Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Resmi Dilaunching, Angkutan Pelajar Gratis di Kota Batu Bisa Mulai 6 Mei

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

04 - May - 2024, 16:57

Placeholder
Angkutan pelajar gratis di halaman Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Sabtu (4/5/2024). (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Angkutan pelajar (apel) gratis untuk para pelajar di Kota Batu resmi dilaunching di halaman Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Sabtu (4/5/2024). Pada Senin (6/5/2024) 43.750 pelajar Kota Batu bisa menikmati angkutan sekolah gratis, dengan 9 jalur serta 20 titik tunggu yang telah terpetakan di wilayah Kota Batu.

Launching ini dilakukan Penjabat Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai dengan dipecahkannya kendi di hadapan angkutan di halaman Pasar Induk Among Tani Kota Batu. Angkutan yang digunakan adalah angkutan umum dibawah binaan Koperasi Jasa Angkutan Sumber Rejeki  Kota Batu.

Fasilitas angkutan gratis bagi pelajar  memanfaatkan 42 angkutan. Hadirnya angkutan pelajar ini merupakan upaya Pemkot Batu untuk memberikan rasa aman kepada pelajar sejak jenjang SD, SMP maupun SMA.

“Ini merupakan bukti kehadiran Pemerintah untuk seluruh pelajar dan orangtua di Kota Batu agar aman dan nyaman saat anak-anak berangkat dan pulang sekolah,” ujar Aries usai luanching.

Aries meminta kepada pelajar di Kota Batu untuk memanfaatkan fasilitas yang sudah diberikan Pemkot Batu. Kepada wali murid juga diimbau memanfaatkan program ini.

Lewat program ini juga sebagai upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di Kota Batu. Sekaligus memberdayakan angkutan umum di Kota Batu yang kian hari semakin ditinggal.

“Kepada Kepala sekolah dan guru agar mensosialisasikan program ini kepada semua orangtua. Karena ini juga demi keamanan ya,” imbuh pria yang juga Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Jatim ini.

Pemkot Batu memberikan subsidi untuk Angkutan Pelajar Gratis sebesar Rp 129.600 per hari kepada 42 unit MPU. Ke depan pihaknya akan menambah jalur ke sekolah untuk angkutan pelajar gratis.

“Kita berharap ke depan seluruh jalur di Kota Batu akan mendapatkan bantuan sehingga seluruh wilayah  terjangkau untuk Apel gratis," haral Aries.

Untuk saat ini ada 9 jalur yang telah diujicobakan sejak bulan April 2024 lalu. Dari 9 jalur itu ada 20 titik tunggu yang telah terpetakan.

Berikut titik tunggu bagi pelajar yang ingin menggunakan fasilitas angkutan gratis:

1. Jalur BS-A (Batu-Songgoriti): Pemandian Tirta Nirwana Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Indomaret Jl. hasanuddin

2. Jalur BS-B (Batu-Songgoriti): Pemandian Tirta Nirwana Songgoriti, Kelurahan Songgokerto

3. Jalur BSS (Batu-Selecta-Sumber Brantas): Translock Jl. Raya Junggo dan Rest Area Sidomulyo

4. Jalur BB (Batu-Bumiaji): Kantor KUA Bumiaji

Jalur BJL (Batu-Junrejo-Landungsari): Simpang 3 5. Tugu Gentong Junrejo, Simpang 4 Tlekung, dan Tugu Pancasila Oro-Oro Ombo

6. Jalur BGK (Batu-Giripurno-Karangploso): Pertigaan Dusun Sekar Putih Desa Pendem dan Masjid Giripurno

7. Jalur BL (Batu-Landungsari): Pos Apel Jl Ir. Soekarno Dadaprejo, Simpang Arhanud, Ruko Nina Artha Mojorejo, dan Alfamart Rejoso Mojorejo

8. Jalur BG (Batu-Gunungsari): Tugu Wisata Petik Mawar Gunungsari, Simpang 4 Al-Izzah, dan Rest Area Sumberejo

9. BTL (Batu-Torongrejo-Landungsari): Karangmloko Dadaprejo Tengah dan Kantor Agama Junrejo


Topik

Pendidikan angkutan pelajar kot abatu apel gratis aries agung paewai



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya