Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Tidak Selalu Sehat, Air Kelapa Justru Bahaya Jika Dikonsumsi Orang dengan Kondisi Ini

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

06 - May - 2024, 07:39

Placeholder
Air kelapa muda. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Selain segar, air kelapa dikenal punya ragam khasiat bagi tubuh. Namun tak semua orang bisa mendapatkan ragam khasiat itu. Sebab, ada beberapa orang yang justru tak dianjurkan minum air kelapa. Jika ngotot, hal negatif justru berpotensi didapatkan. Lantas siapa saja orang-orang yang perlu menghindari untuk mengonsumsi air kelapa?

Kelompok orang yang perlu menghindari minum air kelapa

Baca Juga : Awas! 6 Mahar Ini Dilarang dalam Islam, Para Calon Pengantin Wajib Tahu

Dilansir dari berbagai sumber, setidaknya ada tujuh kelompok orang yang perlu menghindari minum air kelapa. Ketujuh orang tersebut ialah yang memiliki kondisi sebagai berikut:

Penderita gagal ginjal

Dikutip dari Vinmec, seseorang yang menderita gagal ginjal, sebaiknya untuk menghindari minum air kelapa. Sebab air kelapa diketahui memiliki kandungan kalium yang tinggi. Sementara saat seseorang mengalami gagal ginjal, tubuh tidak bisa mengolah kalium dengan baik.

Pada gilirannya, minum air kelapa bisa menyebabkan seseorang menderita hiperkalemia atau kondisi kadar kalium di dalam tubuh terlalu tinggi. Hiperkalemia itu kemudian memicu aritmia atau detak jantung menjadi tidak teratur yang bisa memicu kematian mendadak.

Penderita Diabetes

Mereka yang yang menderita gula darah tinggi atau diabetes, juga sebaiknya menghindari konsumsi air kelapa.Hal itu didasarkan bahwa air kelapa mengandung karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi, meski bukan minuman manis.

Karbohidrat dan kalori dari air kelapa akan diolah oleh tubuh menjadi gula darah.Jika penderita diabetes mengonsumsi air kelapa, maka bisa membuat kadar gula darah di dalam tubuh sulit dikendalikan.

Penderita sindrom iritasi usus besar

Penderita sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS) juga sebaiknya tidak mengonsumsi air kelapa. Sebab, air kelapa tersebut bersifat pencahar yang biasanya dikonsumsi untuk mengatasi susah buang air besar (BAB). Jika meminum air kelapa, penderita IBS yang mempunyai saluran pencernaan lebih sensitif akan merasakan nyeri perut dan diare.

Penderita fibrosis kistik

Penderita fibrosis kistik sebaiknya menghindari untuk meminum air kelapa lantaran dapat memperparah kondisi. Perlu diketahui, fibrosis kistik adalah kondisi ketika lendir-lendir di dalam tubuh menjadi lebih lengket dan kental.

Kemudian, air kelapa ini mengandung kadar garam rendah namun memiliki kalium yang cukup tinggi. Sementara, penderita fibrosis kistik memiliki kadar garam dalam tubuh yang rendah, sehingga perlu ditingkatkan.

Orang yang akan menjalani operasi

Baca Juga : Malam Penuh Sejarah: Desa Jimbe Berpesta Kenang Perjalanan Hayam Wuruk ke Blitar

Bagi seseorang yang akan menjalani prosedur operasi pembedahan, sebaiknya tidak mengonsumsi air kelapa, dilansir dari WebMD. Sebab air kelapa dapat mengganggu tekanan darah dan kontrol gula darah selama dan setelah operasi. Oleh karena itu, seseorang sebaiknya tidak meminum air kelapa setidaknya dua minggu sebelum jadwal operasi.

Orang yang sedang konsumsi obat antidiabetes

Hindari minum air kelapa bagi individu yang sedang mengonsumsi obat kencing manis atau antidiabetes secara rutin. Sebab, air kelapa justru dapat bereaksi dengan obat antidiabetes dengan menurunkan kadar gula darah terlalu rendah dari seharusnya. Jika ingin minum air kelapa, sebaiknya tetap memantau kadar gula darah dengan sebaiknya mungkin atau cermat.

Orang yang mengonsumsi obat antihipertensi

Bagi seseorang yang sedang mengonsumsi obat darah tinggi atau antihipertensi, hindari minum air kelapa. Hal tersebut karena dapat memicu efek samping jika dikonsumsi bersamaan dengan air kelapa.

Sebab air kelapa tersebut diketahui dapat menurunkan tekanan darah. Dengan begitu, minum air kelapa bersamaan dengan obat penurun tekanan darah dapat menyebabkan tekanan darah menjadi terlalu rendah dari seharusnya.


Topik

Serba Serbi air kelapa khasiat air kelapa bahaya air kelapa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana