Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

5 Cara Menghancurkan Lemak Membandel di Perut dari Ahli Diet

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

10 - Apr - 2024, 08:55

Placeholder
Lemak di perut. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Menghilangkan lemak sekitar perut tidak hanya untuk penampilan, tapi juga untuk kesehatan. Sebab, lemak perut juga berhubungan dengan penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Untuk mengatasi lemak perut membandel, banyak produsen pil, minuman, dan suplemen khusus yang mengklaim bahwa produknya dapat menurunkan berat badan dengan cepat atau menghilangkan lemak perut. Namun, ada kekurangan bukti ilmiah untuk memastikan bahwa produk-produk ini aman atau efektif untuk dikonsumsi.

Baca Juga : Tips Mudah Merebus Daging Sapi agar Cepat Empuk Tanpa Pakai Panci Presto

Selain menggunakan cara di atas, terdapat juga cara alami untuk menghilangkan lemak di perut yang membandel. Dikutip dari Forbes Health, berikut adalah 5 cara menghilangkan lemak di perut secara alami dan cepat:

1. Hindari Ngemil di Tengah Malam

Kemungkinan besar karbohidrat adalah penyebab bertambahnya lingkar pinggang.

Ahli diet Elizabeth Ward menyarankan untuk menghentikan ngemil apa pun setelah makan malam. Usahakan untuk menutup waktu makan sedini-dininya.

"Penelitian menunjukkan makan sesuai dengan jam tubuh dan ritme sirkadian alami akan membantu mengurangi penyimpanan lemak," kata Ward, dikutip dari Forbes Health. 

Dia juga menjelaskan kalau ada respons hormonal yang terkait dengan insulin. Mereka akan bekerja lebih baik membersihkan glukosa dari darah pada hari sebelumnya.

"Makan lebih awal di hari saat tubuh kamu lebih baik dalam memproses makanan akan membantu mengontrol berat badan. Jika kamu membatasi asupan kalori di kemudian hari, maka akan sulit bagi untuk mencegah penambahan berat badan," ungkap Ward yang juga penulis The Menopause Diet Plan: A Natural Guide to Hormones, Health, and Happiness.

2. Memperhatikan Asupan Karbohidrat dan Makanan Olahan

Karbohidrat menjadi salah satu kemungkinan terbesar penyebab bertambahnya lemak di perut, yang juga membuat bertambahnya lingkar pinggang.

"Konsumsi karbohidrat dan makanan olahan berlebihan adalah kontributor utama penumpukan lemak perut," ungkap dokter penyakit dalam Spencer Kroll, MD, yang berspesialisasi pada penyakit kolesterol dan lipid di praktik medis pribadinya di Marlboro, New Jersey, USA.

Kita tidak harus mengikuti gaya makan rendah karbohidrat, lebih baik untuk mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana seperti kue dan jus buah.

"Sebaliknya, pilihlah karbohidrat yang juga mengandung serat. Contohnya, sayuran, biji-bijan, kacang-kacangan, dan polong-polongan. Usahakan untuk mengonsumsi setidaknya 25 -30 gram serat sehari," jelas Ward.

3. Memasukan Protein Tanpa Lemak

Baca Juga : Tips Jaga Berat Badan Saat Lebaran, Nomor 8 Sulit

Setiap kali makan, usahakan memasukkan protein tanpa lemak. Hal ini akan membantu kita merasa kenyang.

Ward merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 20- 30 gram protein setiap kali makan, dan 10 gram protein untuk setiap kali camilan.

4. Latihan Kardio dan Kekuatan (Strength Training)

Olahraga merupakan komponen kunci dalam penurunan berat badan, terutama pengurangan lemak perut.

Latihan ketahanan dan aktivitas aerobik akan membantu menghilangkan lemak perut cepat hilang.

Terdapat banyak pilihan kardio ke dalam rutinitas olahraga, di antaranya:

Berjalan
Jogging atau lari
Renang
Bersepeda
Tali lompat
Mendayung
Menggunakan mesin elips
Tenis, sepak bola, atau olahraga yang sering membutuhkan gerakan lainnya

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC), merekomendasikan aktivitas aerobik intensitas sedang seperti jalan cepat dan bersepeda santai selama 150 menit atau 75 menit.

Kamu juga bisa pilih aktivitas berat, seperti berlari dan bermain bola basket dalam seminggu atau setidaknya dua hari dalam aktivitas penguatan otot.

5. Prioritaskan Tidur dengan Nyenyak

Riwayat jejak tidur yang buruk juga berpengaruh pada lemak perut. Sebuah penelitian tahun 2010 oleh Hairston KG, dkk., menemukan kalau tidur malam kurang dari 5 jam secara rutin dikaitkan dengan peningkatan signifikan akumulasi lemak visceral, serta subkutan di antara orang dewasa (usia

"Tidur yang buruk telah dikaitkan dengan penumpukan lemak tubuh, dan resistensi insulin. Tidur yang lebih baik dan pengurangan stres, bisa membantu menghilangkan lemak." kata Kroll.


Topik

Kesehatan menghilangkan lemak perut tips sehat lemak perut



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy