Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Kota Blitar Dapat Kuota 297 Formasi untuk Seleksi CPNS dan PPPK 2024, Berkurang Dibanding Tahun Sebelumnya

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

21 - Apr - 2024, 08:17

Placeholder
Kantor Pemerintah Kota Blitar (nampak depan).(Foto: Aunur Rofiq/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kota Blitar menerima kabar mengenai alokasi kuota formasi untuk proses seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2024.

 Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Blitar Kusno, pihaknya telah menerima kuota sebanyak 297 formasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Dari total kuota tersebut, 96 formasi dialokasikan untuk CPNS dan 201 formasi lainnya diperuntukkan bagi PPPK.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Pengumuman tersebut menunjukkan penurunan kuota formasi bagi Kota Blitar dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2023, Kota Blitar menerima kuota sebanyak 327 formasi dalam seleksi CPNS dan PPPK. "Tahun ini, kami mengusulkan sebanyak 300 formasi ke Kemenpan RB, tapi yang disetujui hanya 297 formasi," ungkap Kusno,  Sabtu (20/4/2024). 

Lebih lanjut, Kusno menjelaskan bahwa kuota formasi yang diterima Kota Blitar tahun ini terutama ditujukan untuk tenaga teknis, tenaga guru, dan tenaga kesehatan. Namun, ada perubahan dalam pola seleksi. Tahun ini seleksi CPNS hanya dibuka untuk formasi tenaga teknis. Sedangkan formasi tenaga guru dan tenaga kesehatan akan mengikuti seleksi PPPK.

Saat ini, BKPSDM Kota Blitar masih dalam proses penginputan formasi dan kualifikasi untuk seleksi CPNS dan PPPK 2024. Mereka juga menunggu jadwal resmi pelaksanaan seleksi dari Kemenpan RB. "Mungkin, pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK dilakukan setelah seleksi sekolah kedinasan. Kami juga masih menunggu informasi lebih lanjut dari Kemenpan RB," tambahnya.

Sementara itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah menyiapkan Computer Assisted Test (CAT) untuk seleksi sekolah kedinasan. Hal ini menunjukkan bahwa proses seleksi CPNS dan PPPK tahun ini masih dalam tahap persiapan yang intensif, dengan berbagai pihak terlibat untuk memastikan proses seleksi berjalan lancar dan adil bagi semua peserta.

Baca Juga : Daftar Kabupaten/Kota di Jawa Timur Terdampak Gas Berbahaya SO2 Gunung Ruang

Dengan berbagai perubahan dan penyesuaian dalam seleksi CPNS dan PPPK tahun ini, diharapkan Kota Blitar dapat mengoptimalkan pengalokasian formasi serta menyeleksi kandidat yang berkualitas untuk memperkuat tenaga kerja aparatur pemerintah daerah.


Topik

Pemerintahan Pemkot Blitar calon PNS calon PPPK penerimaan pegawai Kota Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy