Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Profil Salmafina Sunan, yang Viral Usai Didoakan Sunan Kalijaga Agar Kembali Masuk Islam

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : A Yahya

07 - Apr - 2024, 12:42

Placeholder
Salmafina Khairunnisa atau Salmafina Sunan. (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Belakangan ini nama putri Pengacara Sunan Kalijaga, Salmafina Khairunnisa atau Salmafina Sunan tengah menjadi sorotan. Hal ini terjadi setelah Sunan Kalijaga membagikaj video saat ke Tanah Suci Makkah dan berdoa agar anaknya bisa kembali memeluk agama islam. 

Dilihat melalui akun Instagram Sunan Kalijaga, tampak dirinya mengucapkan syukur atas kesempatan yang telah diberikan kepadanya karena berkunjung ke Makkah. Termasuk kesempatan yang sama yang juga dimiliki oleh keluarganya. 

Baca Juga : Asal Usul dan Sejarah Ketupat, Makanan Khas yang Identik dengan Lebaran

Dalam unggahan tersebut, Sunan Kalijaga membongkar rutinitasnya sebagai seorang Muslim. Dia bahkan berdoa agar Allah menetapkan keislaman dalam  dirinya dan keluarga tercinta. 

Setiap kali menunaikan salat, doa seperti itulah yang dipanjatkan oleh Sunan Kalijaga. Sunan berharap agar dirinya dan keluarga bisa meninggal dunia dalam keadaan husnul khotimah.

"Saya terus berdoa di setiap salat 'tetapkanlah iman Islam kami, Ya Allah sampai kami meninggal dalam keadaan khusnul khotimah'," tulisnya.

Namun bagian paling menarik yang disematkan justru berkaitan dengan putrinya, Salmafina Sunan. Pasalnya, Sunan Kalijaga berharap putrinya bisa kembali ke agama Islam.

"Kembalikan iman Islam @salmafinasunan agar kembali menjadi anak yang sholehah. Aamiin," tambahnya.

Unggahan Sunan Kalijaga, ayah Salma yang berharap putrinya bisa kembali memeluk agama islam

Unggahan Sunan Kalijaga, ayah Salma yang berharap putrinya bisa kembali memeluk agama islam. (Foto: Instagram Story)

Seolah enggan masuk Islam kembali, Salmafina Sunan justru mengunggah story di Instagramnya salah satu ayat dari Kitab Mikha, bagian dari Perjanjian Lama di Alkitab. Sejak pindah ke agama Kristen, Salmafina dikenal rajin belajar soal perintah-perintah, larangan-larangan, hingga kisah-kisah kenabian dalam Alkitab. 

"But me, I’m not giving up. I’m sticking around to see what God will do. Micah 7:7 (Tetapi aku ini, akan menunggu-nunggu Tuhan, akan mengharapkan Allah yang menyelamatkan aku. (Mikha 7:7)," bunyi ayat dalam Alkitab yang dibagikan oleh Salmafina Sunan.

"Dan kalaupun Engkau tidak melakukan apapun, still I'm sticking around. Karena pengertianku terbatas. Jalan-Mu dan pikiran-Mu baik untukku," tambah Salmafina Sunan.

Lantas siapa sebenarnya sosok Salmafina Sunan? 

Salma adalah anak sulung dari dua bersaudara pasangan pengacara kondang Sunan Kalijaga dan Heidy. Salma diketahui memiliki seorang adik laki-laki bernama Aziel Sean Farrel.

Kehidupan Salma bisa dikatakan cukup glamor. Ia bahkan diketahui merupakan gadis muda yang cukup akrab dengan kehidupan malam.

Baca Juga : Makna Bersalaman: Tradisi Saling Memaafkan Momen Lebaran di Indonesia 

Salma diketahui merupakan satu dari sekian banyak teman dari selebgram Awkarin. Bahkan Karin yang melihat penampilan baru Salma saat pertama kali mengenakan hijab, mengaku kaget dan tak percaya.

Dalam sebuah video, Salma mengaku pertama kali menggunakan hijab pada 27 Juli 2017. Tepatnya dua bulan sebelum ia memutuskan untuk menikah di usia 18 tahun.

Pada September 2017, Salma akhirnya menerima pinangan dari seorang hafidz quran bernama Taqy Malik. Sayangnya, pernikahan tersebut kandas di tengah jalan, bahkan Salma dikabarkan telah ditalak cerai oleh Taqy melalui sambungan telepon.

Taqy diketahui harus kembali ke Kairo, Mesir untuk kembali menempuh pendidikan di sana, sebelum akhirnya mentalak cerai Salma. Hal tersebut membuat rumah tangga mereka yang masih seumur jagung dan dilakukan saat usia muda menjadi terbengkalai, hingga harus sampai di tahap perpisahan.

Setelah bercerai dengan Taqy, Salma diketahui memilih untuk melepas hijab dan berpindah keyakinan ke Kristen pada 2018 lalu. Ia diketahui memilih untuk berpindah agama bukan karena terpengaruh oleh lingkungan pergaulannya, apalagi lantaran kekasihnya, Tony Carnevale, yang diketahui merupakan pria berkewarganegaraan asing.

Salma sendiri mengaku mengenal kekasihnya lewat aplikasi kencan Tinder. Ia bahkan sempat mengaku sudah tinggal satu rumah dengan kekasihnya tersebut, di Bali.

Sayangnya, hubungan Salma dan kekasihnya dikabarkan telah putus. Padahal beberapa waktu lalu Sunan sempat mengatakan bahwa putrinya tengah berada di Amerika Serikat untuk bertemu Tony dan juga orang tua Tony.

Pada pertengahan 2019, Salmafina Sunan juga tampak serius mempelajari Kekeristenan setelah memeluk agama Kristen. Dia bahkan telah menyelesaikan sekolah Alkitab di Bethel Biblical Counseling Academy. 

Momen kelulusan tersebut dibagikan influencer yang akrab disapa Alma tersebut lewat Instagram, pada 3 Februari silam. Dalam foto tersebut, putri pengacara Sunan Kalijaga itu tampak berpose dengan sertifikat kelulusannya dan buket bunga. 

Bersama foto itu, Alma menuliskan, “Yeremia 1:7. Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: ‘Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapa pun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apa pun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kau sampaikan.” 


Topik

Peristiwa Sunan Kalijaga salmafina sunan dunia selebriti



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

A Yahya