. Biasanya sekitar 90 sampai 120 menit setelah bangun tidur adenosin akan habis. Baru boleh minum kopi setelahnya," pungkas Bandoro. 


Topik

Kesehatan bandoro kopi pagi tradisi minum kopi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

A Yahya