Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Agama

Begini Posisi Orang yang Umbar Aib Rumah Tangganya di Hari Kiamat

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

08 - May - 2024, 11:31

Placeholder
Ilustrasi pasangan suami istri (pixabay)

JATIMTIMES - Mengumbar aib merupakan salah satu hal yang dilarang dalam Islam. Terlebih, aib tersebut merupakan aib dari suami atau istri sendiri. Meski begitu, saat ini banyak ditemukan kasus-kasus mereka yang mengumbar aib dari suami atau istrinya sendiri.

Orang-orang yang melakukan hal tersebut, menjadi orang yang kedudukannya paling buruk saat hari kiamat. Mereka yang tak mampu menjaga lisannya juga akan mendapatkan ancaman yang mengerikan di hari kiamat.

Sebuah hadist, dari Abu Sa'id al-Khudriy, Rasulullah bersabda, 

Baca Juga : 25 Tahun Perjalanan Karier Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang

"Sesungguhnya manusia yang paling jelek kedudukannya di hari kiamat adalah seorang laki-laki (suami) yang bercampur (bersetubuh) dengan istrinya, kemudian membeberkan rahasia istrinya tersebut". 

Aib yang dimaksud dalam hal ini tentunya adalah hal-hal yang memang menjadi rahasia, dimana suami maupun istri memang tidak menyukai jika rahasianya diketahui orang lain.

Termasuk di dalamnya, rahasia di antara keduanya yang tentu saja baik suami maupun istri tidak suka jika rahasianya diketahui orang lain.

Beberapa ulama berpendapat, dimana hadist yang dijelaskan sebelumnya terkait hubungan intim. Hal ini seperti yang disampaikan Ibnu Abbas, Imam al Kurthubi, Mujahid, dan lainnya berpendapat hadist ini berkenaan soal hubungan intim suami-istri. 

Sedang ada juga pendapat lainnya dari, Al Hirawy dan Al Kalbiy, bahwa maknanya bukan hanya soal hubungan intim. Syekh Abdullah al-Bassam berpendapat, bahwa aib yang dimaksud dapat berupa anggota badan suami istri.

Baca Juga : Akan Hadapi Guinea, Psikologi Pemain Timnas Mulai Lelah?

Bahkan, dari sebuah hadist, mereka yang mengumbar aib rumah tangganya, akan mendapatkan hal yang mengerikan. Mereka nantinya akan mendapati ular-ular yang mengerikan mengejarnya.

Hadist riwayat Ahmad, dari Abu Qatadah, Rasulullah bersabda, "Orang yang merumpi membuka aib pasangannya, Allah akan mengikatnya dengan ular besar di hari kiamat nanti," (HR. Ahmad).

Maka dari itu, menyimpan rahasia rumah tangga menjadi sebuah hal yang harus dilakukan. Tentu hal ini agar orang-orang diluar rumah tangga tidak mengetahui aib dari rumah tangga seseorang.


Topik

Agama Rumah Tangga aib suami istri aib suami istri ria ricis hadist



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni