Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Viral Netizen Bongkar Tagihan ‘Telepon Tidur’ Telkom, Pendapatannya Capai Rp 9 Triliun

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

24 - Apr - 2024, 15:29

Placeholder
Telkom Indonesia. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Media sosial dihebohkan dengan cuitan netizen yang mengungkap pendapatan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dari segmen consumer, khususnya layanan telepon tidak bergerak.

"Telkom dapat 'gaji buta' 9 T (Rp9 triliun) per tahun? Omon-omon masalah @TelkomIndonesia ni ya," cuit pemilik akun X @ethadisaputra dikutip Rabu (24/4/2024).

Baca Juga : Kabar Gembira! Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Akun yang pada foto profilnya mencantumkan keterangan salah satunya sebagai advokat, juga menyertakan unggahan foto tagihan dari Kantor Pos Indonesia.

Tagihan telkom yang dibagikan netizen

Dalam unggahan terkait, tercantum biaya tagihan Rp36.186 (Maret 2024) dan Rp49.062 (April 2024) ditambah biaya admin per bulan Rp2.500 masing-masing. Ia lantas mempertanyakan alasan tagihan-tagihan itu tetap muncul padahal ia sudah belasan tahun tidak lagi memakai telepon rumah. "Bahkan saya baru tahu kalau tidak ada dial tone alias rusak, tidak bisa digunakan," cuitnya.

Menurutnya, merujuk pada perhitungannya, pemasukan yang didapat Telkom dari 15 juta pelanggan telepon tidak bergerak seperti dirinya dikalikan Rp 50 ribu/pelanggan: Rp 750 miliar sebulan alias Rp 9 triliun per tahun.

"Sebagai gambaran umum, berdasarkan laporan keuangan @TelkomIndonesia tahun 2022, pendapatan Telkom dari layanan Fixed Line (termasuk PSTN, @IndiHome) secara nasional mencapai Rp 22,8 triliun. Artinya Abonemen dari telpon tidur itu hampir setengah pendapatan. Ya masuk akal kalau kemudian ingin ditutup2i. Iya ga si?"

Cuitan tersebut lantas diserbu warganet. Sebagian warganet menuturkan jika tagihan tersebut memang disesalkan dan ada pula yang mengaku mengalami hal serupa.

“Sama, telpon di rumah jg ga pernah dipake tp abonemen jalan terus. Pdhl selama ini cuma butuh wifi," tulis @Cak Martinez.

“Telepon rumah, kalau tidak ada panggilan keluar selama 6 bulan berturut-turut, dia akan terblokir. Tagihannya jalan terus, tapi telepon tidak bisa digunakan. Utk buka blokir, hrs call CS utk minta diaktifkan lagi line teleponnya," komen @Ardhi Share.

Sementara warganet lainnya menganggap jika hal yang diungkap akun tersebut adalah hal yang lumrah.

“Udah biasa itu om. Putus aja," Ucap @Globe Green.

Baca Juga : Perumda Jasa Yasa Telusuri Keluhan Warga Bantur Dibentak Petugas Loket Saat ke Balekambang

Sebagai informasi tambahan, TLKM memiliki minimal empat sumber pendapatan yang berbeda, termasuk Mobile (layanan seluler seperti telepon, internet, SMS, interkoneksi), Consumer (layanan telepon tetap dan layanan Indihome), Enterprise (layanan telepon, data/internet, teknologi informasi, dan layanan lain seperti call center, e-health, e-payment, dll), serta Wholesale and International Business.

Tarif telepon tetap diatur oleh Peraturan Menkominfo No. 5/2021 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi, yang mencakup biaya aktivasi, biaya langganan bulanan, biaya penggunaan, dan biaya tambahan.

Telkomsel, yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh TLKM sebesar 70%, mencatatkan pendapatan sebesar Rp102,4 triliun pada 31 Maret 2024 dari segmen Mobile dan Consumer. Digital Business juga berkontribusi dengan pendapatan sebesar Rp78,5 triliun, menyumbang 88,0% dari total pendapatan.

Jumlah pelanggan seluler Telkomsel mencapai 159,3 juta dan pelanggan IndiHome residensial (B2C) mencapai 8,7 juta pada akhir 2023.


Topik

Peristiwa telkom tlkm perusahaan telekomunikasi pendapatna telkom



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya

Peristiwa

Artikel terkait di Peristiwa