Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Transportasi

Tumbuhkan Kecintaan Anak-Anak pada Kereta Api, Siswa TK Mendapat Edukasi Transportasi di Stasiun Ketapang

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

22 - Feb - 2024, 10:04

Placeholder
Para siswa TK PGRI Purwosari, Kabupaten Jember saat mengikuti program outing class di Stasiun Ketapang Banyuwangi (Istimewa)

JATIMTIMES - Moda transportasi Kereta Api Indonesia (KAI) dalam beberapa waktu terakhir semakin diminati oleh berbagai kalangan, termasuk anak-anak. 

Hal tersebut bisa terlihat di Stasiun Ketapang, Banyuwangi,  Jawa Timur (Jatim) yang hampir setiap hari menerima kunjungan dari TK, SD, SMP, dan SMA untuk melaksanakan program outing class edukasi transportasi terkait kereta api.

Baca Juga : Pemkab Banyuwangi Gandeng Bulog Gelar Operasi Pasar Murah

Salah satu contoh adalah kunjungan program outing class dari TK PGRI Purwosari, Kabupaten Jember. Tercatat 46 siswa/siswi sedang asik dan semangat mendengarkan informasi dan  arahan dari petugas Stasiun Ketapang pada Rabu (21/02/2024).

Menurut Kepala TK PGRI Purwosari, Uzlifatul Jannah, pihaknya menyampaikan rasa terima kasih kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) khususnya di Banyuwangi yang telah melayani anak didiknya untuk mengetahui dan memahami istilah-istilah di KA dengan mudah.

"Kami bangga dengan pelayanan KAI yang memberikan pemahaman terkait istilah-istilah pada kereta api. Anak didik kami sangat bangga dengan kegiatan outing class di Stasiun Ketapang ini," ungkap Jannah.

Sementara itu petugas Stasiun Ketapang, Lovida Sya'fani Zaiturrohmah, mengaku sangat senang kepada adik-adik yang mau belajar mengenai kereta api.

Petugas mengenalkan satu per satu bagian dari kereta api mulai dari lokomotif hingga gerbong penumpang dan barang. Hal tersebut dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta anak-anak terhadap moda transportasi KA.

"Kami memperkenalkan kepada mereka bagian-bagian dari kereta api seperti lokomotif, gerbong barang, masinis dan lainnya," kata Lovida.

Rombongan siswa TK PGRI Purwosari berangkat dari Jember menggunakan KA Pandanwangi dari Stasiun Jember dan berangkat pukul 05.30 WIB dan sampai di Stasiun Ketapang pukul 08.00 WIB.

Baca Juga : 5 Jurusan Sepi Peminat SNBP di UIN Malang, Dilengkap Nilai Rata-Rata Rapor yang Lolos

Sekitar dua jam di Banyuwangi mereka kembali ke Jember menggunakan kereta api yang sama dari Stasiun Ketapang pukul 10.00 WIB dan tiba di Jember pukul 12.30 WIB.

Pelaksanaan program kegiatan outing class di Stasiun Ketapang sudah berjalan selama 2 tahun dan informasinya tersebar dari guru ke guru.

Dalam pelaksanaan kegiatan outing class PT KAI tidak memungut biaya. Para peserta hanya perlu koordinasi dengan pihak stasiun untuk menentukan jadwal dan wajib naik kereta api untuk sampai di Stasiun Ketapang.

Kegiatan edukasi yang digelar merupakan salahsatu upaya PT KAI untuk menumbuhkan rasa cinta dan minat generasi muda sejak dini terhadap kereta api.

Dengan mengetahui dan memahami seluk beluk kereta api, diharapkan anak-anak akan lebih memilih menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan di masa depan.


Topik

Transportasi Kereta Api Stasiun Ketapang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Sri Kurnia Mahiruni