Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Olahraga

Baturunner Sukses Kenalkan Eco-Sport Tourism Lewat Selecta Trail Run-8th Anniversary Baturunner

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - May - 2024, 11:09

Placeholder
Para pemenang Selecta Trail Run-8th Anniversary Baturunner. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Sejumlah 800 pelari yang andil dalam kegiatan Selecta Trail Run-8th Anniversary Baturunner pada Minggu (5/5) menunjukkan kesuksesan Baturunner dalam memperkenalkan trail run yang dikemas dalam Eco-Sport Tourism di Kota Batu. 

Seperti diketahui, udara sejuk dan melimpahnya pemandangan alam di Kota Batu merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk mengenal Kota Batu lebih jauh. Hal inilah yang mendorong wisatawan hingga penggiat olahraga, khususnya pelari Trail Run untuk menjelajahi Kota Batu. 

Baca Juga : Kemenaker RI dan Disnakertrans Tulungagung Hadiri Launching P3MI di Tulungagung

Adapun, dalam kegiatan Selecta Trail Run-8th Anniversary Baturunner, pelari disuguhkan rute dengan pemandangan Kota Batu sejauh 8km dan berada di ketinggian 1000mdpl. 

Adfreda Adiwardana selaku race director Trail Run-8th Anniversary Baturunner mengatakan bahwa acara ini ditujukan untuk memperingati ulang tahun Baturunner yang ke 8. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi ajang untuk mengenalkan kepada masyarakat umum tentang olahraga Trail Run. 

"Trail Run merupakan kegiatan yang menyenangkan dan mendekatkan pelari terhadap keindahan alam," jelas Adfreda. 

Event Trail Run-8th Anniversary Baturunner dikonsep oleh sesama pelari di Kota Batu. Di mana dalam event ini, Baturunner ingin para peserta dapat merasakan bagaimana Trail Run yang aman bagi pemula. 

"Kami juga berharap pelari mendapatkan pengalaman terbaik dalam mengikuti event lari perdana mereka, bahkan untuk para pelari dengan tujuan kompetisi memperebutkan podium bisa tetap menikmati," tambah Adfreda. 

Event trail run ini bukan merupakan event perdana yang dibesut oleh Baturunner, melainkan sudah kali kedua. Event serupa bakal terus digelar oleh Baturunner, dengan harapan bisa memperkenalkan dan mengembangkan dunia lari kepada masyarakat umum. 

Pengenalan ini diharapkan menjadi ajang silahturahmi antara runner yang tidak hanya di Kota Batu, namun juga kepada peserta-peserta dari luar kota dengan keminatan sama di bidang lari. Sehingga event ini tidak bertujuan untuk mengambil keuntungan dari para peserta. 

Begitu juga dengan podium yang diberikan di event Selecta Trail Run-8th Anniversary Baturunner bertujuan menumbuhkan rasa kompetitif yang dikemas secara fun. Tujuannya agar peserta tetap dapat menikmati keindahan alam sepanjang rute mengelilingi Selecta-Coban Talun-Bukit Kalindra dan kembali ke Selecta. 

Podium tersebut terbagi menjadi dua Kategori yaitu Men Elite terdiri dari juara 1 hingga 3 dan Women Open dengan podium dari juara 1 hingga 3. 

Baca Juga : Stafsus Menkeu Unggah Bukti Rekaman CCTV Pemeriksaan Robot Medy Renaldy di Bea Cukai 

Dalam Selecta Trail Run-8th Anniversary Baturunner, Finisher pertama digapai oleh Hadi Firmansyah dengan waktu 36 menit. Hadi mampu menciptakan suasana event ini semakin bergelora bagi peserta untuk segera menuntaskan rute mereka walaupun cut off time (CoT) yang diberikan oleh tim Baturunner adalah 3 jam setengah. 

Harapannya, event trail run ini dapat menjadi event tahunan di Kota Batu yang dengan konsep Eco-Sporttourism sebagai tema utama mereka. 

Mas Freda, sapaan akrab dari Race Director Selecta Trail-8th Anniversary Baturunner menyatakan bahwa event ini masih membutuhkan banyak masukan, ide, dan gagasan serta pengalaman dari peserta bahkan para runner. Tujuannya agar event ini dapar berkembang dan mampu memberikan dampak besar tidak hanya ke Kota Batu, melainkan juga kepada desa yang menjadi lokasi event berlangsung. 

Semangat mereka yang tertuang dalam kata kata #YukDiPlayoni, menjadi pegangan bagi Baturunner untuk terus berkembang tidak hanya di event tahunan melainkan juga meningkatkan solidaritas dan kebersamaan internal mereka. 

Diwakili Mas Freda, Baturunners berpesan bahwa kegiatan olahraga itu ada banyak dan memiliki dampak yang luas. Tidak hanya tentang kesehatan, melainkan juga menjalin persahabatan antar sesama. 

"Sampai jumpa di event Baturunner berikutnya dan tetap berolahraga sebagai investasi di masa tua!," pungkas Mas Freda. 


Topik

Olahraga Selecta Trail Run-8th Anniversary Baturunner baturunners pelari



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni