Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Profil

25 Tahun Perjalanan Karier Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Dede Nana

08 - May - 2024, 07:43

Placeholder
Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Donny Sandito Widoyoko saat ditemui di ruangan kerjanya Selasa (19/3/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Perjalanan karier birokrasi Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang Donny Sandito Widoyoko cukup panjang dengan berbagai posisi jabatan abdi negara selama kurang lebih 25 tahun. 

Donny yang merupakan pejabat eselon IIB ini lahir di Blitar pada 24 Juli 1977. Sang bapak berasal dari Tuban dan sang ibu berasal dari Solo. Donny merupakan anak kedua dari lima bersaudara. 

Sejak kecil, Donny kerap berpindah-pindah daerah yang membuatnya memiliki banyak almamater. Setidaknya, sejak SD hingga SMA, Donny bersekolah di Blitar, Kediri, Nganjuk, Solo hingga Mojokerto. Hal ini dikarenakan, sang ayah merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Tenaga Kerja RI dan seringkali berpindah tempat dinas kerja di beberapa daerah. 

"Sekolah saya pindah-pindah karena mengikuti bapak yang kerja di Kementerian Tenaga Kerja RI," ujar Donny kepada JatimTIMES.com. 

Kemudian, setelah lulus dari bangku SMA, Donny memantapkan hati untuk melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) dan menjadi angkatan ke-VII yang lulus di tahun 1999. Salah satu rekan seperjuangannya di STPDN yakni Aries Agung Paewai yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur (Jatim) sekaligus sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Batu. 

"Oh iya, Aries Agung Paewai dulu satu angkatan dan satu barak sama saya di STPDN," tutur Donny. 

Kemudian, setelah lulus dari STPDN pada tahun 1999, Donny langsung diangkat menjadi PNS dan ditempatkan sebagai staf di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang. Lalu di tahun 2001, Donny dimutasi dan menempati posisi baru sebagai staf di Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Malang. 

Kemudian di tahun 2002, status kepegawaian Donny mulai naik dan ditempatkan sebagai Sekretaris Lurah Pisang Candi. Berselang tiga tahun tepatnya di tahun 2005, Donny menjabat sebagai Lurah Bandulan, Kecamatan Sukun, Kota Malang. 

Lalu, tiga tahun kemudian tepatnya di tahun 2008, Donny berpindah tugas sebagai Lurah Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Cukup lama Donny menjabat sebagai Lurah Rampal Celaket. Setidaknya selama tujuh tahun Donny telah melayani masyarakat Kelurahan Rampal Celaket. 

Setelah cukup lama di menjadi Lurah Rampal Celaket, Donny kemudian berpindah tugas menjadi Lurah Purwantoro di tahun 2015. Selama kurang lebih dua tahun, Donny melayani kebutuhan administratif masyarakat Kelurahan Purwantoro. 

Selanjutnya di tahun 2017, Donny ditempatkan dengan posisi baru sebagai Sekretaris Camat Kedungkandang. Selama kurang lebih dua tahun, Donny membantu pekerjaan dari Camat Kedungkandang. Lalu di tahun 2019, Donny berpindah tugas sebagai Kepala Bidang Perencanaan dan Pelaporan di Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barelitbang) sekarang berubah nama menjadi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang. 

Berselang satu tahun, tepatnya di tahun 2020 atau saat dimulainya pandemi Covid-19, Donny kembali ke Kantor Kecamatan Kedungkandang dengan jabatan baru sebagai Camat Kedungkandang.  Lalu sekitar tahun 2021, Donny dimutasi sebagai Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Malang yang sekarang berubah nama menjadi Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah Kota Malang. 

Kemudian, tepat pada hari Senin, 22 Mei 2023, Donny menduduki posisi jabatan yang baru yakni sebagai Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang. Donny diklaim merupakan pejabat laki-laki pertama yang menjabat sebagai Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang. Pasalnya, sebelumnya posisi Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang diduduki oleh pejabat perempuan. 


Topik

Profil dinsos p3ap2kb kota malang donny sandito widoyoko karier kepala dinsos p3ap2kb kota malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Dede Nana