Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

DLH Pemprov Jatim Beri Penghargaan Pusaka Lingkungan Terbina Madya ke Manajemen Rumah Sakit

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : A Yahya

27 - Feb - 2024, 12:16

Placeholder
Penghargaan dari DLH Pemprov Jatim

JATIMTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur memberikan penghargaan kepada rumah sakit berupa Pusaka Lingkungan Terbina Madya. Kali ini yang mendapatkan adalah Manajemen Siloam Hospital Jember Jawa Timur Periode 2022-2023.

Penyerahan piagam penghargaan tersebut diberikan oleh Kepala DLH Provinsi Jawa Timur Jempin Marbun, S.H., M.H. kepada  Tugas Deddy Sulistyo selaku Head FMS/GA Siloam Hospitals Jember, di Hotel Harris Gubeng di Surabaya.

Baca Juga : Bank Jatim Gandeng BPJS Ketenagakerjaan Sinergi Dukung Kesejahteraan 12 Ribu Pekerja Rentan

Penghargaan lingkungan melalui kriteria Pusaka Lingkungan Terbina Madya, yang diraih Siloam Hospitals Jember didasarkan pada pengelolaan lingkungan hidup yang sejak lama dipantau pihak DLH Kabupaten Jember selama Siloam Hospitals Jember itu berdiri, beroperasional hingga tahun berjalan saat ini. 

"Setelah melakukan berbagai perubahan baik dari segi sarana dan prasarana maupun administrasi, Rumah Sakit Siloam Jember di tahun pertama mengikuti kegiatan Pusaka Lingkungan dianugerahi Pusaka Lingkungan Terbina Madya. Penghargaan ini tidak luput dari peran dan dukungan stakeholder yang turut membantu dalam menciptakan lingkungan yang baik di Kabupaten Jember dan Provinsi Jawa Timur. Hal tersebut yang mendasari Siloam Hospitals berhak meraih penghargaan dan prestasi", ungkap Bibit Karmiyani dari DLH Kabupaten Jember, kepada awak media. 

Dikatakan Bibit Karmiyani, dengan tetap memegang komitmen secara konsisten dalam pengelolaan lingkungan serta patuh terhadap dengan peraturan yang berlaku merupakan hal mutlak dan konsisten yang dilakukan pihak manajemen RS Siloam Jember. 

Sementara itu Tugas Deddy Sulistyo selaku Head FMS/GA Siloam Hospitals Jember akan penghargaan tersebut menyampaikan rasa terima kasih atas kerjasama yang telah ditunjukkan  sejumlah pihak baik secara internal maupun dengan sejumlah stakeholders lainnya. 

"Dengan raihan penghargaan ini, harapan kami selanjutnya adalah konsisten mempertahankan dua aspek penilaian Pusaka Lingkungan yang telah tercapai terhadap pelaksanaan kebijakan lingkungan di    Siloam Hospitals Jember. 
Upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi satu kriteria penilaian belum tercapai agar berhasil menerapkan sistem pengelolaan lingkungan yang terintegrasi dan menyeluruh sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata Tugas Deddy Sulistyo.

Pusaka Lingkungan (Pembinaan Usaha/Kegiatan Amanah Lingkungan) merupakan program penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur yang dilatarbelakangi oleh Program Proper dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Program ini berfokus melaksanakan pembinaan usaha/kegiatan (Non PROPER) di Jawa Timur untuk dapat melakukan pengelolaan lingkungan sesuai dengan perizinan lingkungan. 

Baca Juga : Intensitas Hujan Mulai Berkurang di Wilayah Jatim, 27 Februari

Ada tiga aspek pengelolaan lingkungan dalam penilaian Pusaka Lingkungan, yaitu ketaatan pengendalian pencemaran air (PPA), ketaatan pengendalian pencemaran udara (PPU), dan ketaatan pengendalian limbah bahan berbahaya dan beracun (PLB3).

Penilaian Pusaka Lingkungan memiliki tiga kategori, yaitu Pusaka Terbina Utama bagi yang telah melaksanakan tiga kriteria tersebut, Pusaka Terbina Madya bagi yang telah melaksanakan dua dari tiga kriteria tersebut, dan Pusaka Terbina Pratama bagi yang telah melaksanakan satu dari tiga kriteria tersebut. 

Karena telah melaksanakan dua aspek pengelolaan tersebut, Siloam Hospitals Jember berhak dianugerahi Pusaka Lingkungan Terbina Madya oleh DLH Jawa Timur. 


Topik

Pemerintahan dlh jatim dlh Jempin Marbun siloam hospital jember



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

A Yahya