Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Libur Panjang, Kayutangan Heritage Diserbu Wisatawan

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Yunan Helmy

09 - May - 2024, 16:50

Placeholder
Salah satu pintu masuk kampung Kayutangan Heritage yang dilalui wisatawan untuk masuk. (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Lonjakan wisatawan di Kota Malang sudah terlihat sejak awal Mei 2024. Dan pada libur panjang ini, diprediksi wisatawan juga akan terus berdatangan.

JatimTIMES mengambil sampel pada wisata kampung Kayutangan Heritage. Pada pekan kemarin, wisatawan yang tercatat di kampung Kayutangan Heritage mencapai empat ribuan.

Baca Juga : Pemberdayaan Pasar Induk Among Tani Belum Maksimal, Ini Kata Pelaku Ekraf Kota Batu

“Biasanya seminggu masih sekitar dua ribu sampai dua ribu lima ratus, kemarin sudah empat ribu. Kalau hari ini tadi belum hitung. Tapi setengah hari saja tadi ini sudah mencapai Ima ratusan pengunjung,” kata Ketua Pokdarwis Kayutangan Heritage, Mila Kurniawati saat ditemui JatimTIMES, Kamis (9/5/2024).

Mila mengatakan bahwa kenaikan wisatawan itu bisa dikatakan mencapai 20 persen per hari. Dan puncaknya selalu pada weekend atau mulai hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Mila mengatakan Kayutangan Heritage menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sebab, saat ini kampung wisata yang terletak di Kecamatan Klojen, Kota Malang, iru menjadi jujukan baru bagi warga lokal ataupun luar kota.

“Saat ini Kayutangan Heritage jadi daya tarik sendiri ya. Meski banyak orang yang jalan-jalan di luar, pasti juga mereka 'terdorong' masuk kampung wisata ini,” ucap Mila.

Pada libur panjang, biasanya banyak wisatawan yang datang dari luar kota. Hal itu didasari dari buku tamu yang ada pada setiap pintu masuk kampung Kayutangan Heritage.

“Kebanyakan luar kota, kalau Malang kan banyak mahasiswa yang bukan berasal dari Malang juga. Kebanyakan itu dari Jakarta, Jawa Barat. Jawa Tengah ada, cuma tidak sebanyak itu,” ungkap Mila.

Sejumlah wisatawan di Kampung Kayutangan Heritage yang sedang jalan-jalan (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

Dari sejumlah wisatawan, Mila mengaku bahwa memang sebenarnya jujukan wisata orang bukan langsung ke kampung Kayutangan Heritage, melainkan ke Gunung Bromo atau wisata alam.

Namun Mila mengaku Kayutangan Heritage memang beruntung. Sebab, banyak dikelilingi hotel atau tempat orang luar kota menginap.

“Memang jujukan awal tidak ke Malang, tapi transit kulinernya di sini. Jenuh di hotel, jalan-jalan ke sini. Karena di sini juga banyak lampu-lampu. Kemudian kami juga selalu upload promo dan juga tentang Kayutangan Heritage,” papar Mila.

Baca Juga : Keindahan Alam Ranu Pani Lumajang: Surga Kecil di Kaki Gunung Semeru yang Memukau

Terpisah, salah satu pengunjung Kampung Kayutangan Heritage, Hanna yang berasal Jakarta Timur, mengaku sengaja datang ke kampung Kayutangan Heritage karena penasaran. Meski memiliki keluarga di Kota Malang, dia belum pernah sama sekali jalan-jalan di kampung wisata ini.

“Aku di Malang ini ke rumah saudara. Tapi sekalian jalan-jalan di sini karena belum pernah ke sini,” kata Hanna lalu tertawa kecil.

Ia pun mengaku takjub dengan kampung Kayutangan Heritage. Sebab,  kampung padat penduduk itu mampu disulap menjadi destinasi wisata.

“Keres sih ini, banyak spot foto juga. Padahal ini kampung padat penduduk. Banyak gang juga. Aku sampe bingung tadi rute jalannya. Tapi overall keren,” tukas Hanna.
 


Topik

Wisata Kayutangan Heritage kunjungan wisata Kota Malang libur panjang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Yunan Helmy