Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Ramai Soal ASI Jadi Bubuk, Ini Ternyata Vitamin yang Terkandung dalam ASI

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

11 - May - 2024, 07:23

Placeholder
Ilustrasi menyusui. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - ASI merupakan sumber nutrisi terbaik bagi bayi, karena mengandung semua zat gizi yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya. Setiap ibu memiliki pilihan dalam memberikan ASI kepada bayinya, baik melalui botol atau menyusui langsung (direct breastfeeding).

Selain kedua cara tersebut, kini ada pula tren ASI dikeringkan atau dibubukkan. Tren ini sempat menghebohkan dunia jagat maya. Hal ini lantaran tidak diketahuinya keamanan ASI yang dikeringkan. Bahkan, Akademi Pediatri Amerika (AAP) hingga saat ini belum mengatur soal keamanan ASI bubuk untuk bayi.

Baca Juga : Libatkan Perguruan Tinggi, Dispangtan Kota Batu Segera Cek Kesehatan Hewan Kurban Jelang Iduladha

Untuk para Mama yang tidak memiliki masalah sangat dianjurkan untuk memberikan ASI secara langsung pada Si kecil. Sebab, dalam pemberian ASI secara langsung dapat memberikan manfaat bagi kesehatan bayi, mulai dari mengurangi risiko infeksi dan penyakit lainnya, mencegah penyapihan dini, hingga meningkatkan bonding ibu dan anak. Dan tentunya, menyusui secara langsung sangat mudah dan praktis dilakukan, selama dilakukan dengan cara yang tepat.

Dikutip dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), berikut macam-macam vitamin yang terkandung dalam ASI:

Vitamin A 

Vitamin A yang terkandung dalam ASI bermanfaat untuk mendukung pembelahan sel, kekebalan tubuh, pertumbuhan, dan kesehatan mata si kecil. Tak hanya tinggi vitamin A, ASI juga mengandung beta karoten. Itu sebabnya, bayi yang mendapat ASI memiliki tumbuh kembang dan daya tahan tubuh yang baik. 

Vitamin D 

Air susu ibu juga mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang anak. Namun, kandungan vitamin D pada ASI tidak terlalu banyak sehingga ibu dan ayah perlu membiarkan bayi terpapar pada sinar matahari pagi. 

Vitamin E 

Salah satu fungsi penting vitamin E adalah untuk ketahanan dinding sel darah merah.

Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan terjadinya kekurangan darah atau anemia hemolitik. 

Baca Juga : Aktivis Antikorupsi M Trijanto Daftar Pertama sebagai Calon Kepala Daerah di PKB Kota Blitar

Keuntungan ASI adalah kandungan vitamin E nya tinggi terutama pada kolostrum dan ASI transisi awal.

Vitamin K 

Vitamin K dibutuhkan sebagai salah satu zat gizi yang berfungsi sebagai faktor pembekuan. Namun, kadar vitamin K pada ASI tidak terlalu banyak sehingga bayi baru lahir perlu diberikan vitamin K yang umumnya dalam bentuk suntikan. 

Vitamin yang larut dalam air 

Hampir semua vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B, asam folat, vitamin C terdapat dalam ASI. 

Makanan yang dikonsumsi ibu berpengaruh terhadap kadar vitamin ini dalam ASI. Kadar vitamin B1 dan B2 cukup tinggi dalam ASI tetapi kadar vitamin B6, B12 dan asam folat mungkin rendah pada ibu dengan gizi kurang. 

Karena vitamin B6 dibutuhkan pada tahap awal perkembangan sistem saraf maka pada ibu yang menyusui perlu ditambahkan vitamin ini. Sedangkan untuk vitamin B12 cukup di dapat dari makanan sehari-hari, kecuali ibu menyusui yang vegetarian.


Topik

Serba Serbi asi asi jadi bubuk manfaat asi vitamin asi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana