Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Sehari, Damkar Kota Malang Evakuasi Dua Rumah Warga Kemasukan Ular

Penulis : Hendra Saputra - Editor : A Yahya

09 - May - 2024, 18:51

Placeholder
Proses evakuasi ular yang masuk didalam kamar warga di Kota Malang (foto: Damkar Kota Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Damkar Kota Malang melakukan dua penyelamatan pada Kamis (9/5/2024). Namun, dua aksi penyelamatan itu tidak berkaitan dengan kobaran api, namun terkait ancaman ular yang masuk ke dalam rumah warga.

Komandan Regu (Danru) 1 Damkar Kota Malang, Jainuri membenarkan bahwa ada dua peristiwa ular masuk ke rumah warga. Waktunya pun hampir bersamaan yakni sekitar pukul 13.00 WIB dan 13.41 WIB. “Benar ada peristiwa dua ular masuk rumah warga di Kota Malang. Informasi yang kami terima itu dari masyarakat,” kata Jainuri.

Baca Juga : Lansia Diduga Pikun Lolos dari Maut meski Rumah Sering Kebakaran

Peristiwa ular masuk rumah pertama terjadi di Jalan Kamelia, Kelurahan Lowokwaru, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Di situ tim Damkar Kota Malang membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menaklukkan ular.

“Kami tiba di lokasi itu sekitar pukul 13.27, kemudian selesai dan mengamankan ular yang ada di bawah tempat tidur sekitar pukul 13.48,” ungkap Jainuri.

Peristiwa kedua ada di Jalan KH Hasyim Ashari, Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Ketika datang dilokasi, tim Damkar Kota Malang langsung menyisir lokasi yang dilaporkan terdapat ular masuk rumah. “Informasi dari pelapor, ular bersembunyi dibawah lemari didalam kamar. Kemudian kami melakukan penyisiran disekitar lokasi tersebut,” kata Jainuri.

Sekitar 30 menit, tim Damkar Kota Malang berhasil membawa tangkapan ular yang bersembunyi di bawah lemari tersebut.

Baca Juga : Api Penyebab Kebakaran Rumah Lansia di Turen Diduga Berasal dari Tungku Kayu

Usai melakukan penyelamatan, tim Damkar Kota Malang juga tak lupa memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya ular masuk rumah. Sehingga pihaknya memberikan edukasi agar rumah tidak dimasuki hewan berbahaya yang salah satunya adalah ular.

“Supaya ular tidak kembali (masuk rumah) sebaiknya setiap akses kita sarankan supaya di berikan wewangian. Contoh menggunakan kapur barus atau hipol. Karena dengan wewangian akan menghilangkan sensor milik ular, terutama pada tempat pembuangan air keluarga,” beber Jainuri.


Topik

Peristiwa damkar kota malang jainuri kebakaran kota malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

A Yahya