Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Hidupkan Suasana Tempo Dulu, Bazar Blitar Jadul Kembali Digelar di Kota Blitar

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

08 - May - 2024, 08:02

Placeholder
Alun-alun Kota Blitar, lokasi dimana Bazar Blitar Jadul akan digelar.(Foto: Aunur Rofiq/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota Blitar bersiap-siap untuk menggelar event tahunan yang selalu dinantikan, Bazar Blitar Jadul. Dengan alokasi anggaran sebesar Rp 400 juta, bazar yang akan digelar di Alun-alun Kota Blitar ini dijadwalkan akan berlangsung pada Juni mendatang. 

"Bazar Blitar Jadul rencana digelar 7 sampai 11 Juni. Selama itu ada rangkaian kegiatan lain yang juga digelar," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Blitar, Hakim Sisworo, Selasa (7/5/2024).

Baca Juga : Komunitas Sepeda Tua Indonesia Banyuwangi Gelar Festival Onthel Nusantoro Ring Bumi Belambangan 2024

Menurut Hakim, konsep bazar Blitar jadul tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Peserta dari berbagai lintas organisasi, pelaku UMKM, hingga instansi vertikal akan turut meramaikan bazar dengan tampilan stan bertema suasana jadul atau tempo dulu.

"Peserta acara tetap berasal dari berbagai lapisan, mulai lintas OPD, para pegiat seni, organisasi masyarakat, pelaku UMKM, dan instansi vertikal,” terangnya.

Pada edisi kali ini, bazar jadul akan melibatkan pelajar dan guru tingkat SD serta SMP dalam lomba desain batik seragam sekolah. Selain itu, akan ada parade band yang diikuti oleh pelajar dari tingkat SMP hingga SMA, menambah semarak acara tersebut.

Meski anggarannya terbatas, Pemkot Blitar berusaha memanfaatkannya seoptimal mungkin. "Dengan anggaran tersebut, tentunya masih kurang. Kami akan mengupayakan kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk mendapatkan sponsor," ungkap Hakim.

Bazar jadul tahun ini akan menjadi bagian dari beberapa kegiatan besar lainnya, seperti festival batik, Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) 2024 se-Jawa Timur (Jatim), dan Hari Kesatuan Gerak PKK se-Jatim 2023. Semua kegiatan tersebut akan dipusatkan di Alun-alun Kota Blitar, menciptakan suasana yang lebih meriah.

Baca Juga : Wabup Malang Yakin BBIB Singosari Bisa Penuhi Semen Beku untuk Ketahanan Pangan Nasional

Sebagai salah satu event besar di Bumi Bung Karno, Bazar Blitar jadul selalu berhasil menyedot antusiasme tinggi pengunjung. Selama lima hari, alun-alun Kota Blitar akan menjadi tempat pameran produk-produk UMKM dan penampilan seni dan budaya yang menghibur. Diharapkan, bazar jadul ini tidak hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat.

“Kami berharap Bazar Blitar Jadul tahun ini dapat menjadi momentum yang berharga bagi kemajuan ekonomi lokal dan juga sebagai wadah untuk mempromosikan budaya dan seni tradisional. Dengan dukungan dan partisipasi semua pihak, kami yakin acara ini akan sukses besar dan meninggalkan kesan positif bagi semua yang terlibat serta pengunjung yang hadir,” pungkas Hakim.


Topik

Pemerintahan bazar blitar jadul disperindag kota blitar jadwal bazar blitar jadul



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana