Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Pesona Alami Kali Kebo: Destinasi Wisata yang Masih Asri di Blitar

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Nurlayla Ratri

15 - May - 2024, 10:05

Placeholder
Kali Kebo, wisata alam yang masih alami dan cocok untuk mencari ketenangan.(Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Blitar ini ibarat mutiara tersembunyi, yaitu Kali Kebo. Terletak di Desa Slumbung, Kecamatan Gandusari, Kali Kebo menyajikan keindahan alam yang masih sangat alami dan air yang jernih, yang mengalir langsung dari Gunung Kelud.

Secara etimologis, Kali Kebo berasal dari bahasa Jawa yang terdiri dari dua kata: "kali" yang berarti sungai, dan "kebo" yang berarti kerbau. Nama ini tidak muncul begitu saja, melainkan memiliki sejarah dan legenda tersendiri. 

Baca Juga : Seminar Nasional Unisba Blitar: Mengupas Transformasi Dunia Melalui Artificial Intelligence dan Kepekaan Intelektual

Informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa pada zaman dahulu, sungai ini menjadi tempat di mana kerbau dimandikan oleh pemiliknya. Selain itu, ada cerita masyarakat yang mengatakan bahwa di sungai ini terdapat sebuah patung kerbau. Posisinya berada di tengah hutan, di bawah pohon beringin putih di daerah yang disebut Lungur Buntung.

Kali Kebo berlokasi di lereng Gunung Kelud dengan ketinggian sekitar 650 meter di atas permukaan laut. Tepatnya sekitar 9 km perjalanan dari Kota Wlingi ke arah utara. Serta hanya berjarak sekitar 5 km sebelah timur dari Gunung Kelud.

Lokasinya yang tersembunyi membuat Kali Kebo belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Sehingga, keasriannya tetap terjaga dan layak disebut sebagai salah satu mutiara tersembunyi di Kabupaten Blitar.

Untuk mencapai tempat ini, traveller bisa dengan mudah menggunakan Google Maps sebagai panduan. Aplikasi ini akan membantu Anda menemukan rute terbaik menuju Kali Kebo, Desa Slumbung, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Namun, meskipun teknologi sudah sangat membantu, jangan sungkan untuk bertanya kepada penduduk lokal di sepanjang perjalanan. Penduduk setempat dikenal ramah dan sangat membantu, mereka akan dengan senang hati memberikan petunjuk arah atau tips tambahan yang mungkin tidak ada di aplikasi. 

Interaksi dengan masyarakat lokal juga bisa menambah pengalaman berharga dan memberikan wawasan lebih dalam tentang kehidupan dan budaya setempat. Jadi, siapkan peta digital Anda dan nikmati perjalanan menuju keindahan tersembunyi Kali Kebo.

Keasrian Kali Kebo menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Air sungainya yang jernih dan sejuk mengalir dengan tenang, memberikan suasana yang sangat menyegarkan bagi siapa saja yang datang. Para pengunjung bisa bermain di air yang jernih ini sambil menikmati pemandangan tebing-tebing hijau yang menjulang mengelilinginya, menciptakan sebuah panorama alam yang memukau.

Untuk mencapai lokasi Kali Kebo, wisatawan harus melewati sebuah bendungan besar yang menjadi penghubung antara Kali Kebo dengan desa terdekat. Bendungan ini juga menyediakan tempat peristirahatan yang nyaman bagi para pelancong. Di sini, pengunjung bisa melepas lelah di sebuah kafe yang menawarkan berbagai jenis kopi dan makanan ringan sambil menikmati pemandangan sekitar yang menenangkan.

Bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman yang lebih dekat dengan alam, Kali Kebo juga menyediakan area camping ground. Di sini, wisatawan bisa mendirikan tenda sendiri dan bermalam di tengah alam yang tenang dan sejuk. Suara gemericik air sungai dan desiran angin yang menembus pepohonan akan menemani malam para pengunjung, memberikan pengalaman berkemah yang tak terlupakan.

Baca Juga : SMKN 1 Nglegok Sambut Kominfo Goes to School, Ini Pesan Bupati Blitar untuk Generasi Z

Selain itu, Kali Kebo memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi destinasi ekowisata yang lebih luas. Dengan keindahan alam yang luar biasa dan keasrian yang masih terjaga, Kali Kebo dapat menjadi salah satu daya tarik utama bagi para pencinta alam dan petualangan. Pemerintah daerah dan masyarakat setempat bisa bekerja sama untuk mengembangkan infrastruktur wisata yang ramah lingkungan dan tetap menjaga kelestarian alam di sekitar Kali Kebo.

