Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Otomotif

Musim Hujan, Cek Rutin 5 Komponen Ini

Penulis : Bambang Setioko - Editor : A Yahya

08 - Dec - 2023, 19:25

Placeholder
Foto: (Dok. MPM Honda Jatim / For JatimTIMES)

JATIMTIMES Kondisi musim hujan seperti saat ini tentu membawa beberapa perubahan aktivitas serta menjadi kendala bagi yang akan bepergian keluar rumah, terlebih menggunakan sepeda motor.

Curah hujan yang tinggi dapat membuat jalanan yang akan dilewati terjadi genangan yang dapat membasahi komponen-komponen pengapian pada sepeda motor.

Baca Juga : Ban Selip Saat Hujan Bikin Fortuner Terguling di Tol Jombang

Agar tidak terjadi kendala yang tidak diinginkan saat di jalan dan performa sepeda motor akan tetap optimal sebaiknya perhatikan hal ini dalam melakukan perawatan sepeda motor di musim hujan : 

1. Mencuci Sepeda Motor

Cucilah sepeda motor yang terkena air hujan supaya kondisinya bersih dan bebas dari pasir atau kotoran-kotoran yang dapat merusak komponen.

 

2. Periksa Tekanan Angin Ban

Dalam kondisi normal, tekanan angin ban sepeda motor yang direkomendasikan berkisar antara 29 psi untuk depan dan 33 psi untuk belakang. Selain tekanan angin pada ban, cek juga pemukaan ban apakah grip ban masih baik atau tidak. Jika permukaan ban mulai halus segera ganti ban sebab kondisi jalan basah bisa membuat permukaan jalan jadi lebih licin serta untuk mencegah kecelakaan.

3. Periksa Komponen Pengereman 

Rem merupakan komponen yang wajib dan rutin dilakuka. Rem merupakan salah satu penunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara. Periksalah kondisi komponen pengereman mulai dari tuas, kabel hingga ke bagian kampas rem. 

4. Periksa Kondisi Rantai 

Baca Juga : Terlalu Berat, HNW Desak Pemerintah Kaji Ulang Kenaikan Biaya Ibadah Haji

Bagi penggguna sepeda motor tipe cub maupun sport yang masih menggunakan rantai, harus selalu diperiksa dan dirawat. Sebab, ketika musim hujan tiba, rantai motor menjadi cepat kering dan mudah berkarat.

Selain membersihkan dan melumasi rantai agar tak cepat karat akibat air hujan dan kotoran, periksalah ketegangan rantai motor. Jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendur agar rantai dan gir tidak mudah aus atau mengakibatkan rantai terlepas dari dudukannya. 

5. Periksa Busi dan Tutup (Cop) Busi Motor 

Lakukan pemeriksaan bagian busi untuk memastikan busi dan cop busi masih dalam kondisi bagus untuk mencegah masuknya air ke busi yang membuat busi tidak berfungsi normal. 

Jika terlihat ada rembesan air, maka segera keringkan dengan kain lap agar proses pengapian tak terganggu atau terhambat oleh rembesan air tersebut. 

“Perawatan komponen sepeda motor Honda sewajarnya dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada di Kartu Perawatan Berkala (KPB). Untuk memastikan seluruh komponen sepeda motor dalam kondisi prima, jangan lupa bawa sepeda motor Honda kesayangan ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan perawatan terbaik dari teknisi tersertifikasi yang handal dan jaminan part dan oli asli Honda. “ kata M. Bondan Priyoadi, Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.


Topik

Otomotif Mpm Honda Jatim Bondan Priyoadi berkendara aman



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Bambang Setioko

Editor

A Yahya