Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Olahraga

Atlet Muda Sepeda Downhill Kota Batu Juara Asia Mountain Bike Championship 2024 di Malaysia

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Dede Nana

11 - May - 2024, 09:31

Placeholder
Atlet muda cabang olahraga sepeda downhill asal Kota Batu Pandu Satrio Perkasa (tengah) meraih medali emas ajang Asia Mountain Bike Championship 2024 di Malaysia.(Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Atlet muda cabang olahraga sepeda downhill asal Kota Batu Pandu Satrio Perkasa menorehkan prestasi di kancah internasional. Ia berhasil meraih medali emas kategori Men Junior pada Asia Mountain Bike Championship tahun 2024, yang digelar di Taman Cabaran Putrajaya 7 hingga 13 Mei 2024.

Pandu memperkuat Timnas Indonesia bersama dengan rekannya di kategori lain menghadapi atlet dari dari berbagai negara asia. Siswa SMAN 2 Kota Batu ini, berhasil jadi jawara di kategori Men Junior dengan catatan waktu 1:12.483 dibuntuti pembalap Thailand dan Taipei. 

Baca Juga : Ada dari Indonesia, Ini 6 Kucing Paling Langka di Dunia

Pandu disebut mengulang kesuksesan yang pernah diraih pelatihnya, Hildan Afos Katana. Jika tahun 2009 lalu Afos Katana meraih medali perak, dalam Asia Mountain Bike Championship tahun 2024 ini Pandu meraih medali emas di ajang yang sama. Afos mengatakan, capaian ini adalah sejarah baru yang dicatatkan atlet berusia belasan tahun itu.

"Sejarah baru, 15 tahun kami menunggu momen membahagiakan ini, Alhamdulillah, selamat untuk Pandu," ujar Hildan Afos Katana, belum lama ini.

Pelatih yang pernah meraih medali emas nomor Downhill di Sea Games Naypyitaw tahun 2013 itu menilai, kemenangan ini akan semakin membuat moncer Pandu dalam meniti karirnya di dunia balap sepeda Downhill. Sebab, pada momen ini Pandu bertemu untuk pertama kali dengan lawan-lawan balapnya.

"Bukan tidak mungkin jenjang berjalan sampai pada kategori Men Elite, mereka akan terus bertemu, ini awal yang baik," ungkap Afos.

Dikatakannya, dalam kejuaraan ini Pandu berada dalam Timnas Balap Sepeda. Dimana pada Asia Mountain Bike Championship tahun 2024 ini, Indonesian Cycling Federation (ICF) mengirimkan 14 atlet dan 4 official. Pandu berlaga di nomor Downhill bersama enam atlet Timnas dari berbagai daerah.

Baca Juga : Ini Agenda KPU Banyuwangi Tiga Hari Kedepan

Berbagai persiapan dilakukan Pandu bersama tim termasuk melahap semua porsi latihan yang diberikan pelatih, hingga akhirnya Pandu berhasil meraih medali emas. Atas raihan itu, Pandu merasa sangat senang dengan pengalaman dan capaian positif yang terus memacu semangatnya.

"Alhamdulillah saya baru pertama kali ini mengikuti even ini, Alhamdulillah diberikan kelancaran, berkat doa dan dukungan semuanya, saya berhasil meraih juara di nomor Men Youth," ucap Pandu, terpisah.


Topik

Olahraga atlet sepeda downhill pandu satrio perkasa atlet sepeda kota batu asia mountain bike championship



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Dede Nana