Dengan segala keindahan dan potensinya, Kali Kebo siap menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Blitar. Tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang menenangkan, tetapi juga memberikan pengalaman yang berbeda bagi setiap pengunjung yang datang. Keasrian alamnya yang masih terjaga, air sungainya yang jernih, serta berbagai fasilitas yang menunjang, menjadikan Kali Kebo sebagai tempat yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang ingin menikmati keindahan alam Blitar.

Dalam waktu dekat, diharapkan Kali Kebo dapat lebih dikenal luas dan menjadi pilihan utama bagi wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam. Dengan promosi yang tepat dan pengelolaan yang baik, Kali Kebo dapat bertransformasi menjadi salah satu destinasi wisata alam terbaik di Indonesia, yang tidak hanya menarik wisatawan domestik tetapi juga mancanegara.

Melalui upaya bersama antara pemerintah, masyarakat, dan pelaku pariwisata, potensi luar biasa Kali Kebo bisa semakin terangkat dan memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal. Wisatawan yang datang akan membawa manfaat ekonomi, sementara keindahan alam Kali Kebo tetap terjaga dan menjadi warisan berharga bagi generasi mendatang. Kabupaten Blitar, dengan segala pesonanya, siap menyambut para pengunjung dengan keindahan dan keramahan yang khas.

Tips Berwisata ke Kali Kebo: 

1.    Persiapkan Fisik yang Prima
•    Trek menuju Kali Kebo memerlukan stamina yang cukup karena medannya yang alami dan sedikit menantang. Pastikan Anda dalam kondisi fisik yang baik sebelum memulai perjalanan.
2.    Gunakan Pakaian dan Sepatu yang Nyaman
•    Kenakan pakaian yang nyaman dan sepatu yang sesuai untuk trekking atau berjalan di alam. Pilihlah bahan yang ringan dan menyerap keringat untuk kenyamanan maksimal.
3.    Bawa Perlengkapan Dasar
•    Jangan lupa membawa topi, kacamata hitam, dan sunblock untuk melindungi diri dari sinar matahari. Juga, siapkan air minum yang cukup untuk mencegah dehidrasi.
4.    Gunakan Google Maps dan Bertanya kepada Penduduk Lokal
•    Meskipun Google Maps sangat membantu dalam menunjukkan rute, jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk lokal. Mereka seringkali memberikan petunjuk yang lebih akurat dan tips tambahan yang berguna.
5.    Kunjungi Bendungan Besar
•    Sebelum sampai di Kali Kebo, sempatkan diri untuk beristirahat sejenak di bendungan besar. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan dan beristirahat di kafe yang tersedia sambil menikmati kopi dan makanan ringan.
6.    Bawa Perlengkapan Camping jika Berencana Menginap
•    Jika Anda berencana untuk berkemah, pastikan membawa tenda dan perlengkapan camping lainnya. Area camping ground di Kali Kebo menyediakan tempat yang nyaman untuk mendirikan tenda dan menikmati malam di alam terbuka.
7.    Jaga Kebersihan Lingkungan
•    Bawalah kantong plastik untuk sampah dan pastikan Anda tidak meninggalkan sampah apapun di area wisata. Menjaga kebersihan lingkungan sangat penting untuk kelestarian alam Kali Kebo.
8.    Perhatikan Keselamatan
•    Selalu perhatikan keselamatan diri sendiri dan rombongan. Hindari bermain terlalu dekat dengan tebing atau arus sungai yang deras. Selalu waspada terhadap kondisi alam sekitar.
9.    Nikmati Keasrian Alam
•    Luangkan waktu untuk benar-benar menikmati keindahan alam sekitar. Duduklah sejenak di pinggir sungai, rasakan kesejukan air, dan nikmati pemandangan tebing-tebing hijau yang menakjubkan.
10.    Fotografi
•    Jangan lupa membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen-momen indah. Kali Kebo menawarkan banyak spot menarik untuk fotografi, baik lanskap alam maupun momen aktivitas.
Dengan persiapan yang baik dan perhatian pada tips-tips di atas, perjalanan Anda ke Kali Kebo akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan. Selamat berwisata!


Topik

Wisata Blitar Kali Kebo wisata alam



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Nurlayla Ratri