Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Tak Hanya Hardiknas, 2 Mei Ternyata Juga Diperingati Sebagai Hari Ikan Tuna

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - May - 2024, 09:43

Placeholder
Siswa di Indonesia dengan mengenakan seragam sekolah dan membawa bendera Indonesia sebagai ilustrasi Hardiknas. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Di Indonesia, setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Penetapan Hardiknas ini kali pertama terjadi pada 1959. 

Peringatan Hardiknas tiap tahun bertujuan untuk menghargai pentingnya peran pendidikan dan seluruh instrumennya dalam memajukan bangsa.

Baca Juga : DPD Golkar Kota Madiun Tidak Buka Penjaringan Bakal Calon Wali Kota Pilkada 2024, Kenapa?

Penetapan tanggal 2 sebagai Hardiknas diambil dari tanggal lahir Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia. Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 tahun 1959 pada tanggal 16 Desember 1959.

Rupanya tidak hanya Hardiknas saja, ada sejumlah hari penting yang bersamaan diperingati setiap 2 Mei. Di antaranya Hari Kakak Adik, Hari Kata Sandi dan Hari Ikan Tuna. 

Hari Ikan Tuna 

Melansir Situs National Today, pemilihan tanggal 2 Mei sebagai Hari Tuna Sedunia adalah kesepakatan komunitas nelayan, ilmuwan, dan pemerhati lingkungan. Di momen ini mereka bersatu untuk melindungi kawanan tuna di seluruh dunia. Serta membantu menciptakan model penangkapan ikan yang berkelanjutan.

Diketahui tuna adalah salah satu ikan yang paling kuat dan penting di laut. Tuna juga menjadi salah satu ikan yang paling menarik dalam hal ukuran, kekuatan, kelincahan, dan kecepatan. 

Selain itu, tuna merupakan salah satu hewan terpenting bagi ekonomi dan nutrisi manusia. Spesies tuna mewakili 20% dari nilai seluruh perikanan laut dan lebih dari 8% dari seluruh makanan laut yang diperdagangkan secara global.

Hari Kakak Adik Sedunia

Baca Juga : Hardiknas 2024, Wabup Malang Apresiasi Seluruh Guru atas Upayanya Tingkatkan Indeks Prestasi Pendidikan

Melansir laman National Today, peringatan hari kakak adik atau Brother and Sisters Day ini dimaksudkan untuk menghormati ikatan yang dimiliki oleh saudara-saudari kandung. Serta untuk memperkuat atau memperbaiki hubungan yang rusak atau kurang baik.

Hari kakak adik ini diambil karena terinspirasi oleh Claudia Evart, seorang warga New York yang mendirikan yayasan Siblings Day (Hari Saudara) yang menyadari bahwa ia tidak pernah mengatakan kepada saudara laki-lakinya dengan benar bagaimana perasaannya yang sebenarnya terhadapnya sampai setelah kematiannya.

Hari Kata Sandi Sedunia 

Dikutip dari laman National Today, perusahaan Intel-lah yang menciptakan peringatan ini. Di mana perusahaan tersebut memperingati hari kata sandi setiap Kamis pertama di bulan Mei. 2024 ini, bertepatan dengan tanggal 2 Mei.

Tujuan peringatan ini adalah untuk mengatasi kebutuhan penting akan kata sandi yang kuat sehingga tidak mudah untuk diretas. Saat ini, sebagian besar sistem operasi telah menawarkan cara mudah untuk membuat dan menyimpan kata sandi atau bisa juga membuat kata sandi yang praktis anti peretas.


Topik

Pendidikan Hardiknas hari pendidikan nasional hari ikan tuna hari kakak adik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni