Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Banyak Pedagang di Pinggir Jalan, Bikin Sejumlah Lapak di Dalam Pasar Gadang Gulung Tikar

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

06 - May - 2024, 12:00

Placeholder
Kondisi salah satu sudut Pasar Gadang. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pasar Induk Gadang (PIG) masih menjadi sorotan dalam beberapa waktu terakhir. Selain karena kondisinya yang banyak dikeluhkan karena sampah dan lalu-lintas macet, rencana relokasi pedagang oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang ke Terminal Hamid Rusdi juga tengah menjadi perbincangan. 

Seorang pedagang di PIG, H. Juhari mengaku bahwa ia tak keberatan dengan rencana relokasi pedagang di Pasar Gadang. Terlebih jika relokasi tersebut diperuntukkan bagi pedagang yang berjualan di luar area Pasar Gadang. 

Baca Juga : Pedagang Cilok Sekaligus Pengedar Sabu Diamankan Polres Situbondo

Sebab menurut Juhari, keberadaan pedagang yang berjualan di luar area Pasar Gadang, berdampak pada beberapa hal. Selain membuat lalu-lintas terhambat, disebut juga berdampak pada aktivitas jual beli di dalam pasar menjadi menurun. 

"Yang di dalam (pasar) kan banyak yang gulung tikar juga karena lebih banyak yang beli di luar (pasar)," ujar Juhari. 

Selain itu dirinya juga mengaku bahwa selama ini, pedagang yang berada di dalam area Pasar Gadang telah patuh terhadap peraturan yang diberlakukan. Salah satunya seperti pembayaran retribusi pedagang. 

"Jadi kalau memang mau ditertibkan karena mengganggu jalan ya monggo, yang di luar itu. Tapi kalau pedagang kita yang di dalam pasar, yang patuh hukum, jangan diganggu," jelas Juhari. 

Apalagi menurutnya, aktivitas perdagangan yang ada di luar area Pasar Gadang, juga telah banyak berubah. Dan hal itu memang sangat berdampak pada arus lalu-lintas di sepanjang jalan Pasar Gadang. 

Baca Juga : PDIP Kabupaten Trenggalek Resmi Usung Petahana Mas Ipin Sebagai Bacabup Pilkada 2024

Bahkan, juga ada peralihan fungsi lahan. Dimana ada sejumlah petak lahan yang semula dimaksudkan untuk lahan parkir, beralih menjadi lapak untuk berdagang. Hal itu membuat kendaraan harus mencari tempat lain untuk parkir. 

"Tempat parkir, semuanya dibuat jualan. Tidak ada tempat parkir, akhirnya jembatan sebelah timur itu yang dibuat parkiran. Kan gak boleh sebenarnya di situ," jelasnya.  


Topik

Peristiwa Pasar Gadang relokasi pasar gadang pemkot malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Sri Kurnia Mahiruni