Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Disbudpar Kabupaten Blitar Siapkan Terminal Wisata di Jalur Pansela

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

18 - Apr - 2024, 13:14

Placeholder
Kepala Disbudpar Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso.(Foto: Aunur Rofiq/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Blitar tengah mengambil langkah progresif dengan merancang fasilitas pendukung pariwisata di jalur pantai selatan (Pansela). Terobosan terbaru mereka adalah rencana membangun Terminal Wisata di ruas Tambakrejo-Serang, jalur Pansela.

Menurut Kepala Disbudpar Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso, langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya memperkaya pengalaman wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Baca Juga : Jejak Mpu Gandring: Kisah Mistis di Tanah Blitar yang Mengawali Kejayaan Kerajaan Singasari

"Saat ini, jalur Pansela lot 7 Blitar sepanjang lebih kurang 63 kilometer yang sudah menyambung baru ruas Tambakrejo-Serang," ungkap Suhendro pada Rabu (18/4/2024), menegaskan pentingnya pengembangan infrastruktur pariwisata di daerah tersebut. 

Dalam pernyataannya, Suhendro menjelaskan bahwa Disbudpar telah menyiapkan master plan pembangunan fasilitas pendukung pariwisata di jalur Pansela ruas Tambakrejo-Serang.

"Kami mulai merancang Terminal Wisata. Terminal Wisata ini seperti rest area, tapi lebih kecil. Rencananya, Terminal Wisata kami bangun ruas Tambakrejo-Serang, karena jalur itu yang sudah menyambung," katanya.

Pihak Disbudpar juga telah melakukan survei lokasi untuk pembangunan Terminal Wisata tersebut. Dengan sesuai rencana, Terminal Wisata direncanakan akan dibangun di sekitar Pantai Pudak yang terletak di jalur Pansela ruas Tambakrejo-Serang.

"Kami sudah survei lokasi, yang sesuai (untuk Terminal Wisata) di sekitar Pantai Pudak. Tetapi luasnya belum mencukupi untuk rest area, makanya kami namakan Terminal Wisata," jelas Suhendro.

Tidak hanya itu, Disbudpar juga akan berkolaborasi dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyiapkan fasilitas pariwisata tersebut. Menurut Suhendro, tugas Disbudpar adalah menyiapkan konsep wajah wisata seperti model bangunan di jalur Pansela, sementara pelaksanaan teknisnya akan dilakukan oleh OPD lain seperti DPUPR.

Baca Juga : Rencana Terminal Wisata Madyopuro, DPRD Kota Malang: Jangan Sampai Anggaran Terbuang Sia-Sia

Lebih lanjut, Suhendro mengungkapkan bahwa Disbudpar tengah mempersiapkan promosi dan pembinaan sumber daya manusia (SDM) untuk pengembangan pariwisata di jalur Pansela.

"Kami punya 42 pantai di sepanjang jalur Pansela. Selain Tambakrejo dan Serang, sekarang pantai baru yang sudah dilaunching Serit dan Pudak. Pantai lainnya menyusul setelah semua siap," tambahnya.

Dengan langkah-langkah konkret ini, Disbudpar Kabupaten Blitar menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan potensi pariwisata di daerah tersebut. Terminal Wisata yang direncanakan akan menjadi salah satu fasilitas unggulan yang meningkatkan kenyamanan dan pengalaman wisata bagi pengunjung yang datang ke jalur Pansela.


Topik

Wisata Disbudpar kabupaten Blitar Suhendro Winarso pantai selatan pansels



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya