Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

DPRD Jatim Minta Pj Gubernur Gercep Lanjutkan Program Prioritas Khofifah-Emil

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : Nurlayla Ratri

17 - Feb - 2024, 12:24

Placeholder
Wakil Ketua DPRD Jatim Mayjen TNI (Purn) Istu Hari Subagio.

JATIMTIMES - Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur (DPRD Jatim) buka suara perihal dilantiknya Adhy Karyono sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jatim. Salah satu yang turut berkomentar yakni Wakil Ketua DPRD Jatim Mayjen TNI (Purn) Istu Hari Subagio.

Pertama-tama, tak lupa Istu mengucapkan selamat atas pelantikan tersebut. Lebih lanjut, selaku legislator, ia meminta Adhy Karyono gerak cepat (gercep) melanjutkan program program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019 – 2024 Khofifah Indar Parawansa - Emil Elistianto Dardak. 

Baca Juga : Berapa Jumlah Kursi DPR yang Lolos di Parlemen? Begini Cara Hitungnya

"DPRD Jatim mengucapkan selamat buat Pj Gubernur Adhy Karyono. Kami meminta untuk segera bergerak cepat dalam melanjutkan program program prioritas Bu Khofifah dalam rangka menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran," ujar mantan Gubernur Akmil ini, dikonfirmasi pada Sabtu (17/2/2024).

Politisi Partai Golkar ini juga berharap, pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur tahun 2024 ini lebih inklusif. Dengan begitu, diharapkan pula akan berdampak nyata bagi warga Jatim. 

"Sehingga bisa berdampak ke berbagai sektor kehidupan serta menjadikan rakyat lebih sejahtera kehidupannya," ungkap mantan Pangdam Bukit Barisan tersebut. 

Ia juga menyebut bahwa pertumbuhan ekonomi bisa berbanding lurus dengan upaya pengentasan kemiskinan ekstrem di Jatim. "Perlu diingat, kemiskinan ekstrem turun drastis dari tahun 2020 sebesar 4,4 persen menjadi 0,82 persen per Maret 2023," tandasnya.

Terpisah, Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim Muhammad Fawait mengatakan, ditunjuknya Pj Gubernur Adhy Karyono oleh pemerintah pusat dinilai mampu melanjutkan kesuksesan Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Bahkan pihaknya optimis Pj Gubernur Adhy mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Politikus asal Jember ini berharap Adhy Karyono bisa meneruskan kebijakan yang sudah dirancang oleh Khofifah untuk terus membawa Jatim menjadi salah satu provinsi penopang kebutuhan ekonomi nasional. “Dan juga sebagai penyokong banyak hal indikator ekonomi nasional,” jelasnya.

Baca Juga : 11 Besar Real Count Sementara DPRD Jatim Dapil Malang Raya, Caleg PPP Ungguli Petahana PDIP dan NasDem

Gus Fawait yakin dan percaya, Adhy Karyono tak salah ditunjuk pemerintah pusat menjadi Pj Gubernur Jatim karena juga mampu membuat komunikasi yang baik antara eksekutif dengan legislatif. Presiden Laskar Sholawat Nusantara (LSN) ini optimis Pj Gubernur Adhy bisa menjalankan tugas dengan baik sebab telah memiliki pengalaman yang cukup di Jawa Timur.

“Beliau adalah sosok birokrat yang cerdas dan berpengalaman. Terutama berpengalaman di Jatim, jadi beliau pasti mengerti Jatim,” urai Gus Fawait.

Hal senada diungkapkan Ketua Komisi Bidang Pembangunan DPRD Jawa Timur dr Agung Mulyono. Dia juga optimis Adhy Karyono bisa melanjutkan kesuksesan duet kepemimpinan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dalam memimpin Jatim.

Menurut politikus Partai Demokrat itu, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono adalah seorang teknokrat yang punya pengalaman lengkap dan bisa melanjutkan program kerja Khofifah-Emil yakni Nawa Bhakti Satya di Jatim. “Saya yakin bahwa dilantiknya beliau, Adhy Karyono bisa meneruskan tongkat estafet kepempimpinan Bu Khofifah dan Mas Emil Dardak,” kata Agung Mulyono.


Topik

Pemerintahan Adhy Karyono Pj Gubernur Jatim DPRD Jatim



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

Nurlayla Ratri