Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

6 Mei, Wilayah Jatim Dominan Cerah Berawan, Awas Suhu Panas di Sidoarjo 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Dede Nana

06 - May - 2024, 08:10

Placeholder
Ilustrasi cuaca suhu panas di Sidoarjo, Jawa Timur. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan seluruh wilayah di Jawa Timur pada Senin (6/5) cerah berawan. Selain itu, ada juga beberapa wilayah yang mengalami fenomena suhu panas. Jadi bagi kamu yang hendak beraktivitas atau bekerja di luar ruangan, pastikan untuk memakai cream pelindung matahari. 

"Cuaca senin diprakirakan cerah-berawan di seluruh Jatim," tulis keterangan resmi @infobmkgjuanda. 

Baca Juga : Tidak Selalu Sehat, Air Kelapa Justru Bahaya Jika Dikonsumsi Orang dengan Kondisi Ini

Meski begitu, ada beberapa wilayah di Jawa Timur yang mengalami hujan lokal. Diketahui, wilayah Jawa Timur saat ini masuk kategori parsial musim kemarau. Di mana sebagian Jawa Timur sudah masuk awal musim kemarau dan sebagian masih peralihan. 

Untuk wilayah di Jatim yang diprakirakan mengalami hujan lokal pada Senin (6/5) adalah  Bondowoso sekitar pukul 16.00 WIB. Sementara itu, BMKG memprediksikan sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu sebanyak 63,66% Zona Musim akan memasuki periode Musim Kemarau pada bulan Mei hingga Agustus 2024. 

"Memasuki periode Mei, sebagian wilayah Indonesia mulai mengalami awal kemarau dan sebagian wilayah lainnya masih mengalami periode peralihan musim atau pancaroba, sehingga potensi fenomena suhu panas dan kondisi cerah di siang hari masih mendominasi cuaca secara umum di awal Mei 2024." ungkap Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, dilansir laman resmi BMKG, Senin (6/5). 

Meski begitu, Guswanto menegaskan jika fenomena gelombang panas yang terjadi bukanlah heat wave. Namun fenomena udara panas yang terjadi di Indonesia merupakan fenomena bersiklus, terjadi setiap tahun sebagai akibat dari adanya gerak semu matahari dan kondisi cuaca cerah pada siang hari.

Lebih lanjut, Guswanto menjelaskan bahwa istilah gelombang panas menurut World Meteorological Organization (WMO) merupakan fenomena kondisi udara panas yang berkepanjangan selama 5 hari atau lebih secara berturut-turut, dengan suhu maksimum harian lebih tinggi dari suhu maksimum rata-rata hingga 5°C atau lebih. Umumnya, fenomena udara panas ini terjadi di wilayah lintang menengah-tinggi seperti wilayah Eropa, Amerika, dan sebagian wilayah Asia. 

Berikut ini prediksi BMKG soal wilayah yang mengalami suhu panas di Indonesia: 

● Deli Serdang (Sumatera Utara) 37,1 °C

● Medan (Sumatera Utara) 36,6 °C

● Kapuas Hulu (Kalimantan Barat) 36,6 °C

Sidoarjo (Jawa Timur) 36,6 °C

● Bengkulu sebesar 36,6 °C.

"Mengingat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat masih dapat terjadi di Indonesia, sedangkan sebagian wilayah lain masih berpotensi mengalami fenomena suhu panas, maka masyarakat diimbau untuk tetap tenang namun selalu waspada terhadap potensi bencana, serta terus memantau informasi peringatan dini cuaca melalui aplikasi infoBMKG untuk mendapatkan informasi yang lebih detail," pungkas Guswanto. 


Topik

Peristiwa bmkg juanda prakiraan cuaca suhu panas cuaca jatim hari ini



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Dede Nana