Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

Tips Mengatasi Craving Ala Dokter Bandoro

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - May - 2024, 12:00

Placeholder
Ilustrasi craving dalam hal makanan. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Craving atau keinginan yang kuat terhadap suatu hal dapat menjadi tantangan yang mengganggu dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Baik itu craving terhadap makanan, minuman, kebiasaan buruk, atau hal lainnya, kemampuan untuk mengatasi craving menjadi kunci untuk mencapai keseimbangan dan kesejahteraan yang lebih baik.

Untuk mengendalikan craving, ternyata ada berbagai strategi ampuh yang bisa dilakukan. Mulai dari teknik relaksasi, pengalihan perhatian, hingga mengidentifikasi pemicu-pemicu craving. 

Baca Juga : Risiko Menangis Saat Lahiran Menurut Para Ahli yang Jarang Diketahui Ibu-ibu

Menurut Dokter Umum GWS Medika, dr Bandoro, craving atau nafsu itu momennya hanya bertahan 30-60 menit. Beberapa contoh craving adalah makanan manis saat lagi komitmen diet, craving nikotin saat memutuskan berhenti merokok atau vape, craving sosial media saat lagi fokus kerja, craving pornografi dan lainnya. 

"Analoginya mirip kayak ombak di laut. Ketika ada yang trigger dia akan datang, tapi ketika craving didiemin akan surut juga dengan sendirinya," jelas Bandoro, dilansir Instagram pribadinya @bandoromd. 

Namun, kata Bandoro, kerap kali otak seseorang tidak sadar soal craving. Dimana saat craving memuncak, otak seseorang akan berpikir bahwa hal tersebut harus segera dipenuhi. Untuk meminimalisir craving, ada beberapa metode yang dipakai profesional di bidang adiksi, namanya 3D's. Berikut ini penjelesannya. 

1. Delay

Jadi ketika craving ini muncul, langsung ambil HP kamu dan pasang timer selama 30 menit. Tunda mengambil keputusan atau tidak melakukan tindakan apapun sebelum alarm kamu berbunyi. 

2. Distract

Jika timer sudah jalan, coba tenangin diri bentar. Tarik nafas dalam, buang selama 5 detik. Setelah itu lakukan hal yang bisa membuat sibuk. Entah itu jalan santai, telepon teman, atau olahraga. 

3. Desain

Baca Juga : Amalan dan Keutamaan Bulan Zulkaidah, Raih Sebelum Idul Adha Tiba!

Jadi setelah alarm bunyi, coba pikir lagi, apakah kamu masih ingin atau tidak. Kalau masih ingin, apakah mampu untuk tahan 30 menit lagi. Biasanya ombak cravingnya sudah mulai surut. Saat itulah, kamu bisa masukkan pikiran-pikiran yang lebih rasional. 

Bandoro juga menyarankan agar jangan lupa minimalisir hal-hal yang bisa ngetrigger craving kamu. Biasanya hal-hal yang bisa ngetrigger craving adalah visual, gambar, aroma, lokasi, suasana tertentu, emosi, stres psikologis. 

Demikian 3 hal yang bisa meminimalisir craving atau hasrat. Dengan memahami mekanisme craving dan menerapkan strategi yang tepat, diharapkan kamu dapat mengatasi tantangan ini dengan lebih baik. Sehingga dapat hidup dengan lebih tenang, seimbang, dan bahagia.


Topik

Kesehatan Craving cara mengatasi craving psikologi kesehatan jiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni