Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Berolahraga Malam Hari? Ini Kata Ahli

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

14 - May - 2024, 08:35

Placeholder
Ilustrasi berolahraga di malam hari. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Olahraga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya bagi tubuh, berolahraga juga bermanfaat untuk kesehatan mental karena bisa membuat perasaan senang dan melawan depresi.

Umumnya, olahraga dilakukan pada pagi hari ataupun sore hari. Namun, tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk bisa berolahraga pada waktu tersebut. 

Baca Juga : Lagi Banyak Dipakai, Ini Ternyata Manfaat Acne Patch dan Cara Memilihnya

Alhasil, mereka akan melakukan olahraga pada malam hari. Lalu, apakah berolahraga pada malam hari tetap menyehatkan tubuh? 

Dilansir dari halaman Real Simple, olahraga di malam hari telah terbukti memberikan manfaat untuk kesehatan mental, termasuk menghilangkan stres. Maka dari itu, olahraga malam dapat memberikan istirahat mental yang dibutuhkan setelah kamu bekerja seharian, menurut Marisa Mickey, MS, asisten profesor ilmu olahraga di Endicott College.

Tidak hanya itu, melakukan olahraga di malam hari juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang, lho. Penelitian mengungkapkan bahwa kualitas tidur tidak akan terganggu selama kamu melakukan olahraga satu jam sebelum tidur dan bisa membantu kamu mendapatkan lebih banyak jam tidur nyenyak selama semalaman setelah beraktivitas seharian penuh.

Untuk lebih jelasnya, berikut sederet manfaat olahraga di malam hari:

1. Menurunkan kadar stres dalam tubuh

Berolahraga di malam hari secara rutin secara signifikan dapat membantu menurunkan kadar stres dalam tubuh. Aktivitas tersebut memicu produksi hormon endorfin yang memberikan rasa tenang di otak. 

2. Menenangkan dan menjernihkan pikiran

Berolahraga di malam hari efektif menenangkan dan menjernihkan pikiran. Cara ini dapat membantu menghilangkan semua kekhawatiran dan rasa cemas dalam otak, sehingga tubuh menjadi lebih rileks.

3. Mengatasi ketegangan tubuh 

Duduk dalam waktu yang lama dapat memicu kaku pada otot leher, bahu, punggung, dan pinggul. Untuk mengatasinya, disarankan untuk melakukan peregangan di malam hari. Cara ini juga dapat memberikan efek relaks, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Bagi pengidap insomnia, berolahraga malam sebelum tidur efektif meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas ini membuat tidur malam hari menjadi lebih nyenyak dan bangun tidur di pagi hari jadi lebih segar.

5. Meningkatkan gairah seksual

Baca Juga : Kecelakaan Maut Coban Trisula: Mobil Masuk Jurang, 4 Korban Jiwa Melayang?

Setelah seharian bekerja, kebanyakan pasangan mengalami penurunan gairah seksual. Alasannya karena terlalu lelah dan stres. Namun, dengan berolahraga di malam hari, peredaran darah jadi lebih lancar. Langkah ini efektif meningkatkan energi dalam tubuh. Dengan begitu, aktivitas berhubungan intim sepulang kerja menjadi lebih menyenangkan.

Manfaat lainnya yakni, mencegah disfungsi ereksi pada pria. Sementara bagi wanita, berolahraga di malam hari efektif meningkatkan gairah berhubungan seksual.

Risiko Dibalik Berolahraga di Malam Hari

Meski memiliki manfaat bagi kesehatan, berolahraga di malam bisa menyebabkan susah tidur. Kondisi tersebut terjadi jika olahraga dilakukan menjelang waktu tidur. Alasannya, yakni peningkatan suhu dan metabolisme tubuh setelah berolahraga.

Karena alasan tersebut, tidak disarankan berolahraga satu jam sebelum tidur, terutama aktivitas dengan intensitas tinggi, seperti aerobik atau angkat beban. Sebaiknya lakukan yoga, peregangan tubuh, bersepeda, atau berjalan santai.

Selain berolahraga, disarankan untuk menghindari kafein dan alkohol, serta tidak mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan. Langkah ini dapat membantu menjaga kualitas tidur dan meminimalisir risiko terbangun saat tidur.

Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga

Berolahraga di pagi atau malam hari sama-sama memiliki manfaat untuk tubuh, terlebih lagi jika melakukannya setiap hari secara konsisten kamu akan merasakan dampak yang terjadi pada tubuhmu. Menurut ahli fisiologi olahraga, Catherine Yeckel, MS, PhD, berolahraga di malam hari dapat membuat tubuh merasakan hangat secara alami.

Jika kamu ingin meningkatkan metabolisme dan berkeringat di pagi hari, maka olahraga di pagi hari bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu lakukan. Kamu bisa menentukan waktu olahraga sesuai dengan waktu luang yang kamu miliki. Walau sesibuk apa pun aktivitas yang kamu miliki jangan lupa meluangkan waktu setidaknya 30 menit untuk berolahraga. 


Topik

Kesehatan Depresi manfaat olahraga malam tips sehat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya