Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Kota Malang Siap Tumbuh Menjadi Startup City

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Yunan Helmy

02 - Feb - 2024, 11:11

Placeholder
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat berkomitmen mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif (ekraf). Salah satunya melalui geliat startup digital yang menurutnya terus menunjukkan pertumbuhan setiap hari. 

Berdasarkan data yang Wahyu terima, saat ini tercatat ada sebanyak 186 startup dan studio, ditambah 10 major startup, dengan angka valuasi lebih dari Rp 2 miliar per tahun. 

Baca Juga : Anggarkan Rp 5 Miliar, Pemkab Kediri Genjot Sertifikasi Tanah Tahun 2024

Selain itu, setidaknya terdapat 22 komunitas digital, 25 co-working space  dan 21 kampus berbasis IT (teknologi informasi). 

Menurut Wahyu, hal itu dinilai mampu menjadi daya dukung untuk menumbuhkan Kota Malang menjadi startup city. "Melihat potensi tersebut, saya yakin Kota Malang akan siap menjadi startup city seperti harapan Kementerian Kominfo," ujar Wahyu.

Dalam hal ini dirinya menilai bahwa Pemerintah Kota Malang tentu membutuhkan masukan dan saran dari para pelaku start lup digital di Kota Malang. Termasuk juga dalam rangka menyiapkan rencana strategis untuk jangka waktu 5 tahun mendatang. 

"Saran dan masukan dari pelaku ekonomi kreatif ini sangat penting untuk suksesnya pembangunan ekraf di Kota Malang. Juga diharapkan tercipta kesamaan persepsi antara kebijakan pemerintah pusat dengan di daerah" ucap Wahyu.

Dirinya pun berharap agar startup di Kota Malang dapat terus termotivasi dan mengembangkan kreativitasnya. Bahkan dalam jangka panjang juga menjadi roda penggerak ekosistem digital berkelanjutan di Kota Malang. 

Baca Juga : Pastikan Pemilu Lancar dan Kondusif, Pj Wali Kota Batu Cek Gudang Logistik KPU

"Ketika ini semua dikolaborasikan dengan baik, tentu akan menjadi kekuatan yang luar biasa guna mewujudkan pesatnya perkembangan ekosistem kreatif yang mendorong pesatnya ekonomi digital dan maupun ekonomi kreatif di Kota Malang," terang Wahyu. 

Sebagai Informasi, pertumbuhan ekonomi kreatif Kota Malang mencapai 10,01% di tahun 2022. Ini memberikan dampak penurunan angka kemiskinan tahun 2023 menjadi 4,26% karena pada tahun 2022 sebesar 4,37%.

Tingkat pengangguran terbuka pada tahun 2022 sebesar 7,66%. Hal ini menunjukkan ketangguhan ekonomi kreatif bangkit pasca-pandemi dan siap menjadi lokomotif masa depan Kota Malang.


Topik

Pemerintahan Pj Wali Kota Malang Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat Wahyu Hidayat Kota Malang startup city



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Yunan Helmy