Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Komunitas Sepeda Tua Indonesia Banyuwangi Gelar Festival Onthel Nusantoro Ring Bumi Belambangan 2024

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Dede Nana

08 - May - 2024, 07:39

Placeholder
Panitia Pelaksana Festival Onthel Nusantoro Ring Bumi Belambangan Tahun 2024 saat melakukan cek lokasi kawasan GOR Tawangalun Banyuwangi (Istimewa)

JATIMTIMES - Dalam rangka mendukung program pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata, pengurus Komunitas Sepeda Tua (KOSTI) Kabupaten Banyuwangi akan menggelar Festival Onthel Nusantoro Ring Bumi Belambangan 2024 pada 25 – 26 Mei 2024 mendatang.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Festival Onthel Nusantoro Ring Bumi Belambangan 2024, Hamami,  dalam menyelenggarakan acara tersebut KOSTI Banyuwangi  mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Dia menuturkan pelaksanaan even sepeda antik di Banyuwangi salah satunya dimaksudkan dalam memberikan perhatian kalangan penggemar sepeda di bumi Nusantara untuk meramaikan promosi wisata di Banyuwangi, meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan menggerakan ekonomi kreatif sehingga Banyuwangi lebih dikenal di tingkat regional, nasional maupun international

Festival Onthel Nusantoro yang masuk dalam rangkaian kegiatan Festival Banyuwangi (B-Fest) 2024 merupakan kegiatan ngonthel (bersepeda) bersama sama yang diikuti oleh onthelis onthelista se-Indonesia dan juga perwakilan dari negara-negara sahabat.

Adapun jumlah peserta mencapai  ribuan peserta dengan menggunakan aneka warna sepeda tua/antik akan menyusuri wilayah kota Banyuwangi serta beberapa tempat wisata di Banyuwangi dan memperkenalkan adat tradisi dan seni budaya Oesing serta aneka seni budaya yang tumbuh dan berkembang di kota yang dikenal sebagai serpihan tanah surga di pulau Jawa ini.

“Peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut akan menggunakan pakaian tempo dulu, pakaian adat, pakaian ala militer zaman dulu dan pakaian unik lainnya,” ujar Hamami  pada Selasa (7/5/2024).

Panitia pelaksana juga akan menggelar sarasehan dan menyiapkan aneka macam makanan minuman tradisional khas Banyuwangi dan bermacam hiburan seni budaya masyarakat Oesing mulai Gandrung, musik keroncong dan lagu-lagu Banyuwangian.

Baca Juga : Pengemudi Yaris Putih Tanpa Plat Tabrak Lari Petugas Gerobak Sampah di Dinoyo

Adapun sumber pendanaan kegiatan Festival Onthel Nusantoro antara lain berasal dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Banyuwangi, sponsor dan donator yang suka rela dan tidak mengikat.

Festival Onthel Nusantoro  mengambil Start-finish di kawasan GOR Tawangalun Banyuwangi. Dengan rute; Start Pintu Masuk GOR Tawangalun – Jl. Wijaya Kusuma – JL. HOS Cokroaminoto – Jl. Brawijaya – Patung Kuda – Jl. Adi Sucipto – Jl. Ahmad Yani – Jl. Dr. Soetomo – Alun Alun Blambangan – Jl. Kartini – Jl. Nusantara – Pantai Marina Boom – Jl. Tiga Berlian – Plengsengan – Jl. Riau – Jl. Nasional 3 – Taman Sritanjung – Jl. Jendral Sudirman – Proliman – Jl. Jagung Suprapto – Jl. Gajah Mada – Jl. Mawar – Jl. Wijaya Kusuma – finish GOR Tawangalun Banyuwangi.

Hamami menambahkan bagi para peserta panitia pelaksana akan memberikan piagam penghargaan, tropi dan uang pembinaan bagi para juara berbagai kategori dan jenis lomba yang digelar dalam Festival Onthel Nusantoro  2024.


Topik

Wisata Festival Onthel Nusantoro Ring Bumi Belambangan kosti banyuwangi pariwisata banyuwangi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Dede Nana