Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Pantai Serang Blitar Diserbu 12 Ribu Wisatawan di Puncak Libur Idulfitri

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

18 - Apr - 2024, 13:32

Placeholder
Suasana senja di Pantai Serang Kabupaten Blitar.(Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Suasana Lebaran tahun ini di Kabupaten Blitar masih terasa begitu kental dengan aroma ketupat dan semangat Idul Fitri yang menggelora. Meskipun rangkaian perayaan telah berlalu, nuansa kebersamaan dan kegembiraan masih terasa kuat di seluruh penjuru daerah. Aktivitas tradisional seperti anjangsana silaturahmi pun masih menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya lokal.

Namun, tak hanya kehangatan silaturahmi yang menyelimuti Kabupaten Blitar, namun juga semaraknya kunjungan wisatawan yang membanjiri tempat-tempat wisata di daerah tersebut. Pantai Serang, terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, menjadi salah satu destinasi yang paling ramai dikunjungi. Di tengah cakrawala biru Samudera Hindia, Pantai Serang menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun luar daerah.

Baca Juga : Disbudpar Kabupaten Blitar Siapkan Terminal Wisata di Jalur Pansela

Saat memasuki Pantai Serang, pemandangan yang memukau segera menyambut. Ribuan pengunjung terlihat menikmati liburan mereka dengan beragam aktivitas. Beberapa bersantai di tepi pantai sambil menikmati hembusan angin sepoi-sepoi laut, sementara yang lain sibuk mengabadikan momen-momen indah dengan kamera atau ponsel mereka. Tak sedikit pula yang tengah asyik membuat konten video untuk media sosial mereka, menunjukkan keindahan dan keasyikan di Pantai Serang.

Tidak hanya itu, aroma lezat dari kuliner laut yang disajikan di sepanjang pantai mengundang selera. Wisatawan terlihat menikmati hidangan laut yang lezat sambil menikmati pemandangan yang indah. Sementara itu, beberapa anak motor yang turing juga terlihat bersantai di tepi pantai, menikmati minuman air kelapa segar yang menjadi ikon khas anak pantai.

Namun, pesona Pantai Serang tak hanya terlihat pada siang hari. Ketika senja mulai menjelang, pantai ini benar-benar menampilkan keajaiban alamnya. Pesona sunset di Pantai Serang tak kalah dengan yang terkenal di Pantai Kuta, Bali. Cahaya kuning keemasan matahari yang mulai tenggelam di ufuk barat, memantulkan warna-warni yang memukau di permukaan laut. Suasana romantis dan tenang pun menyelimuti pengunjung, menjadikan momen senja di Pantai Serang sebagai kenangan tak terlupakan bagi siapa pun yang mengalaminya.
Dengan segala keindahan alam dan keasyikannya, Pantai Serang telah menjadi destinasi wajib bagi para wisatawan yang ingin menikmati liburan yang tak terlupakan di Kabupaten Blitar.

Selama libur Lebaran tahun ini, Pantai Serang di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, menyaksikan lonjakan yang signifikan dalam jumlah pengunjungnya. Menurut Kepala Desa Serang, Dwi Handoko Pawiro, jumlah pengunjung yang mencapai lebih dari 12.000 orang ini jauh melampaui kondisi normal, di mana sehari-hari pantai tersebut hanya dikunjungi oleh sekitar 1.500 hingga 3.000 orang saat hari libur.

"Saat ini, sejak H+2 Lebaran, Pantai Serang telah menjadi ramai dengan kedatangan pengunjung," ungkap Dwi Handoko Pawiro, Rabu (18/4/2024).

Namun, lonjakan pengunjung ini juga menimbulkan sejumlah tantangan, terutama terkait dengan pengelolaan dan pemeliharaan kebersihan pantai. Meskipun demikian, Dwi Handoko Pawiro menyatakan bahwa pihak desa dan masyarakat setempat telah berupaya maksimal untuk menjaga kelestarian lingkungan pantai.

“Dengan lonjakan pengunjung selama libur Lebaran, kami menyadari pentingnya menjaga kebersihan pantai. Kami telah meningkatkan pengawasan dan menyediakan tempat-tempat sampah yang lebih banyak agar para pengunjung dapat membuang sampah dengan benar. Kami juga mengajak masyarakat dan para pengunjung untuk turut serta dalam menjaga kebersihan pantai ini. Dengan kesadaran bersama, kami yakin Pantai Serang akan tetap menjadi destinasi wisata yang indah dan lestari bagi generasi mendatang,” imbuh Handoko.

Ya, Pantai Serang memang memiliki daya tarik yang tak tertandingi. Terletak di pesisir selatan Jawa Timur, dengan Samudera Hindia yang menjulang di depannya, pantai ini menawarkan panorama alam yang memukau. Terbagi dalam tiga kompleks, setiap bagian pantai memiliki keindahan uniknya sendiri. Mulai dari pantai utama yang sering digunakan untuk upacara larung sesaji setiap 1 Suro, hingga pantai kedua dengan pasir putih yang memikat, dan pantai ketiga yang terkenal dengan batu-batuan putihnya yang mengkilap, dulu kerap disebut sebagai batu Lintang.

Baca Juga : Resep Minuman Detoks Santan Pengempas Lemak Pasca-Lebaran

Aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Serang pun beragam. Mulai dari berenang, berjemur, hingga memancing di perairan yang kaya akan kehidupan laut. Bagi yang ingin menjelajahi lebih jauh, kampung nelayan yang terletak tidak jauh dari pantai menjadi daya tarik tersendiri. Di sinilah pengunjung dapat menyaksikan kehidupan nelayan lokal yang masih mempertahankan tradisi memancing lobster dengan peralatan sederhana.

Selain pesona alamnya, Pantai Serang juga terkenal dengan tradisi memperkirakan datangnya bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri melalui penentuan hilal. Kawasan ini kerap menjadi tempat untuk observasi dan perhitungan tersebut.
Namun, pesona alam dan tradisi di Pantai Serang tidaklah terlepas dari tantangan. Batu-batu putih yang indah di pantai ketiga telah dieksplorasi karena nilainya yang tinggi, meninggalkan bekas yang menyedihkan bagi yang mengingat keindahan alam semula.

Meskipun demikian, keindahan Pantai Serang masih memukau. Terutama saat matahari terbenam, di mana panorama sunset yang indah dapat dinikmati terutama pada bulan Oktober hingga Februari, ketika matahari tenggelam tepat di tengah-tengah pantai, memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Dengan jarak tempuh sekitar 41,7 kilometer dari pusat Kota Blitar, Pantai Serang menjadi destinasi wisata yang mudah diakses. Perjalanan yang memakan waktu kurang lebih 1 jam 16 menit ini menyuguhkan pemandangan indah sepanjang perjalanan, melalui rute yang membelah keindahan pedesaan Jawa Timur.

Dengan pesona alam yang memikat dan kekayaan tradisi yang memikat, tidak mengherankan jika Pantai Serang terus menjadi destinasi favorit para wisatawan, terutama saat libur Lebaran seperti sekarang.

“Dari panorama laut yang memesona hingga kegiatan menyenangkan di sepanjang pantai, Pantai Serang memiliki segala yang Anda butuhkan untuk mengisi liburan Anda dengan kenangan indah. Mari bergabung bersama kami dan rasakan keajaiban alam yang luar biasa di Pantai Serang!,” pungkas Dwi Handoko dengan senyum ramah.


Topik

Wisata Pantai serang wisata pantai Blitar kabupaten Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya