Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik Pilkada Kota Batu 2024

Evaluasi Pileg dan Pilpres, KPU Kota Batu Targetkan Peningkatan Partisipasi Pemilih di Pilkada

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Nurlayla Ratri

15 - May - 2024, 10:51

Placeholder
Ketua KPU Heru Joko Purwanto.(Foto: Prasetyo Lanang/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Partisipasi pemilih dalam setiap gelaran pemilihan umum (Pemilu) kerap menjadi pekerjaan rumah penyelenggara dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU). Di jenjang daerah, KPU Kota Batu menargetkan adanya peningkatan partisipasi masyarakat pada Pilkada November mendatang.

Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto menyampaikan jika partisipasi masyarakat dalam pemilu legislatif (Puleg) dan Pilpres Februari lalu jadi bahan evaluasi. Tak ingin ada penurunan, heru menyebut pihaknya punya tanggungjawab besar untuk mempertahankan partisipasi pemilih dan menjaga kualitas Pemilukada serentak tahun 2024. 

Baca Juga : Pesona Alami Kali Kebo: Destinasi Wisata yang Masih Asri di Blitar

Oleh sebab itu, upaya sosialisasi digencarkan. Salah satunya melibatkan media massa. Baginya peran aktif media penting untuk menggerakkan masyarakat agar mendapatkan edukasi politik yang baik serta sadar pentingnya pilihan mereka.

"Kita mempunyai tanggung jawab besar dalam hal mempertahankan partisipasi masyarakat juga kualitas pemilu 2024," kata Heru di sela Rapat Koordinasi Bersama Sukseskan Pilkada Serentak 2024 di Hortersia Resto, Selasa (14/5/2024).

Tanpa peran aktif media, sambung Heru, tidak akan terjadi peningkatan kesadaran masyarakat. Ia menyebut KPU menargetkan tidak hanya mampu mempertahankan partisipasi, namun meningkatkan lebih banyak keterlibatan masyarakat dalam memilih pada Pilkada serentak mendatang.

Pihaknya ingin menciptakan kondisi Pemilukada terbaik. Hal tersebut menurut dia akan terwujud dengan menggandeng seluruh stake holder dari kalangan politik hingga budayawan. Jika dalam Pilpres dan Pileg Kota Batu tahun 2024 lalu, tingkat partisipasi 82 persen, Heru optimistis ada peningkatan.

"Target kami di peningkatan, meskipun berapa digitpun. Kami harus mempertahankan partisipasi," tegasnya.

Baca Juga : Seminar Nasional Unisba Blitar: Mengupas Transformasi Dunia Melalui Artificial Intelligence dan Kepekaan Intelektual

Dalam sosialisasi dan rapat kordinasi bersama media pada Selasa kemarin, KPU menghadirkan narasumber Slamet Hendro Kusumo alias Henkus, budayawan yang merupakan salah satu anggota Kelompok Kerja Peningkatan Status Kota Batu, dan Komisioner KPU Marlina.

Disampaikan bahwa dalam tahapan Pemilukada akan tiba masa pendaftaran Cawali Independen sudah berakhir pada 12 Mei 2024, pendaftaran pasangan calon pada 27 hingga 29 Agustus 2024 dan pemungutan suara pada 27 November 2024. Dalam setiap tahapnya KPU mengharapkan media lebih proaktif untuk menyuarakan perkembangan Pemilukada sehingga masyarakat benar-benar memahami siapa calon kepala daerah yang dipilih.

"Tahapan saat ini sudah perekrutan badan adhoc, yakni 15 PPK besok (hari ini) kita perekrutan PPS nantinya baru wawancara lalu penetapan. Mudah mudahan pemilu ini menjadi yang terbaik untuk Kota Batu. Untuk itu kami menggandeng berbagai unsur," tutup Heru.


Topik

Politik Kota Batu kpu angka partisipasi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Nurlayla Ratri