Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Mengenal The Survival Capsule, Kendaraan yang Dipercaya Bisa Selamatkan Manusia dari Tsunami

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

13 - May - 2024, 12:09

Placeholder
Kapsul Keselamatan. (Foto screenshot X)

JATIMTIMES - Bencana bisa datang kapan saja dan tempat perlindungan yang aman merupakan tempat pertama yang akan kita cari. Namun, saat bencana datang banyak manusia yang tidak memiliki waktu untuk melarikan diri dari terjangan ombak tinggi.

Mereka tidak sempat berlari ke tempat yang tinggi, atau berpegangan pada sesuatu yang benar karena kecepatan ombak yang sangat cepat. Melihat kondisi tersebut, dua warga Seatlle, Amerika Serikat, lalu menciptakan sesuatu untuk mengurangi jumlah korban.

Baca Juga : Tak Hanya SMK Lingga Kencana, Ini 3 Kecelakaan Bus Study Tour yang Tewaskan Banyak Siswa

Tragedi tsunami Aceh tahun 2004 telah menginsipirasi dua orang insinyur kedirgantaraan ini.Melansir akun X @ScienceGuys, Survival Capsule atau kapsul keselamatan dapat menampung antara dua hingga 10 orang selama lima hari.

Kapsul Keselamatan itu dibuat dalam lima ukuran yang berbeda. Namun interior-nya tidak berbeda jauh. Ada pintu masuk, tempat duduk, dan tempat penyimpanan selama lima hari. Selain itu, terdapat juga fitur opsional tambahan seperti sistem tether, panel surya, toilet, pencahayaan internal, dan sistem musik.

Kapsul keselamatan ini terbuat dari aluminium seperti yang digunakan pesawat. Kapsul ini bisa mengapung apabila air naik terlalu tinggi, seperti yang terjadi ketika terjadi tsunami. Kapsul juga bisa ditambatkan agar tidak hanyut beserta penumpang di dalamnya.

Baca Juga : Ternyata Sosok Inilah yang Pertama Kali Menjalankan Ibadah Haji

Kapsul Keselamatan ini juga akan melindungi penghuninya dari dampak awal bencana alam, penetrasi benda tajam, paparan panas, dan benturan benda tumpul. Tak heran, jika kemampuan “Survival Capsule” ini dianggap cocok untuk menolong korban tsunami, tornado, angin topan, gempa bumi, dan badai, saat evakuasi tidak memungkinkan dilakukan.


Topik

Serba Serbi kapsul keselamatan survival capsule tsunami



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana