Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

11 Ribu Petugas Keamanan Gabungan Jaga Pemilu Aman dan Damai di Banyuwangi

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : A Yahya

12 - Feb - 2024, 18:38

Placeholder
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani yang menjadi pemimpin Apel Gelar Pasukan dan Pergeseran Pasukan Operasi Mantab Brata Semeru 2024 di Lapangan Taman Blambangan Banyuwangi (foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)

JATIMTIMES - Sebelas ribu lebih personel aparat keamanan gabungan dilibatkan untuk mewujudkan Pemilu yang aman damai dan kondusif di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Hal itu disampaikan oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani yang menjadi pemimpin Apel Gelar Pasukan dan Pergeseran Pasukan Operasi Mantab Brata Semeru 2024 di Lapangan Taman Blambangan Banyuwangi pada Senin (12/2/2024). “Sehingga diharapkan seluruh pelaksanaan tahapan pemilu berjalan dengan aman nyaman dan damai,” ujar Bupati Ipuk.

Dalam tahapan krusial pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilu Serentak 2024 diprediksi potensi gangguan keamanan ketertiban masyarakat akan mengalami peningkatan antara lain;  adanya sabotase, intimidasi dan konflik antar pendukung parpol dan paslon, serangan fajar atau money politic dan lain sebagainya.

Baca Juga : BPSDM Jatim Koordinasikan Rencana Pelatihan ASN 2024

“Oleh karena itu pengamanan dalam tahap pemungutan dan penghitungan suara harus benar-benar dilaksanakan secara optimal. Salahsatu fokus pengamanan adalah tempat pemungutan suara (TPS) sehingga harus benar-benar dijaga agar proses demokrasi bisa berjalan dengan aman lancar dan sukses,” tambah Bupati Banyuwangi.

Selanjutnya dia menyatakan Apel Gelar Pasukan dan Pergeseran Pasukan Operasi Mantab Brata Semeru Tahun 2024 merupakan wujud kesiapan TNI/Polri dan komponen bangsa lainnya dalam mengamankan tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu serentak 2024.

”Hal ini menunjukan bahwa negara dengan dukungan rakyat sangat serius dan bertanggung jawab agar gelaran pesta demokrasi bisa berjalan dengan baik guna memilih calon legislatif dan calon pemimpin nasional yang berintegritas,” jelas Bupati Ipuk.

Lebih lanjut dia menambahkan tugas dan kewajiban mengamankan Pemilu Serentak 2024 merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan karena sama nilainya dengan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat.

Aparat kepolisian dengan didukung oleh TNI pemerintah dan stakeholder terkait lain akan melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu serentak 2024 dengan melibatkan 11.942 personil, tambah Bupati Ipuk.

Adapun aparat yang terlibat dalam pengamanan Pemilu serentak 2024 terdiri antara lain; 900 personil Polresta Banyuwangi, 367 personil Kodim 0825 Banyuwangi dan 100 personel Lanal Banyuwangi.

Baca Juga : Masa Tenang, KPU Surabaya Pastikan Semua APK Bersih dari Tempat Fasilitas Umum

Kemudian dibackup 100 personil Polda Jatim, Satu satuan setingkat peleton 1 (SST) pasukan Brimob Polda Jatim,  200 personil Satpol PP dan 30 petugas Dinas Perhubungan serta 10.270 personil Perlindungan Masyarakat (Linmas).

“Hal ini kita laksanakan semata-mata menunjukan keseriusan dan kesiapan TNI/Polri bersama stakeholder terkait lain mengamankan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 yang aman lancar dan kondusif di Banyuwangi,” Bupati Banyuwangi.

Dalam Apel Gelar Pasukan dan Pergeseran Pasukan Operasi Mantab Brata Semeru Tahun 2024 juga dibacakan doa oleh 6 tokoh agama (Islam, Hindu, Budha, Katolik, Kristen dan Konghucu) sebagai upaya spiritual sekaligus wujud adanya kerukunan, toleransi dan moderasi beragama di wilayah Banyuwangi.


Topik

Peristiwa ipuk fiestiandani banyuwangi masa tenang pemilu 2024



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

A Yahya