Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Surat Tilang Elektronik Banjiri Kantor Pos Kota Batu

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : A Yahya

12 - Apr - 2024, 07:27

Placeholder
Kantor Pos Indonesia Kota Batu banyak menerima pengiriman surat pemberitahuan tilang elektronik. (Foto: Prasetyo Lanang/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Jasa ekspedisi atau pengiriman dokumen dan barang tidak hanya melayani masyarakat umum secara luas. Namun juga bermitra dengan sejumlah instansi, salah satunya kepolisian. Saat ini surat penilangan dari hasil tilang elektronik atau E-TLE turut membanjiri antrean pengiriman melalui Pos Indonesia.

Di Kota Batu, peningkatan transaksi pengiriman salah satunya disumbang oleh surat pemberitahuan hasil tilang elektronik. Kantor Pos Indonesia Kota Batu mencatat transaksi dari kepolisian itu cukup mendominasi pengiriman surat dan dokumen dalam beberapa bulan terakhir.

Baca Juga : Tak Kenakan Helm Saat Berkendara, Remaja di Kepanjen-Singosari Dominasi Pelanggaran Lalu Lintas

Hal ini disampaikan Supervisor Kantor Pos Indonesia Kota Batu Suprapto. Menurut pemaparannya, dalam transaksi harian ada sekitar 100 pengiriman secara total. Lalu jumlah itu meningkat menjadi 150 lebih saat bulan puasa Ramadan. Sedangkan 50 di antaranya adalah surat pemberitahuan tilang.

"Kalau dilihat produksi pengirimannya saat ini sehari sekitar 150 kali. Juga karena peningkatan pengiriman mitra kita kepolisian untuk surat tilang," jelas Suprapto saat ditemui, belum lama ini.

Dia menjelaskan, dalam proses pengiriman surat tilang itu dilakukan secara kolektif untuk beberapa hari sekali. Menurut penuturannya, pengiriman surat pemberitahuan tilang elektronik mulai aktif kembali dalam dua bulan terakhir. Yang mana sebelumnya sempat tidak aktif untuk beberapa waktu setelah semoat dimulai ketika tak ada kebijakan tilang manual.

Suprapto berujar, pihaknya tak tahu lebih jauh mengenai alasan sebenarnya terkaut sempat tidak aktifnya pengiriman e tilang. Namun, saat ini ia mendapati peningkatan jumlah kiriman. "Jika total 130 sampai 180 kiriman per hari, biasanya 50 kiriman adalah e tilang," terangnya.

Dari puluhan pengiriman yang ada setiap harinya, sambung Suprapto, kiriman pemberitahuan tilang rata-rata merupakan tujuan warga Kota Batu. Meski kerap ditemui pelanggaran yang dikirim merupakan warga luar kota. Hal ini dimungkinkan karena adanya wisatawan yang ternyata melanggar lalu lintas.

Baca Juga : One Way Solusi Terakhir Jika Kepadatan di Jalan Ir Soekarno Tak Terurai

"Warga Batu rata-rata. Jumlahnya naik turun, ada juga yang luar kota. Kepolisian mengirimnya sesuai alamat kendaraan pemiliknya," imbuh dia.

Sebelumnya, Kantor Pos di Kota Batu mengalami peningkatan transaksi pengiriman sejak pertengahan Ramadan dan mendekati lebaran. Suprapto menyebut, catatan transaksi pengiriman memang didapati perbedaan volume sejak memasuki Ramadan. Pengiriman harian jumlahnya relatif lebih banyak dari hari biasanya. Bahkan peningkatan yang terjadi mencapai sekitar 50 persen lebih. Paket makanan dan minuman serta hadiah mendominasi.


Topik

Peristiwa tilang elektronik kanator pos kota batu suprapto



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

A Yahya