Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Agama

Wajah Siapa yang Gelap pada Hari Kiamat? 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - May - 2024, 08:12

Placeholder
Ilustrasi hari kiamat. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Hari Kiamat dipercaya sebagai saat di mana setiap individu akan dihadapkan untuk bertanggungjawab atas perbuatannya selama hidup di dunia. Salah satu aspek yang menarik perhatian adalah konsep tentang kehadiran wajah gelap pada Hari Kiamat.

Sebab wajah gelap tersebut diyakini sebagai ciri dari orang-orang yang terjerumus dalam perbuatan dosa dan maksiat.

Baca Juga : Raden Kartowibowo: Pahlawan Terlupakan dalam Sejarah Pendidikan Indonesia

Dalam Al-Quran dan hadis Nabi Muhammad SAW dijelaskan bahwa pada Hari Kiamat, ada orang-orang yang wajahnya gelap karena dosa-dosanya. Hal ini menjadi peringatan yang penting bagi umat Islam untuk menjalani kehidupan dengan penuh kesadaran akan akibat dari perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran agama.

Lantas siapa sebenarnya yang dimaksud dengan wajah gelap pada Hari Kiamat? Menurut Ulama Salafi Arab Saudi, Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdillah Al-Fauzan, orang-orang kafirlah yang wajahnya nanti di akhir benar-benar menghitam. 

"Dan wajah hitam mereka (orang kafir) tidak akan pernah hilang," jelas Syaikh Shalih, dilansir YouTube ShahihFiqih, Jumat (3/5). 

Anggota kehormatan dari Komite Tetap untuk Penelitian dan Fatwa Islam di Arab Saudi itu juga menjelaskan bahwa seorang muslim pelaku maksiat juga wajahnya sedikit menghitam saat kiamat nanti. 

Tapi kemudian, kata Syaikh Shalih, wajah muslim yang maksiat akan bersih kembali saat kiamat. Tidak seperti orang kafir, yang wajahnya menghitam selamanya. 

Sementara itu, H Ahmad Niam Syukri Masruri atau akrab disapa Gus Niam mengatakan jika kelak di akhirat ada orang-orang yang wajahnya hitam kelam, karena mendustakan Allah dan berlaku sombong sewaktu di dunia. 

Wajah orang yang berdusta dan sombong akan hitam kelam. Mereka akan diliputi ketakutan terhadap dahsyatnya huru-hara hari kiamat. Tak hanya itu, orang yang berdusta dan sombong juga selalu diliputi oleh ketakutan setiap kali kepalanya menoleh dan matanya memandang, karena itu adalah bagian dari adzab yang ditimpakan.

Allah berfirman dalam Al-Qur'an Surat Az-Zumar Ayat 60:

Baca Juga : 5 Daftar Brand Sepatu Lokal Wanita Terbaik yang Nyaman dan Stylish

وَيَوۡمَ الۡقِيٰمَةِ تَرَى الَّذِيۡنَ كَذَبُوۡا عَلَى اللّٰهِ وُجُوۡهُهُمۡ مُّسۡوَدَّةٌ ؕ اَلَيۡسَ فِىۡ جَهَنَّمَ مَثۡوًى لِّلۡمُتَكَبِّرِيۡنَ

Artinya:

"Dan pada hari kiamat engkau akan melihat orang-orang yang berbuat dusta terhadap Allah, wajahnya menghitam. Bukankah neraka Jahanam itu tempat tinggal bagi orang yang menyombongkan diri?." (QS Az-Zumar : 60). 

Demikian penjelasan wajah siapa saja yang akan menghitam saat hari kiamat nanti. Semoga kita dijauhkan dari melakukan maksiat, berdusta hingga sifat sombong. Naudzubillahimindzalik. 


Topik

Agama Hari Kiamat kiamat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni